Kamis, 08 November 2012

Gemparkan Dunia, 14 November akan Terjadi Gerhana Matahari Total

Gerhana Matahari Total
Pada tanggal 14 November 2012 akan terjadi gerhana matahari total yang jarang terjadi, gerhana matahari total ini akan terlihat jelas di Negara Australia.
Gerhana matahari total merupakan fenomena dimana bulan menutupi matahari yang mengakibatkan matahari akan tampak gelap fenomena gerhana matahari total merupak fenomena yang langka dan jarang terjadi sehingga jika terjadi gerhana matahari banyak orang tidak akan melewatkan momen langgka ini.
Nah pada tanggal 14 November 2012 nati diprediksi akan terjadi gerhana matahari total yang bisa dilihat jelass di Negara Australia, fenemena langka ini pastinya akan menguntukan Australia dari sektor Pariwisata pastinya banyak orang akan berkunjung ke Australai untuk melihat fenomena langka ini.
Nasa juga telah menyiapkan layanan streming untuk menyaksikan fenomena Gerhana Mathari ini, platform streaming langsung (live-streaming) dan diperkirakan akan diakses oleh 20 juta sampai 300 juta pemirsa di seluruh dunia.
Wikipedia menerangkan, gerhana matahari total pada pertengahan November tahun ini akan dapat terlihat di bagian Australia bagian utara dan bagian selatan Samudera Pasifik. Tepatnya, gerhana matahari ini bisa disaksikan sekira dua menit pada pukul 06:38 waktu Australia dan 20:38 Coordinated Universal Time atau UTC/GMT).
Semntara di Indonesia gerhana matahari parsial ini bisa dilihat pada (13 November 2012), situs Earthsky melaporkan gerhana ini akan muncul pada pukul 19:38 UT/GMT dan berakhir di Amerika Selatan pada 14 November pada pukul 00:46 UT.


sumber