Jumat, 09 November 2012

Teknologi Robot Terbaik dan Terhebat



Jika para JBers sering menonton film fiksi ilmiah, tentunya tidak asing dengan adanya robot dalam film itu. Sebut saja Optimus Prime dalam Transformers, R2D2 dalam Star Wars, atau Terminator. Sayangnya semua itu hingga kini masih ada dalam kategori fiksi. Namun dalam dunia nyata, telah tercipta beberapa robot yang berguna dalam kehidupan sehari-hari, meskipun tidak seperti dalam film-film yang disebut diatas. Berikut adalah 5 robot terbaik yang pernah diciptakan dalam dunia nyata, yang dilansir JadiBerita dari thisblogrules.com.

1. BigDog


BigDog
Dibuat oleh Boston Dynamics dan berfungsi sebagai robot pembawa barang. BigDog dikatakan stabil karena mampu berjalan di daerah bersalju dan bahkan bisa bangun sendiri jika dijatuhkan. BigDog juga mampu menjangkau tempat yang tidak bisa dijangkau oleh kendaraan biasa lainnya. Sayangnya, suara berisik yang berasal dari mesin go-kart untuk BigDog ini dirasa cukup mengganggu.

2. Roomba


Roomba
Roomba diciptakan oleh sebuah perusahaan bernama iRobot, dan banyak digunakan untuk keperluan rumah tangga, yaitu sebagai penghisap debu. Roomba mampu menavigasi rumah Anda berkat adanya sensor yang ada di bagian dalamnya. Memang desain robot ini bukan desain yang eksotik, namun robot ini cukup membantu Anda menyelesaikan pekerjaan rumah Anda menjadi lebih cepat. Selain itu, robot ini dapat dikendalikan dengan Kinect dari Microsoft jika Anda mengerti cara pakainya.

3. AIBO


AIBO
AIBO adalah robot terobosan baru buatan Sony. AIBO merupakan singkatan dari Artificial Intelligence roBOt, dan berasal dari bahasa Jepang “Aibo” yang artinya partner atau sahabat. AIBO bisa bergerak secara otomatis layaknya anjing biasa. Model pertamanya diluncurkan pada tanggal 11 Mei 1999 dan akhirnya discontinue pada tahun 2006 setelah mengeluarkan beberapa macam model. Namun ada pernyataan kalau Sony akan mengeluarkan model terbarunya pada tahun 2013.

4. QRIO


QRIO
QRIO (Quest for cuRIOsity) juga merupakan robot buatan Sony, yang sayangnya tidak dijual secara komersial. QRIO mampu mengenali suara dan mimik wajah sehingga bisa diajak berbicara. Kemampuan lainnya yaitu berdansa dan berlari. Karena kemampuannya itu, QRIO sempat terdaftar dalam Guinness World Record tahun 2005.

5. ASIMO


ASIMO
ASIMO (Advanced Step in Innovative Mobility) merupakan robot buatan Honda, dan diperkenalkan pertama kali pada tahun 2000. ASIMO mampu mengenali suara, wajah, dan objek sehingga bisa diajak berbicara dan akan berhati-hati pada lingkungan sekitarnya agar aman bagi dirinya dan juga manusia. “Tas” yang ada di punggung ASIMO sebenarnya merupakan tempat baterai, dan baterai model terbaru bisa membuat ASIMO beroperasi selama 40 menit atau bahkan 1 jam.

Apakah dari kelima robot itu, JBers ada yang tertarik untuk membelinya? Atau bahkan ada yang sudah punya?

sumber