Rabu, 18 Juli 2012

Waw, Hewan Ini Mampu Berhubungan Seks Selama 3 Jam

detail berita
Dumpling Squid (Foto: BBC)
MELBOURNE - Ilmuwan meneliti perilaku cumi-cumi ketika proses kawin hingga berakhirnya aktivitas biologis tersebut. Mereka menemukan bahwa cumi-cumi memerlukan waktu 30 menit untuk kembali lincah setelah kawin.

Cephalopoda berumur pendek dengan bentuk bulat itu, diketahui memiliki banyak pasangan ketika proses kawin. Dengan mempelajari perilaku ini, peneliti menemukan bahwa kelincahan hewan tersebut menurun dua kali lipat.

Ilmuwan menggambarkan aktivitas kawin itu sebagai sesuatu yang "mahal" bagi cumi-cumi. Sebab, aktivitas tersebut mampu menguras energi yang tersedia untuk menghindari predator.

"Cumi-cumi kawin (selama) tiga jam dan pejantan secara fisik harus mampu menahan betina sepanjang waktu tersebut," ujar Amanda Franklin, peneliti dari Melbourne University, Australia, seperti dilansir BBC, Kamis (19/7/2012).

Ia mengatakan, penelitian ini sangat menyenangkan bagi peneliti guna menunjukkan adanya pengaruh kemampuan fisik cumi-cumi setelah proses kawin. "(Temuan) ini belum pernah dibuktikan sebelumnya," tambahnya.

Cumi-cumi Dumpling (Euprymna tasmanica) merupakan anggota keluarga cumi-cumi bobtail. Hewan ini ditemukan disepanjang pesisir Australia bagian selatan.

Hewan ini hanya mampu hidup kurang dari satu tahun. Mereka menghabiskan waktu di beberapa bulan terakhir hidupnya untuk kawin.

Cumi-cumi betina kemudian akan mengeluarkan telur dan menjaganya selama beberapa hari setelah kawin. Namun, mereka juga mampu menyimpan sperma untuk pembuahan telur di kemudian hari.

"Kami memutuskan untuk mempelajari cumi-cumi karismatik ini, karena sangat sedikit yang diketahui tentang cumi-cumi ini. Cephalopoda memiliki sistem kawin yang sangat menarik, dari kanibalisme seksual untuk kawin ganda dan durasi kawin yang panjang," pungkas Franklin


sumber