Sabtu, 21 Juli 2012

Suplemen Untuk Otak

Sel-sel otak membutuhkan dua kali energi dari sel-sel lain dalam tubuh. Nutrisi yang tepat itu sangat penting untuk menjaga fungsi otak dan kemampuan mental, seperti fokus, memori dan konsentrasi.
Vitamin B Kompleks
Contoh makanan yang mengandung vitamin B kompleks adalah kentang, biji-bijian, brokoli, bayam, jamur, pisang juga segala macam produk olahan kacang kedelai, telur dan almond.
Vitamin B kompleks membantu meningkatkan fungsi otak dan membantu tubuh mengkonversi kolin-asam amino dalam makanan menjadi asetilkolin-neurotransmiter kimia yang membantu memori dan proses belajar.
Gandum Utuh
Gandum utuh merupakan makanan sumber energi utama untuk tubuh dan otak , ini terdapat pada makanan seperti roti gandum, oatmeal, beras merah, dan millet. Sumber energi ini membantu meningkatkan aliran darah ke otak sehingga menunjang kualitas dan kuantitas fungsi otak
Vitamin B6
Vitamin B6 banyak memiliki kandungan tiamin yang bagus untuk meningkatkan daya ingat. Makanan kaya vitamin B-6 antara lain selai kacang, kenari, kedelai, kacang, oatmeal, biji bunga matahari, jus tomat, ikan tuna, telur, ikan, daging sapi, ayam dan kentang. Protein pada makanan tersebut diubah menjadi asam amino yang diperlukan untuk produksi dan sintesis neurotransmiter dopamin dan serotonin.
Asam Lemak Omega 3
Asam lemak Omega3 dapat ditemukan pada minyak ikan, minyak zaitun, bawang putih, ikan tuna, kalkun, salmon, telur, nasi, sereal, pasta, kenari juga biji rami. Makanan-makanan tersebut dapat mengontrol depresi dan stres juga membantu memperkuat memori dan mempertajam konsentrasi.
Karbohidrat
Tubuh akan mengubah karbohidrat kompleks dalam makanan menjadi glukosa, dan akan menggunakannya sebagai bahan bakar untuk meningkatkan kewaspadaan, fungsi memori dan konsentrasi. Contoh makanan-makanan yang mengandung karbohidrat adalah beras merah, apel, pisang, kismis, biji-bijian, dan kecambah.
Glukosa
Glukosa inilah bahan bakar yang digunakan oleh otak. Glukosa diperoleh dari makan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti beras merah, oatmeal dan gandum produk roti. Ini bagian penting dari nutrisi otak.
Zat besi
Makanan yang kaya akan zat besi dapat membantu berkonsentrasi dan fokus. Makanan-makanan tersebut antara lain roti gandum, sayuran hijau, kacang-kacangan, ikan, daging, unggas, dan sereal-pasta.
Folat
Bagi wanita hamil, makanan yang kaya folat seperti melon, pisang, jus jeruk, strawberry, lemon, bayam, asparagus, kacang kering, kacang polong split, sereal dan nasi sangat penting, karena dapat mengurangi resiko bayi terlahir cacat. Folat itu sendiri adalah vitamin B yang diperlukan untuk sintesis asam nukleat dan rantai asam lemak panjang yang penting untuk fungsi otak.
Antioksidan
Makanan yang memiliki kandungan antioksidan antara lain anggur, delima, kiwi, ceri, blueberry, jeruk, lemon, nanas dan jeruk. Sayuran yang kaya antioksidan yaitu cabai, kangkung, dan kubis merah. Buah-buahan segar dan sayuran ini dapat menjaga oksigen mengalir menuju otak sehingga bisa membantu untuk fokus.


sumber