Sabtu, 25 Agustus 2012

Luytla-duymun, Pulau Yang Ujungnya Selalu Berawan

adalah pulau terkecil dari 18 Kepulauan di Faroe, terletak antara Skotlandia dan Islandia.

Pulau indah ini hanya seluas 0,8 km persegi (0,3 mil persegi) dengan titik tertinggi, Gunung Ravan, 414 meter (1.358 kaki).
Pemandangan indah tercipta dari pulau tak berpenghuni ini yang selalu diselimuti awan.

Bentuknya yang mungil menjadi objek keindahan di pulau ini.
Berikut ini foto-fotonya:

Luytla-duymun, Pulau Yang Ujungnya Selalu Berawan [ www.Up2Det.com ]

Luytla-duymun, Pulau Yang Ujungnya Selalu Berawan [ www.Up2Det.com ]

Luytla-duymun, Pulau Yang Ujungnya Selalu Berawan [ www.Up2Det.com ]

Luytla-duymun, Pulau Yang Ujungnya Selalu Berawan [ www.Up2Det.com ]

Luytla-duymun, Pulau Yang Ujungnya Selalu Berawan [ www.Up2Det.com ]

Luytla-duymun, Pulau Yang Ujungnya Selalu Berawan [ www.Up2Det.com ]

Luytla-duymun, Pulau Yang Ujungnya Selalu Berawan [ www.Up2Det.com ]

Luytla-duymun, Pulau Yang Ujungnya Selalu Berawan [ www.Up2Det.com ]

Luytla-duymun, Pulau Yang Ujungnya Selalu Berawan [ www.Up2Det.com ]

Luytla-duymun, Pulau Yang Ujungnya Selalu Berawan [ www.Up2Det.com ]

Luytla-duymun, Pulau Yang Ujungnya Selalu Berawan [ www.Up2Det.com ]

Luytla-duymun, Pulau Yang Ujungnya Selalu Berawan [ www.Up2Det.com ]

Luytla-duymun, Pulau Yang Ujungnya Selalu Berawan [ www.Up2Det.com ]

Luytla-duymun, Pulau Yang Ujungnya Selalu Berawan [ www.Up2Det.com ]

Luytla-duymun, Pulau Yang Ujungnya Selalu Berawan [ www.Up2Det.com ]

Luytla-duymun, Pulau Yang Ujungnya Selalu Berawan [ www.Up2Det.com ]

Luytla-duymun, Pulau Yang Ujungnya Selalu Berawan [ www.Up2Det.com ]

Luytla-duymun, Pulau Yang Ujungnya Selalu Berawan [ www.Up2Det.com ]

Luytla-duymun, Pulau Yang Ujungnya Selalu Berawan [ www.Up2Det.com ]

Luytla-duymun, Pulau Yang Ujungnya Selalu Berawan [ www.Up2Det.com ]





sumber
Selanjutnya...

5 Pekerjaan Paling Menjanjikan Di Masa Depan

5 Pekerjaan Paling Menjanjikan Di Masa Depan [ www.Up2Det.com ]

Jika Anda kurang menyukai pekerjaan saat ini tapi tidak banyak lowongan yang tersedia, maka Anda bisa berharap pada masa yang akan datang. Seiring berkembangnya teknologi maka semakin banyak pula lowongan akan tersedia.

Selain banyaknya lowongan pekerjaan baru, bisa dipastikan akan ada pekerjaan yang punah. Contohnya, dengan maraknya komputer, maka pekerjaan sebagai pengarajin mesik ketik akan hilang, atau semakin maraknya email maka akan menghilangkan karir pembuat perangko.

Maka dari itu, Anda sebaiknya harus mulai menyadari bahwa mungkin saja karir yang sedang Anda kembangkan saat ini akan hilang di masa depan. Beberapa pilihan karir dan industri di bawah ini, seperti dikutip dari Investopedia, Jumat (24/8/2012), diprediksi akan semakin populer di masa yang akan datang.

Industri dan pekerjaan yang seperti apa? Klik tautan di bawah ini untuk memulai.

5. Teknologi nano
Bayangkan sebuah mesin yang berukuran hanya sebesar molekul. Apa kira-kira kelebihan dari mesin tersebut? Para peneliti di bidang teknologi nano sedang mencari jawaban untuk itu, salah satunya adalah untuk membantu sistem kekebalan tubuh manusia.

Diperkirakan, di tahun 2015 nanti, dibutuhkan sekitar 2 juta pekerja untuk industri ini. Angka ini masih akan tumbuh lagi seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi nano.

4. Penjelajah luar angkasa
Saat ini, institusi penjelajah luar angkasa masih terbatas. NASA yang berbasis di Amerika Serikat (AS) dan paling terkenal pun belum butuh banyak astronot saat ini.

Tapi, industri ini diperkirakan berkembang pesat di tahun-tahun mendatang. Tak hanya AS, banyak negara lain akan berlomba-lomba mengirimkan warga negaranya ke luar angkasa. Selain pemerintah, pihak swasta juga tak mau ketinggalan, sudah ada perusahan seperti SpaceX dan Virgin Galactic yang mengembangkan wisata luar angkasa.

Industri ini akan membutuhkan banyak orang, mulai dari astronot, pilot, dan teknisi perangkat lunak dan keras, sampai sopir untuk menjalankan mobil luar angkasa ketika mendarat di sebuah planet atau bulan.

3. Teknisi pembangkit listrik tenaga angin
Pembangkit listrik tenaga angin mulai berkembang pesat di berbagai penjuru dunia. Selain, hemat energi dan ramah lingkungan, pembangkit listrik satu ini biayanya sangat terjangkau, tidak seperti pembangkit berbahan bakar minyak dan batubara yang lebih boros.

Di AS saja, pembangkit listrik model ini bisa mengaliri listrik ke lebih dari 9,7 juta rumah dengan biaya yang sangat murah. Seiring dengan tingginya permintaan listrik dan berkurangnya suplai minyak dan batubara, teknisi pembangkit tenaga angin akan sangat banyak dibutuhkan.

Pekerjaan yang akan tersedia mulai dari produsen suku cadang, kontraktor pembangun, bagian perawatan hingga teknisi di turbin anginnya.

2. Konsultan genetik
Tes genetik akan menjadi sangat populer di dunia kedokteran masa mendatang. Pasalnya, dengan melihat gen kita, maka peneliti akan bisa menentukan kondisi medis terhadap obat yang cocok atau harus dihindari.

Konsultan genetik adalah orang yang bertugas untuk meninjau hasil genetik Anda dan membantu mengambil keputusan perawatan dan pengobatan medis. Tes genetik masih terus berkembang, semakin banyak orang butuh tes seperti ini maka semakin banyak konsultan genetik dibutuhkan.

1. Petani dalam ruangan
Populasi dunia semakin bertambah, sementara lahan pertanian semakin menyusut dan langka, padahal dunia makin membutuhkan banyak bahan makanan. Di beberapa daerah perkotaan AS, banyak gedung terbengkalai digunakan untuk ladang bercocok tanam oleh pengusaha.

Ladang dan sawah dalam ruangan seperti ini lah yang dibutuhkan di masa mendatang, cara bercocok tanamnya pun sedikit berbeda dengan lahan luar ruangan yang biasa. Namun, dengan sedikit belajar akan banyak orang yang menguasai keahlian baru ini




sumber
Selanjutnya...

Perasaan Pria Dilihat Dari Cara Menyetir Mobil

Perasaan Pria Dilihat Dari Cara Menyetir Mobil [ www.Up2Det.com ]

Kebanyakan pria tidak mudah mengatakanperasaan mereka bila tidak ditanya terlebih dahulu. Jika Anda sering pergibersama pasangan dengan kendaraan pribadi, coba amati cara dia mengemudi untukmengetahui bagaimana perasaannya saat itu. Dilansir dari Your Tango, ini lima gayamengemudi seorang pria dan suasana hati yang tersembunyi di baliknya.

1. Dia menyetir dengan cepat dan marah-marahkepada pengemudi lain


Jika pria mengendalikan kendaraan terlalucepat serta sering memarahi pengemudi lain yang cukup mengganggukonsentrasinya, berarti dia sedang ada masalah atau frustasi. Pikirannya kacausehingga pasangan butuh cara lain untuk meringankan beban tersebut. Cobatanyakan dan berbincang-bincang dengannya mengenai masalah yang sedangdihadapi. Jika pasangan belum mau bicara, Anda perlu sabar dan bersikap lembutagar suasana tidak semakin keruh. Anda bisa ajak dia mendiskusikan sesuatu yangbikin dia merasa lebih lega.

2. Dia segera duduk di belakang setir, diam,dan menyalakan musik


Jangan khawatir kalau pasangan tiba-tiba diamsaat mengemudi. Dia hanya perlu istirahat sejenak dari aktivitasnya yang supersibuk. Dia butuh ketenangan sementara, tapi bukan berarti dia mengabaikan Anda.Jika sang kekasih menyalakan musik, Anda bisa bergabung dengannya menyanyikanlagu yang sedang diputar. Ingat, setiap orang berbeda-beda ketika inginbersantai. Mungkin pasangan termasuk pria tenang yang bisa merelakskan dirisejenak dengan mengemudi.

3. Dia suka mendiskusikan hubungan kaliansambil menyetir


Jika pria lebih senang mendiskusikan hubungankalian ketika pergi bersama menggunakan mobil pribadi, berarti dia memilikimasalah dalam pikirannya dan merasa kalau mobil merupakan tempat yang tepatuntuk membicarakan hal itu. Banyak pasangan yang senang bercerita mengenaikisah-kasih mereka, pekerjaan, hingga hubungan asmara saat dalam perjalananpanjang menggunakan mobil. Pastikan percakapan kalian mempunyai tujuan, tidaksaling egois, serta tidak emosi agar suasana tetap terjaga.

4. Dia menyarankan Anda yang mengemudi


Suatu saat, pasangan menyuruh Anda yang mengemudidan dia berada di kursi penumpang selama berpergian. Hal itu menandakan kalaupasangan ingin Anda yang mengatur dan memegang kendali dalam hubungan kalian.Namun jika hal ini berkelanjutan, Anda harus bicarakan kembali dengannya. Siapatahu dia merupakan pria malas yang ingin segalanya diatur oleh Anda.

5. Dia mengendarai mobil secara perlahan dansering berhenti untuk istirahat


Kalau Anda menemukan pasangan mengendaraimobil secara perlahan dan sering minta izin untuk istirahat sejenak, mungkindia sedang mengalami keraguan terhadap suatu hal. Entah mengenai tujuan hidup,hubungan kalian, atau pekerjaannya. Akan tetapi, pria yang mengemudi denganlambat juga bisa berarti dia sangat berhati-hati dalam melangkah. Dia tidakingin terlalu cepat sampai tujuan. Dia ingin menikmati proses hingga menggapaitujuan tersebut. Ini menandakan kalau pasangan butuh semangat serta doronganpositif dari Anda.






Selanjutnya...

Penyu Belimbing Terdampar di Pantai Baru Bantul

Seekor penyu jenis belimbing terdampar di Pantai Baru, Bantul Sabtu (25/08/2012) dalam kondisi sudah mati. Bangkai penyu berukuran panjang sekitar 150 cm dan lebar 50cm sejak siang menjadi tontonan pengunjung yang tengah berlibur Lebaran di pantai


http://3.bp.blogspot.com/_r0exs5BrJtM/S-yjMiqe01I/AAAAAAAAAAw/6IF2lknUO5I/s320/penyu_belimbing.jpg
gambar: penyu belimbing

Waktu ditemukan, Bangkai penyu tersebut berada dekat lokasi terdamparnya hiu paus beberapa waktu lalu. Diperkirakan, penyu penghuni lautan lepas itu tengah berusaha menghindari suhu dingin laut dengan mencari suhu yang lebih hangat di dekat pantai. Penyu itu diduga mati saat terhantam ombak Pantai Selatan Jawa yang sedang tinggi.

Bangkai penyu belimbing tersebut kini dijaga polisi dari Polda Daerah Istimewa Yogyakarta dan rencananya akan diawetkan seperti bangkai hiu paus yang terdampar dilokasi tersebut.



sumber
Selanjutnya...

Robot Yang Dikontrol Dengan Ponsel

Robot ini bisa dikontrol dari perangkat iOS dan Android
Narayana 734Pemahaman akan kekuatan teknologi kini kian berkembang. Kali ini untuk penggemar robot dan juga smartphone yang menggunakan platofrom iOS dan Android. DeskPets kini menawarkan Tankbots, mainan yang dapat dikontrol dengan iPhone, iPad, atau perangkat Android. Selain menjadi dikendalikan dengan smartphone, mereka juga dapat dimasukkan ke dalam "Mode Kepribadian Otonom", yang memungkinkan Tankbot untuk menggunakan teknologi inframerah untuk menghindari berbagai hadangan secara otomatis. 
Sistem inframerah yang sama dapat digunakan dalam mode pertempuran seperti saat melepaskan tembakan ke arah lawan. Robot ini dilengkapi dengan kehadiran built in charger USB yang memberikan kita kepuasan tersendiri. >Para robot ini tersedia dalam beberapa pilihan warna serta hadir di beberapa toko seperti, Brookstone, dan Radio Shack. Dengan mengeluarkan uang sebesar $ 24,99 kita sudah dapat menikmati kehadiran robot ini
 
 
 
Selanjutnya...

Senjata-Senjata Yang Terbuat Dari Coklat


 
 
 
 
 
Selanjutnya...

Foto Bayi Alien di Meksiko

Meksiko dibuat gempar dengan ditemukannya makhluk yang diduga bayi alien oleh seorang petani bernama Marao Lopez. Dia menemukan sesosok makhluk aneh itu di dekat sebuah perangkap hewan, dan kemudian dia bunuh hewan tersebut.


unik-asik-aneh.blogspot.com - Foto Bayi Alien di Meksiko
Bayi alien


Prihatinnya, Marao Lopez akhirnya meninggal karena mobilnya meledak. Ahli alien,Joshue P. Warren, menemukan bahwa suhu mobil Marao kala itu menjadi lebih panas dari suhu sekitar. Namun banyak menilai foto tersebut hanya rekayasa, sebab bentuknya mirip dengan anak kera. (**)


unik-asik-aneh.blogspot.com - Foto Bayi Alien di Meksiko



sumber
Selanjutnya...

Inilah Kenapa Jarum Jam Bergerak Kearah Kanan?

 
Hm..,jam ya? yaa.., alat penunjuk waktu yang satu ini uda banyak bentuk dan modelnya., sangat berguna banget.,. Kalo dulu seh., jam (jam tangan) itu hanya dimiliki oleh orang2 yang berduit saja., dan itupun bentuknya juga masih jadul . Kalo skarang sih udah smua orang bisa dengan mudah membeli jam tangan ini.
Pernah kepikir gak kenapa jam ini jarumnya bergerak muter dari kiri ke kanan?
ato belum pernah terlintas pertanyaan ini di pikiran kita? hm.., aku perna baca di internet kalo ternyata yang nyebabin hal ini adalah dari bangsa mesir kuno. Looh kok Mesir? yaa., soalnya pada jaman dahulu itu bangsa yang paling maju sistem waktu-nya adalah bangsa mesir.,
Bangsa2 jaman dahulu punya cara yang berbeda2 dalam pengenalan sistem waktu dengan perhitungan yang berbeda2. Bangsa mesir menggunakan pergerakan matahari untuk melakukan perhitungan waktu. Mereka mendirikan sebuah tugu yang disebut obeliks.
Naaah., ketika matahari bergerak maka bayangan dari obeliks tersebut juga akan bergerak, dari bayang2 itulah mereka mengukur waktu. Matahari kan terbit dari timu, sedangkan Mesir berada di belahan dunia bagian utara maka ketika matahari bergerak bayangan dari tugu obeliks pun bergerak ke kanan .
Itulah alasan kuat mengapa akhirnya jarum jam dibuat bergerak dari kiri ke kanan, seandainya Mesir berada di belahan dunia bagian selatan mungkin kita akan melihat jarum jam bergerak ke kiri .
Moga bisa nambah pengetahuan kita smua



sumber
Selanjutnya...

Inilah Kenapa Jarum Jam Bergerak Kearah Kanan?

 
Hm..,jam ya? yaa.., alat penunjuk waktu yang satu ini uda banyak bentuk dan modelnya., sangat berguna banget.,. Kalo dulu seh., jam (jam tangan) itu hanya dimiliki oleh orang2 yang berduit saja., dan itupun bentuknya juga masih jadul . Kalo skarang sih udah smua orang bisa dengan mudah membeli jam tangan ini.
Pernah kepikir gak kenapa jam ini jarumnya bergerak muter dari kiri ke kanan?
ato belum pernah terlintas pertanyaan ini di pikiran kita? hm.., aku perna baca di internet kalo ternyata yang nyebabin hal ini adalah dari bangsa mesir kuno. Looh kok Mesir? yaa., soalnya pada jaman dahulu itu bangsa yang paling maju sistem waktu-nya adalah bangsa mesir.,
Bangsa2 jaman dahulu punya cara yang berbeda2 dalam pengenalan sistem waktu dengan perhitungan yang berbeda2. Bangsa mesir menggunakan pergerakan matahari untuk melakukan perhitungan waktu. Mereka mendirikan sebuah tugu yang disebut obeliks.
Naaah., ketika matahari bergerak maka bayangan dari obeliks tersebut juga akan bergerak, dari bayang2 itulah mereka mengukur waktu. Matahari kan terbit dari timu, sedangkan Mesir berada di belahan dunia bagian utara maka ketika matahari bergerak bayangan dari tugu obeliks pun bergerak ke kanan .
Itulah alasan kuat mengapa akhirnya jarum jam dibuat bergerak dari kiri ke kanan, seandainya Mesir berada di belahan dunia bagian selatan mungkin kita akan melihat jarum jam bergerak ke kiri .
Moga bisa nambah pengetahuan kita smua



sumber
Selanjutnya...

Sejarah Asal Mula Rainbow Cake


Apakah anda tahu, bagaimana awal mula Rainbow Cake yang lagi happening dikenal orang? Rainbow Cake adalah cake berlapis yang mempunyai berbagai warna seperti pelangi. Rainbow Cake ini bermula dari salah seorang mahasiswi perguruan tinggi di Amerika bernama Kaitlin Flannery yang ingin membuat sebuah kejutan untuk sahabatnya saat ulang tahun, karena sang sahabat sangat menyukai pelangi maka ia ingin membuat kejutan berupa cake, tapi ketika di potong terdapat pelangi di dalamnya.. Setelah dibuat, ternyata teman-temannya sangat menyukainya. Lalu Kaitlin pun memasang hasil karya cake buatannya ke dalam blog pribadinya, ternyata di luar dugaan. Banyak yang menyukai cake buatan Kaitlin, bahkan menjadi ramai di kalangan media sosial.

Karena Rainbow Cake buatannya sangat ramai dibicarakan di kalangan jejaring sosial, maka salah satu acara televisi Amerika The Martha Stewart Show mengundang Kaitlin pada bulan April 2010. Didalam acara tersebutpun Kaitlin bersedia memperagakan pembuatan Rainbow Cake-nya di depan masyarakat Amerika yang membuatnya semakin dikenal dengan Rainbow Cake-nya. 

Di Indonesia sendiri kini Rainbow Cake banyak diburu dan banyak yang dibuat penasaran, namun di Indonesia cake ini baru bisa di temui di beberapa resto dan bakery ternama. Tak heran jika harganya sendiri masih terbilang cukup tinggi, namun bagi yang penasaran tapi ingin menyesuaikan budget, tidak usah takut, karena ada juga Rainbow Cake yang berukuran lebih kecil dan lebih murah seperti Rainbow Cup Cake.  




Ternyata di Bandung pun ada yang menyediakannya, tepatnya di 
Suga Rush. Benar sekali, kue pelangi tersebut mirip dengan apa yang  browsing di google. Warnanya yang cerah dan “nyentrik” dengan gradasi yang pas menambah pesona cake ini. Apalagi harganya yang sama dengan cake lainnya, pasti  tergoda untuk mencobanya.

Cake Bolu yang diberikan pewarna makanan ini disusun dengan warnanya yang disusun cantik. Namun  dipermukaannya diberikan creme cheese  bukan lemon merengue buttercream membuat rasanya semakin lezat. Sudah begitu sambil menikmati Rainbow Cake ini ditemani dengan minuman hangat pasti membuat  nyaman. Menu ini cocok buat  yang suka ngobrol-ngobrol sekedar mengisi waktu luang.


Bila anda ingin mencoba membuatnya untuk ala Indonesia resepnya di bawah ini 



Bahan-bahan      
Diameter loyang 25cm
Bahan Cake
Terigu protein rendah 72gr
Gula pasir 65gr
Butter 75gr (lelehkan)
Kuning telur 4
Putih telur 4 (kocok hingga kaku,dan mengembang "Meringue")
Vanilla Extract
Pewarna makanan (Merah, biru, kuning, ungu, hijau, dll)
Simple Syrup
Air 200ml
Gula 100gr

Cover/Frosting

Cream Cheese 125gr
Gula halus 80 gr
Whipped cream 250ml

Filling

Selai strawberry/selai buah lain 100gr
Cream Cheese 125gr
Cara Membuat    
  1. Siapkan oven dengan suhu 180-190 derajat. Olesi loyang dengan mentega.
  2. Kuning telur, gula pasir, vanilla extract, kocok hingga mengembang, Gunakan mixer, naikan kecepatan mixer secara bertahap agar adonan lebih stabil. Kocok hingga berubah warna menjadi putih, dan gulanya larut. Kemudian masukan 1sdm pewarna makanan.
  3. Turunkan kecepatan mixer menjadi rendah, tuang melted butter,rata.
  4. Selanjutnya aduk bahan menggunakan spatula, masukan meringue (putih telur yang di kocok hingga kaku), bergantian dengan terigu.
  5. Panggang selama 30-35 menit, dengan api atas bawah.
  6. Setelah matang, keluarkan dari cetakan. Tunggu hingga dingin.
  7. Lakukan hal yang sama untuk warna lainnya.
  8.  Isi : Lumatkan creaam cheese dengan mixer hingga lembut, kemudian masukkan selai.
  9. Frosting : Lumatkan cream cheese, gula halus hingga rata dan lembut. Kemudian masukkan whipped cream, aduk hingga rata dengan spatula.
  10. Sebelum diberi isian, perciki permukaan atasnya dengan simple syrup menggunakan kuas, fungsinya agar kue lebih lembab dan rasanya lebih menyatu dengan isiian.
  11. Setelah di tutup dengan bagian atasnya. Cover bagian luar dengan frosting cream cheese .
  12. Dinginkan di kulkas 1-2 jam, setelah itu siap di sajikan. 

Atau anda ingin membuat versi originalnya silakan buka  diblognya 
Kaitlin Flannery atau di marthastewart.com.





sumber
Selanjutnya...

Inilah Asal Mula Angka Nol ( 0 )


 
Haah?? maksudnya? bukannya uda dari dulu angka nol itu ada? iya seeeh.., tapi ternyata sodara2., angka nol itu ditemukan tidak segampang yang kita kira., dan dari angka 0-9 yang paling terakhir ditemukan adalah angka nol hehehee :D .
Dan nyatanya dalam kehidupan sehari2., kita tidak membutuhkan angka nol, lihat aja., misal ketika kita mendapat pertanyaan “Kamu punya berapa apel?”, maka kita akan cenderung untuk menjawab “Aku tidak punya apel” ketimbang mengatakan “Aku punya nol jeruk” ., heheheh aneh kan dengernya :D . Maka dalam waktu yang sangat lama pada sejarah perjalanan manusia inilah, angka nol tidak muncul, karena memang dianggap “tidak penting” (pada waktu itu) .

Al Khawarizmi Bapak Matematika (Aljabar)

Yaah kayak yang banyak diberitakan., kalo masyarakat dunia sangat mengenal Leonardo Fibonacci sebagai ahli matematika aljabar. Namun, dibalik itu semua, hasil pemikiran Leonardo Fibonacci sangat dipengaruhi oleh ilmuwan Abu Abdullah Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi . Dia adalah seorang tokoh yang dilahirkan di Khawarizm (Kheva, sekarang Usbekistan) sekitar 780 M ., lama bangeeet :D .
Yaaah.., gudang ilmu pengetahuan yang banyak diketahui berasal dari kawasan Eropa, ternyata sebenarnya berasal dari kawasan Timur Tengah, yaitu Mesopotamia yang menjadi peradaban tertua di dunia.
Dia adalah seorang matematikawan muslim yang kemudian meneliti sistem perhitungan Hindu (India). Dia menulis dalam bukunya Hisab Al-Jabr wa Al-Muqabala Khowarizmi, “soonya” sebagai “al-sifr” atau “sifr” dan membuat angka-angka India populer.
Al-Khwarizmi adalah yang pertama kali memperkenalkan penggunaan bilangan nol sebagai nilai tempat dalam basis sepuluh. Sistem ini disebut sistem bilangan desimal. Selain itu, Al-Khwarizmi juga merupakan penulis kitab aljabar yang pertama. Karyanya adalah Kitab Al-Jabr Wal Muqabalah, dimana istilah aljabar pertama kali muncul dalam konteks disiplin ilmu., sehingga terkenal sebagai Al Khawarizmi Bapak Matematika (Aljabar) , ., hm.., sallut banget buat si “Al” :) :) .

FlashBack

Sebelum zaman modern kayak sekarang ini niih, perkembangan matematika sempat mengalami puncaknya hanya di beberapa tempat saja. Tulisan matematika tertua yang ditemukan adalah Plimpton 322 (matematika Babilonia  sekitar 1900 SM), Lembaran Matematika Rhind (Matematika Mesir sekitar 2000-1800 SM) dan Lembaran Matematika Moskwa (matematika Mesir sekitar 1890 SM). Semua tulisan tersebut berisi tentang teorema Pythagoras, yang menjadi pengembangan matematika tertua yang paling tersebar luas setelah aritmatika dasar dan geometri., :)
Al Khawarizmi memang bukan penemu angka nol., tapi ia “pengenal angka nol” ., nyatanya angka nol telah ditemukan lama sekali secara bertahap.,  sekurang-kurangnya 3 kali secara terpisah., dan waktu itu kegunaannya adalah sebagai pengisi kedudukan dalam sistem perhitungan.
1. Bangsa Babylonia
Pada awalnya, bangsa Babylonia tidak memiliki simbol untuk nol karena ruang kosong antara bilangan-bilangan dianggap cukup sebagai pembatas. Tetapi, ruang kosong tersebut dapat dengan mudah terabaikan atau disalahtafsirkan sehingga mereka membuat simbol untuk nol untuk yang pertama kali. Bentuknya sedikit menyerupai dengan nol sekarang. Namun, peradaban Babylonia mengalami kemunduran, begitu juga dengan perkembangan nol ini.,
2. Bangsa Yunani
Bangsa Yunani Kuno memiliki sistem bilangan yang lebih rumit dibanding bangsa Babilonia. Namun, mereka tidak mempunyai simbol untuk nol dalam sistem bilangannya. Justru nol cenderung menimbulkan masalah bagi bangsa Yunani.
3. India
Konsep bilangan nol dan sifat-sifatnya terus berkembang. Hingga pada abad ke-7, Brahmagupta, seorang matematikawan India memperkenalkan beberapa sifat bilangan nol, seperti suatu bilangan jika dijumlahkan dengan nol akan menghasilkan bilangan itu sendiri, demikian pula jika sebuah bilangan dikalikan dengan nol hasilnya adalah nol. Namun, Brahmagupta mengalami kesulitan dan cenderung ke arah yang salah ketika berhadapan dengan pembagian oleh nol. Dia menyatakan bahwa “sebuah bilangan jika dibagi oleh nol adalah tetap”.
Kesalahan ini kemudian diperbaiki oeh Bhaskara dalam bukunya “Leelavati” yang menyatakan bahwa “pembagian sebuah bilangan oleh nol adalah jumlah yang tak terhingga”. Dalam suku Indian Kuno, nol disimbolkan dengan sebuah lingkaran dengan titik di dalamnya. Nol berasal dari bahasa Sansekerta “soonya” yang berarti tidak ada atau kosong.
Naah baru dari india ini niih Al Khawarizmi meneliti sistem perhitungan-nya., dan terjadilah pengenalan penggunaan angka nol seperti dijelaskan sebelumnya.,
Hm., begitulah proses sampai sekarang kita mengenal angka nol., Al Khawarizmi sangat berjasa dalam ilmu matematika., skali lagi salut buat beliau



sumber
Selanjutnya...

Al-Khawarizmi, Sang Bapak Matematika-ALjabar

 
 
Hm., kalo aku uda sebelumnya uda perna nyinggung nama Al Khawarizmi dalam Asal Mula Angka Nol ., maka kali ini aku akan bahas lebih spesifik mengenai sosok yang mendapat julukan sebagai Bapak Matematika (aljabar) ini., :) .
Nama lengkapnya adalah Abu Abdullah Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi, lahir di Khawarizm (Kheva, sekarang Usbekistan) sekitar 780 M. Saat dewasa ia pindah ke Bagdad – Irak untuk menuntut ilmu pengetahuan. Pada masa itu kota Bagdad berada dalam masa cemerlang sebagai pusat ilmu pengetahuan.

Saat itu, Baghdad adalah kota yang luar biasa berharga bagi umat manusia. Sebab, tak hanya indah dan menyimpan kekayaan peradaban masa silam, Baghdad juga menjadi saksi tingginya kebudayaan dan semangat keilmuan yang membawa umat manusia ke era kemajuan sains dan filsafat. Puncaknya, terjadi pada saat khalifah kelima, yaitu Khalifah Harun ar-Rasyid, seorang khalifah Abbasiyah yang terkenal. hm..,kotanya pasti keren banget yaaa 
Harun Ar-Rasyid segera mendirikan Bait Al-Hikmah tak berapa lama setelah ia naik tahta. Bait Al-Hikmah adalah lembaga yang berfungsi sebagai pusat pendidikan tinggi. Dalam waktu dua abad, Bait al-Hikmah ternyata berhasil melahirkan banyak pemikir dan intelektual Islam. Diantaranya, ilmuwan seperti Al-Khwarizmi dan Al-Battani.

Penulis Kitab Aljabar (Matematika) Pertama

Beliau adalah seorang ilmuan jenius pada masa keemasan Baghdad, dan sangat besar sumbangsihnya terhadap ilmu aljabar dan aritmetika. Karyanya, Kitab Aljabr Wal Muqabalah (Pengutuhan Kembali dan Pembandingan) merupakan pertama kalinya istilah aljabar muncul dalam kontesk disiplin ilmu.
Nama aljabar diambil dari bukunya yang terkenal tersebut. Karangan itu sangat populer di negara-negara barat dan diterjemahkan dari bahasa Arab ke bahasa Latin dan Italia. Bahasan yang banyak dipelajari oleh ilmuwan barat dari karangan Al-Khawarizmi adalah tentang persamaan kuadrat.
Jasa Al-Khwarizmi dalam ilmu ukur sudut juga luar biasa. Tabel ilmu ukur sudutnya yang berhubungan dengan fungsi sinus dan garis singgung tangen telah membantu para ahli Eropa memahami lebih jauh tentang ilmu ini. Ia mengembangkan tabel rincian trigonometri yang memuat fungsi sinus, kosinus dan kotangen serta konsep diferensiasi.
Selain mengarang kitab diatas, ia juga menulis beberapa buku yang banyak diterjemahkan kedalam bahasa latin pada awal abad ke-12, oleh dua orang penerjemah terkemuka yaitu Adelard Bath dan Gerard Cremona. Risalah-risalah aritmetikanya, satu diantaranya berjudul Kitab Al-Jam’a wal-Tafriq bil Hisab al-Hindi (Menambah dan Mengurangi dalam Matematika Hindu), hanya dikenal dari terjemahan berbahasa latin. Buku-buku itu terus dipakai hingga abad ke-16 sebagai buku pegangan dasar oleh universitas2 di Eropa.
Kedua buku karya Al Khawarizmi tersebut banyak menguraikan tentang persamaan linier dan kuadrat, penghitungan integrasi dan persamaan dengan 800 contoh yang berbeda, tanda-tanda negatif yang sebelumnya belum dikenal oleh bangsa Arab. Dalam Al-Jama’ wa at-Tafriq, Al-Khwarizmi menjelaskan tentang seluk-beluk dari kegunaan angka-angka, termasuk angka nol dalam kehidupan sehari-hari. Karya tersebut juga diterjemahkan ke dalam bahasa Latin. 

Penemu Algoritma

Dalam bidang aritmetika, Al-Khawarizmi menulis kitab Al-Jam wal Tafriq bi Hisab al-Hid (Book of Addition Substraction by the Methode Calculation). Edisi asli berbahasa Arab telah hilang, tapi versi lainnya ditemukan pada tahun 1857 di perpustakaan Universitas Cambridge. Karya Al-Khawarizmi itu dikenal sebagai buku pelajaran pertama yang ditulis dengan menggunakan sistem bilangan desimal. Meskipun masih bersifat dasar, ini merupakan titik awal penyeimbangan ilmu matematika dan sains.
Terminologi algoritma, mungkin bukan sesuatu yang asing bagi kita di Eropa, karyanya diterjemahkan ke dalam bahasa Latin sebagai Alchwarizmi, Alkarismi, Algorithmi, Algorismi. Di literatur barat beliau lebih terkenal dengan sebutan Algorizm. Panggilan inilah yang kemudian dipakai untuk menyebut konsep algoritma yang ditemukannya.
Para pelajar Eropa mengaitkan Al-Khawarizmi ini dan New Arithmetic yang pada akhirnya menjadi basis notasi angka, dimana notasi penulisan angka Arab dikenal dengan Algorism atau Algoritma. Dalam sejarah ilmu pengetahuan, Al-Khwarizmi dikenal sebagai pengembang aritmetika dan geometri. Perhitungan logaritma yang dewasa ini digunakan secara luas di bidang komputer (sains & engineering), diketahui berasal dari hasil pemikirannya. hm.., kereeeen :) (ampe tercengang :D )

Orang Pertama yang Memperkenalkan Angka 0 (Nol)

Naah seperti yang aku bahas dalam Asal Mula Angka Nol .,beliau memang bukan penemu angka nol, tapi beliaulah orang pertama di dunia yang memperkenalkan angka nol sebagai suatu bilangan dalam ranah ilmu pengetahuan. :)
“Kosong”, atau nol, bukan sebarang angka, penemuannya merevolusikan pemikiran matematik dan sains moden. Angka nol ini sudah digunakan di dunia Arab-Islam pada kurun kesembilan. Angka nol baru diperkenalkan di Eropah pada awal abad ke-13, dibawa oleh pemikir Itali, Fibonacci, dalam tahun 1202 melalui karya popularnya Liber Abaci. Sifar adalah kata arab untuk angka nol. Perkataan sifar ini juga membentuk perkataan cipher dalam bahasa Inggeris yang membawa masud “tiada apa-apa”, ”simbol”,  atau “pesan rahasia”.
Sebelum dipopularkan Al-Khwarizmi, Ifrah menyebut, beberapa nomor kosong di tulisan-tulisan pada batu ditemui antaranya prasasti tembaga Sankheda di India pada 594, Trapaeng Prei di Kemboja (683), Kedukan Bukit, Sumatera (683), Kota Kapor, Sumatera (686), Dinaya, Jawa (793), Po Nagar, Vietnam (813) dan Bakul, Vietnam (829).
Di wilayah Indonesia angka nol ditemukan pada tiga perkataan pembilangan duaratus (200), sariwu tluratus sapulu dua (1312) dan dualaksa (20,000) pada prasasti Kedukan Bukit pada tahun 683, perkataan sapuluh dua (12) dan dua laksa (20,000) di prasasti Telaga Batu (Sumatera) pada 683.

Ahli Astronomi dan Geografi

Al-Khwarizmi juga dikenal sebagai ahli astronomi yang mendasarkan diri pada pemikiran Ptolemaeus, yaitu astronom Iskandariyah yang hidup di abad ke-2 (100-178 M). Sumbangan penting Al-Khwarizmi di bidang astronomi adalah pedoman penentuan garis lintang dan garis bujur untuk membuat peta yang lebih akurat dibandingkan dengan temuan Ptolemaeus.
Di bawah Khalifah Ma’mun, sebuah tim astronom yang dipimpinnya berhasil menentukan ukuran dan bentuk bundaran bumi. Penelitian ini dilakukan di Sanjar dan Palmyra. Hasilnya hanya selisih 2,877 kaki dari ukuran garis tengah bumi yang sebenarnya. Sebuah perhitungan luar biasa yang dapat dilakukan pada saat itu. Al-Khwarizmi juga menyusun buku tentang penghitungan waktu berdasarkan bayang-bayang matahari.
Hasil pemikiran Khwarizmi di bidang geografi juga sangat mengagumkan. Dia tidak hanya merevisi pandangan Ptolemeus dalam geografi tapi malah memperbaiki beberapa bagiannya. Tujuh puluh orang geografer pernah bekerja dibawah kepemimpina Al khwarizmi ketika membuat peta dunia pertama di tahun 830. Ia dikisahkan pernah pula menjalin kerjasama dengan Khalifah Mamun Al-Rashid ketika menjalankan proyek untuk mengetahui volume dan lingkar bumi.
Buku geografinya berjudul Kitab Surat-al-Ard (bentuk rupa bumi) yang memuat peta-peta dunia dan menjadi dasar geografi Arab. Karya tersebut masih tersimpan di Strassberg, Jerman. Bukunya tersebut telah diterjemahkan kedalam bahasa Inggris.

Penerjemah

Khalifah Al-Ma’mun sangat tertarik oleh Al-Khawarizmi, sehingga pada suatu saat sang khalifah memanggil Al-Khawarizmi dan terjadilah percakapan :
Khalifah : “Hai anak muda, kemarilah!”
Al-Khawarizmi : “Ada apa tuan?”
Khalifah : “Maukah engkau belajar bahasa Sansekerta?”
Al-Khawarizmi : “Tentu saja, Tuan,”
Pada masa itu, bahasa Sansekerta merupakan bahasa yang banyak diminati orang untuk dipelajari. Penyebabnya bahasa Sansekerta merupakan bahasa pengantar dari buku-buku ilmu pengetahuan India.
Dengan biaya dari sang khalifah, Al-Khawarizmi kemudian belajar bahasa Sanskerta hingga mahir. Setelah tiu, ia diberi tugas untuk menerjemahkan sebuah buku berbahasa Sansekerta yang berjudul Siddhanta. Buku yang membahas ilmu astronomi ini, diterjemahkan Al-Khawarizmi ke dalam bahasa Arab dengan sangat baik. Pada tahun 830 M, Al-Khawarizmi mendapat tugas lagi untuk menerjemahkan buku geografi karya Ptolomeus, seorang ilmuwan Yunani.

Dunia Berhutang Kepada Islam

Sebelum mengenal peradaban Islam, keadaan negeri-negeri Barat sungguh memprihatinkan. Dalam buku Sejarah Umum karya Lavis dan Rambon dijelaskan bahwa Inggris Anglo-Saxon pada abad ke-7 M hingga sesudah abad ke-10 M merupakan negeri yang tandus, terisolir, kumuh, dan liar. Tempat kediaman dan keamanan manusia tidak lebih baik daripada hewan. Eropa masih penuh dengan hutan2 belantara. Mereka tidak mengenal kebersihan. Kotoran hewan dan sampah dapur dibuang di depan rumah sehingga menyebarkan bau-bau busuk. Dan kota terbesar di Eropa penduduk-nya tidak lebih dari 25.000 orang. ya ampuuunnn 
Kondisi di atas jauh banget bedanya ama keadaan kota-kota besar Islam pada waktu yang sama. Seperti di kota Cordoba, ibukota Andalus di Spanyol. Cordoba dikelilingi taman-taman hijau. Penduduknya lebih dari satu juta jiwa. Terdapat 900 tempat pemandian, 283.000 rumah penduduk, 80.000 gedung-gedung, 600 masjid, 50 rumah sakit, dan 80 sekolah. Semua penduduknya terpelajar. Karena orang-orang miskin pun menuntut ilmu secara cuma-cuma.
Selain ketinggian peradaban Islam, para ilmuwan Muslim juga punya peran besar dalam memajukan ilmu pengetahuan dunia.

Wafat

Al-Khwarizmi meninggal pada tahun 262 H/846 M dalam usia 67 tahun, di Bagdad dan meninggalkan banyak karya besar yang bermanfaat bagi peradaban umat manusia, bahkan bukunya sampai sekarang tetap menjadi rujukan para ilmuwan modern. Pada tahun wafatnya Al-Khwarizmi (850 M), lahirlah Al-Battani, yang bernama lengkap Abu Abdallah Mohammad ibn Jabir ibn Sinan al-Raqqi al-Harrani al-Sabi al-Battani. Turut berduka buat Al-Khawarizmi 
Yaa begitulah kurang lebih biografi sang bapak matematika ini., kalo kurang puas bisa googling sana-sini., masih banyak fakta dibalik kehidupan Al-Khawarizmi lainnya., capek juga bikin artikel sgini panjangnya.,, but., keep sharing



sumber
Selanjutnya...