Sabtu, 22 September 2012

Mata Bocah Asal China Bisa Menyala Dalam Gelap

Seorang bocah asal China, Nong Yousui, memiliki sepasang mata yang tak biasa: berwarna biru, memancarkan cahaya biru kehijauan saat disorot lampu senter, dan konon bisa melihat dalam gelap, seperti halnya kucing. Kemungkinan bocah ini dapat melihat saat dia mengisi kuesioner di tengah kegelapan.



Menurut ahli, kemampuan bisa melihat dalam gelap dimungkinkan berkat lapisan sel, yang disebut tapetum lucidum, yang ada di mata kucing dan hewan malam lainnya. Jika mata Nong memang seperti mata kucing, cara kerja indra penglihatannya niscaya sama.

Bila benar bocah itu memiliki kelainan, mutasi genetik yang membuat matanya bisa menyala dalam gelap, ini akan menjadi obyek analisa menarik bagi para ilmuwan, ahli biologi evolusi, dan insinyur genetik. "Sulit untuk mengatakan, apa yang terjadi sebenarnya dengan bocah ini. Ia harus melakukan serangkaian pemeriksaan oleh dokter spesialis mata secara langsung," kata Dennis Brooks, dosen oftalmologi di University of Florida's College of Veterinary Medicine. (KF-Vey/1/22/Viva)



sumber