Sabtu, 15 September 2012

Cara Memperoleh Kembali Percaya Diri Yang Hilang


Memperoleh Kembali Percaya Diri Yang Hilang.
Kadang-kadang seseorang mulai menuju ke arah yang besar dalam hidup, penuh percaya diri dan semua alat untuk sukses. Tapi kadang-kadang peristiwa dapat terjadi dalam kehidupan orang yang mengguncang mereka dan merobek kepercayaan diri mereka. Jika hal ini terjadi pada Anda, Anda bisa mendapatkan kembali percaya diri yang hilang.

1. Cobalah untuk mencari tahu apa yang terjadi yang membuat Anda kehilangan rasa percaya diri Anda pada diri sendiri. Apakah Anda kehilangan pekerjaan? Mengencani seseorang yang membuat Anda merasa tidak berharga? Ditolak dari perguruan tinggi impian Anda? Pikirkan tentang kapan Anda berada pada puncak percaya diri Anda dan bagaimana Anda sampai ke tempat Anda sekarang. Sebuah ide yang baik adalah memulai jurnal dan menulis tentang semua pikiran yang berjalan melalui kepala Anda tentang apa yang menyebabkan Anda kurang percaya diri.
2. Langkah selanjutnya adalah mulai membahas kejadian apa atau orang yang pernah membuat Anda kehilangan rasa percaya diri. Jika itu orang, tulis surat ke mereka. Katakan kepada mereka segala yang selalu ingin anda katakan. Tapi jangan kirim! Sebaliknya, bakar surat itu. Jika suatu kejadian menyebabkan Anda kehilangan kepercayaan diri,tulis jurnal tentang hal itu. Jika Anda kehilangan pekerjaan,buat daftar alasan mengapa Anda kehilangan pekerjaan dan memutuskan apakah itu benar-benar kesalahan Anda atau berada di luar kendali Anda. Jurnal, jurnal, jurnal sampai Anda keluarkan semua perasaan Anda.
3. Temukan cara untuk membangun kepercayaan lagi. Jika Anda kehilangan pekerjaan Anda, mulai mencari pekerjaan baru dan lebih baik. Jika pernikahan anda berantakan, belajar dari itu dan keluar dan mulai berkencan – atau mungkin menemukan sesuatu yang baru untuk mengisi waktu Anda. Jika Anda ditolak oleh perguruan tinggi, daftar ke tempat lain. Kuncinya di sini adalah berhenti menyerah dan tidak membiarkan kekecewaan hidup menyeret Anda.
4. Sepotong nasihat favorit, “Lupakan”. Apa yang terjadi dengan Anda, Anda masih hidup dan Anda selamat itu. Belajar dari itu dan kemudian bisa mengatasinya. Hidup terlalu singkat untuk berkubang dalam keputus asaan.
5. Apa pun yang mana Anda merasa kurang atau gagal, terus mencoba sampai Anda berhasil. Mulai dari kecil. Keberhasilan bertahap akan membangun rasa percaya diri Anda kembali. Jika Anda selalu bilang tidak cukup cerdas untuk kuliah dan Anda telah kehilangan keyakinan bahwa Anda bisa melakukannya, mulai dari kecil. Ambil satu kelas di sebuah perguruan tinggi setempat dan lakukan bertahap. Jangan mulai dengan mendaftar ke perguruan tinggi terkenal karena Anda hanya akan kecewa dan tidak akan mau untuk terus mencoba. Kemenangan kecil perlahan akan membantu Anda untuk melihat siapa Anda sebenarnya lagi dan membuat Anda menyadari bahwa Anda berhak untuk percaya diri dalam kemampuan Anda.



sumber