Rabu, 18 Juli 2012

Teknik Sipil

Teknik Sipil?

Apa sih Teknik Sipil itu? Jika mendengar kata-kata "sipil", mungkin ada yang menghubungkan dengan sesuatu yang "non militer", atau suatu kehidupan masyarakat. Nah, bagaimana dengan Teknik Sipil? Mungkin masih banyak yang belum mengerti tentang Teknik Sipil. Bahkan ada yang mengira lulusan teknik sipil itu nantinya akan bekerja pada suatu instansi pemerintah.

Sebenarnya lulusan teknik sipil itu akan bekerja pada bidang yang tidak jauh juga artinya dengan istilah "Sipil" tersebut, yaitu yang menyangkut dengan kehidupan masyarakat. Salah satu contoh kecil yang sering dilihat adalah rumah.

Mahasiswa diajarkan bagaimana menghitung dan mendisain suatu struktur dan kekuatan bangunan. Memang terlihat gampang untuk mendisain suatu bangunan, namun ternyata harus dihadapkan dengan berbagai hitungan yang rumit. Berapa tebal pelat, ukuran balok dan kolomnya harus benar-benar dihitung tergantung peruntukan bangunannya. Bahkan juga tanah tempat bangunan tersebut didirikan juga harus diperhitungkan.

Ilmu teknik sipil itu sebenarnya cukup luas. Tidak hanya mengenai perencanaan gedung, namun juga perencanaan sistem jalan raya, pelabuhan udara, air dan darat. Selain itu pun ada pula sistem pengairan, baik saluran pengairan perkotaan dan bahkan sistem pengairan pertanian.

Nah, gambaran yang saya berikan mengenai disilpli ilmu bidang ini mungkin cukup jelas mengapa disebut teknik sipil. Memang menyangkut dengan masyarakat sipil


sumber