Selasa, 17 Juli 2012

Ternyata IQ Wanita Lebih Tinggi dari Pria



Tahukah Kamu Ternyata IQ Wanita Lebih Tinggi Dibanding Pria


Unic29.com - Pria dan wanita, meski berjalan sesuai harmoni, kehidupan kedua gender ini selalu penuh persaingan. Beragam penelitian yang mengadu kemampuan pria dan wanita pun bermunculan di tengah isu sosial mengenai persamaan gender.
Penelitian terbaru mengungkap bahwa wanita memiliki kecerdasan lebih tinggi dibanding pria. Untuk pertama kalinya dalam tes IQ, skor kecerdasaan yang dicapai wanita melambung di atas pria. Padahal, ketika tes IQ pertama kali ditemukan, skor kecerdasan wanita lima poin di bawah pria.
“Dalam 100 tahun terakhir, nilai IQ baik pria dan wanita terus meningkat, tapi IQ wanita meningkat lebih cepat,” ujar James Flynn, penemu Flynn Effect, peningkatan IQ dari tahun ke tahun di
dunia, seperti dikutip Daily Mail.
Fenomena ini mungkin terjadi karena kehidupan wanita masa kini menuntut kecerdasan lebih. Harus mampu multitasking di antara rumah tangga dan karier. “Dampak modernitas pada wanita baru saja muncul, meski masih perlu data-data tambahan untuk menjelaskan fenomena ini.”
Flynn menyusun hasil pemeriksaan IQ dari negara-negara di Eropa Barat, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru, Argentina, dan Estonia. Data-data tersebut menunjukkan bahwa kesenjangan antara nilai IQ pria dan wanita telah menjadi minimal.
Di Australia, tingkat IQ pria dan wanita hampir identik. Di Selandia Baru, Estonia, dan Argentina, tingkat IQ wanita sedikit lebih tinggi dibanding pria. “Karena dunia menjadi lebih kompleks, dan hidup di dalamnya memerlukan pemikiran yang lebih abstrak, orang pun beradaptasi,” ujarnya



sumber