Kamis, 19 Juli 2012

Curahan hati Reynaldi, anak SD yang turun kelas

Muhammad Reynaldi (12), tidak bisa naik kelas V karena rapornya hilang. Dia bahkan harus mengulang lagi dari kelas I SD, dari sebelumnya duduk di kelas IV. Akibat kejadian itu, Reynaldi terpaksa berpindah sekolah. 



Cerita ini berawal saat Reynaldi bersekolah di SD 1 KIP Barabarayya, Makassar. Tahun 2009 lalu, saat Reynaldi akan naik kelas V SD, tiba-tiba pihak sekolah meminta rapornya. Reynaldi heran karena dia yakin sudah menyerahkan rapor pada wali kelasnya.

Masalah timbul karena pihak sekolah mengaku tidak memiliki data-data cadangan soal nilai-nilai Reynaldi selama bersekolah. Kepala Sekolah beralasan data-data milik Reynaldi ada di Dinas Pendidikan Kota Makassar dan Balaikota. Tapi mereka menolak memberikan pengantar bagi orang tua Reynaldi.

Orangtuanya memindahkan sekolah Reynaldi ke SD Inpres Taengtaeng, Gowa. Tapi di sekolah baru pun Reynaldi harus mengulang dari kelas I SD karena tidak ada rapor. Kini Reynaldi yang berusia 12 tahun, baru menginjak kelas III SD padahal harusnya dia sudah bisa masuk SMP.

Bagaimana sebenarnya kisah Reynaldi. Berikut wawancara Eko Prasetyo dari merdeka.comdengan Reynaldi pada Kamis malam (12/7):
 
Bagaimana Rey perasaan kamu harus mengulang kembali ke kelas I?

Sedih, tetapi saya tetap semangat untuk sekolah.

Memang kamu bercita-cita menjadi apa?

Aku pengen menjadi tentara agar bisa banggain orang tua dan bangsa.

Pernah diejek sama teman-temannya engga?

Pernah. Teman-teman bilang kok kamu besar sekali baru kelas I. Aku jawab biarin daripada enggak sekolah.

Kamu iri tidak dengan teman-teman pas dulu sekelas sekarang sudah SMP?

Aku iri dan pengen SMP juga, tetapi apa boleh buat.

Prestasi kamu sendiri gimana?

Aku pas ngulang kelas I menjadi ranking satu dan pas kelas dua rangking satu juga.

Memang dulu ceritanya gimana kok bisa sampai mengulang?

Waktu itu saat mau terima rapor, tiba-tiba malah diminta rapornya sama guru, padahal sudah diserahkan ke sekolah waktu itu sebelum pembagian rapor. Waktu itu juga aku jauh dari orang tua karena jagain nenek yang sedang sakit.

Dari pemerintah sudah ada yang pernah nemuin kamu?

Belum pernah ada.


sumber