Sabtu, 22 September 2012

Tawon Raksasa di Indonesia yang Hebohkan Eropa dan Amrik

Tawon itu dijuluki 'King of Wasps' (Raja Tawon). Rakasa sepanjang dua setengah inci itu memiliki rahang panjang melebihi panjang kakinya, muncul di Indonesia. Ditemukan oleh Profesor Lynn Kimsey di salah satu hutan.

Dailymail memberitakan, sebuah spesies baru tawon ditemukan di pulau Sulawesi. Panjangnya dua setengah inci, dan memiliki rahang begitu besar sehingga penemunya menyebutkan, 'Saya tidak tahu bagaimana itu bisa berjalan."

Lynn Kimsey, profesor entomologi di University of California mengatakan, "Rahangnya begitu besar sehingga membungkus kedua sisi kepala ketika ditutup. Ketika rahang terbuka, terlihat lebih panjang dari kaki depannya."


Kimsey menemukan tawon itu di Pegunungan Mekongga di tenggara Sulawesi. Dia mengatakan ukuran yang sangat besar dan keganasan membuatnya seperti 'Naga Komodo dari tawon'. Tawon raksana iru diberi nama Garuda, "Aku akan beri nama Garuda, simbol nasional Indonesia," kata Kimsey.

Katanya, "Pertama kali aku melihat tawon itu, saya tahu itu sesuatu yang sangat tidak biasa. Saya belum pernah melihat hal seperti ini dalam spesies Dalara. Kami tidak tahu apa-apa tentang biologi dari tawon. Mereka hanya dikenal dari barat daya Sulawesi. "


"Rahang besar itu mungkin digunakan sebagai alat pertahanan atau senjata dan reproduksi," katanya.



sumber