Jumat, 09 November 2012

Danau Purba di Pulau Kakaban, Kalimantan Timur

Kalimantan Timur menyimpan sejuta pesona keindahan alam, salah satunya adalah Pulau Kakaban. Pulau dengan luas 774,2 hektar ini terletak di Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Banyak sekali keunikan dari pulau ini, salah satunya adalah didominasi oleh perairan. Lazimnya pulau memiliki daratan luas, namun pulau Kakaban hanya punya sedikit daratan tapi danaunya sangatlah luas. Ini adalah danau purba yang terbentuk selama jutaan tahun. Fauna dan flora di danau ini akan membuat anda terkagum-kagum. Anda bisa menemukan ikan pari, ikan manta, dan ubur-ubur disini.
Danau Purba di Pulau Kakaban
Melihat Pulau Kakaban dari atas, akan terlihat pola seperti angkat 9. Angka 9 tersebut merupakan gugusan atol yang menyembul di permukaan laut. Selama proses geologi yang berlangsung ribuan tahun, atol semakin naik ke permukaan hingga tingginya 50 meter. Kakaban dalam bahasan Suku Bajo memiliki arti "memeluk". Nama ini diambil karena atol pada Pulau ini memang seperti "memeluk" laguna.
Bagi anda yang hobi diving, ini adalah tempat yang sangat sempurna untuk menyelam. Ada setidaknya 9 titik penyelaman di tempat ini. 8 diantaranya berada di luar pulau, sedangkan satunya lagi di dalam pulau berupa sebuah danau. Menyelam di luar pulau akan seperti menyelam di laut lepas, sehingga anda akan menemukan berbagai spesies hewan laut disana. Sedangkan saat menyelam di danau, anda akan menemukan spesies ubur-ubur yang indah. Namun tidak perlu khawatir ubur-ubur ini tidak memiliki sengat. Melihat dari sejarah pembentukannya, Pulau Kakaban sudah muncul pada zaman Holosen, atau sekitar 19.000 SM. Pulau ini menjebak air laur sekitar 5 km persegi, dan telah mengubah pulau tersebut seperti kesatuan darat-danau-laut.
Objek wisata Pulau Kakaban
 Danau Kakaban adalah danau yang diisi oleh campuran air laut dan air hujan, sehingga menimbulkan air payau. Danau Kakaban adalah satu dari 2 danau payau terkenal di dunia. Yang lainnya adalah danau di Kepulauan Palau, Mikronesia. Objek wisata Pulau Kakaban memang eksotis, terutama karena spesies fauna langka yang dimilikinya. Menyelam di kedalaman danau anda akan menemukan sebuah ekosistem air payau yang sangat unik. Ada sedikitnya 4 spesies ubur-ubur di danau ini, salah satunya adalah dari jenis Cassiopea. Alga hijau juga tumbur subur di sekitar danau, yang merupakan makanan utama untuk mentimun laut, anemon, cacing tabung, krustasea, dll. Danau ini bahkan memiliki beberapa spesies hewan yang belum dikenal oleh sains.
Objek wisata Pulau Kakaban 2
Pulau Kakaban dikelilingi oleh tebing-tebing yang tinggi. Di luar tebing anda akan menemukan daratan yang membentang seluas 50an meter. Daratan tersebut tersusun atas bebatuan karang yang beberapa bagiannya tetutup oleh air laut setinggi 30 cm. Pada genangan-genangan air tersebut anda akan melihat beberapa spesies ikan kecil berwarna hijau. Pada kaki tebing anda akan mendapati sebuah tangga kayu yang membawa anda ke danau di balik bukit. Objek Wisata Pulau Kakaban adalah satu dari 3 lokasi penyelaman favorit bertaraf internasional. Bagaimana tidak, menyelam di tempat ini anda akan disuguhi oleh banyak sekali hewan. Hiu, Dugong, penyu, dan ikan barakuda hanya sebagian saja spesies hewan laut yang terdapat di pulau ini.
Karena Pulau Kakaban merupakan tempat wisata populer di Indonesia, ada banyak agen travel yang menyediakan paket perjalanan ke tempat ini. Berbagai aktivitas wisata menarik ditawarkan, misalnya berenang, snorkeling, diving, melihat penyu, ubur-ubur, terumbu karang, keliling pulau Derawan, Kakaban, Maratua, dan Sangalaki, menikmati sunrise, sunset, banana boat, menyusuri hutan mangrove, dan masih banyak lagi. Harga paket wisata yang ditawarkan sangat beragam, namun biasanya di atas 1 juta rupiah. Biaya tersebut biasanya sudah termasuk menginap, transportasi, makan, menyewa perlengkapan dan wahana (banana boat, perlengkapan snorkeling, dll), dokumentasi, dan guide.
Nah, itu adalah sedikit informasi liburan ke Objek Wisata Pulau Kakaban, Kalimantan Timur.