Kamis, 13 September 2012

Robot Pendeteksi Aktifitas Sel OTAK





 
Robot Pendeteksi Aktifitas Sel Otak... [ www.BlogApaAja.com ]

Sebuah robot pemeriksa atau sering disebut robotic probe yang mampu mendeteksi aktifitas sel otak tengah dikembangkan oleh beberapa orang peneliti dari MIT dan Georgia Institute of Technology. Robot ini dikembangkan dengan tujuan untuk merekam informasi sel saraf otak manusia, untuk mengungkap secara lebih gamblang mengenai sistem kerja saraf otak.

Dengan keberhasilan mereka mengembangkan robot ini, mereka dapat memantau pola aktivitas elektrik, bentuk dan bahkan profil mengenai gen yang aktif pada saat tertentu. Diharapkan dengan penemuan teknologi robot ini, mereka dapat mempelajari berbagai gangguan otak seperti epilepsi, parkinson, autis dan gangguan otak lainnya yang sampai saat ini masih belum terpecahkan.

Teknologi robot ini sudah diujicobakan terhadap tikus percobaan dan hasilnya sangat memuaskan. Namun ketika diujicobakan terhadap manusia, robot yang menggunakan lengan robot yang dipandu oleh algoritma pendeteksi sel ini masih sangat jauh dari memuaskan.

Terlepas dari itu semua, penemuan ini merupakan sebuah langkah awal dari sebuah terobosan besar teknologi robot yang kelak akan sangat membantu kita dalam masalah gangguan otak



sumber