Jumat, 14 September 2012

Sapi Betina Terlahir dengan Kaki 5, Tanggal 5 dan Jam 5 Sore

 
Mojokerto - Seekor sapi terlahir berkelamin betina membuat geger karyawan peternakan milik PT Agro Fauna Kertosari (AFK) di Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto. Sapi jenis Simental ini mempunyai kaki 5. Uniknya, sapi ini lahir tanggal 5 September pukul 5 sore atau 17.00 WIB.

Menurut Direktur PT AFK, John Eric Kamajdaja, sapi yang tarlahir unik ini hasil persilangan sapi jenis cross simental dengan simental. Setelah 7 bulan kawin suntik, akhirnya sapi ini melahirkan betina berwarna cokelat dengan kaki 5 berada di bagian tengah tubuh sebelah kiri.

"Sejak dirikannya peternakan ini, baru kali ini ada yang lahir dengan kaki 5. Semoga ini menjadi pertanda baik bagi kita," kata Eric kepada wartawan,

Eric menjelaskan, setiap ada sapi betina yang mengandung, selalu diperiksa kondisi kesehatannya dan kondisi janinnya. Namun, untuk sapi uang diberi nama Simentil ini, tak ada kejanggalan apapun. Indukan dari Simentil juga normal.

"Kelainan genetik belum diperiksakan hanya yang aneh memiliki 5 kaki ini. Satu kaki tambahan ada di bagian punggung kiri dan 4 kaki lainnya normal," imbuhnya.

Rencananya Simentil alias Simental Centil ini tak akan dijual kepada siapapun. Pihak PT AFK akan merawatnya hingga besar dan biar mati dimakan usia. Dirinya berharap dengan lahirnya Simentil, bisa membawa berkah bagi dirinya dan para karyawannya.