Menara Eiffel (bahasa Perancis: Tour Eiffel, /tuʀ ɛfɛl/) merupakan
sebuah menara besi yang dibangun di Champ de Mars di tepi Sungai Seine
di Paris. Menara ini telah menjadi ikon global Perancis dan salah satu
struktur terkenal di dunia.
PENGENALAN
Dinamai setelah perancangnya, insinyur Gustave Eiffel, Menara Eiffel
adalah bangunan tertinggi di Paris dan salah satu struktur terkenal di
dunia. Lebih dari 200.000.000 orang telah mengunjungi menara ini sejak
pembangunannya tahun 1889, termasuk 6.719.200 orang tahun 2006,
menjadikannya monumen bertarif yang paling banyak dikunjungi di dunia.
Termasuk antena setinggi 24 m (79 kaki), struktur ini memiliki tinggi
325 m (1.063 kaki) sejak 2000, yang sama dengan bangunan konvensional
bertingkat 81.
Ketika menara selesai dibangun tahun 1889, struktur ini menjadi yang
tertinggi di dunia — gelar yang dipertahankan hingga 1930 ketika
Chrysler Building di New York City (319 m — 1.047 kaki) selesai. Menara
ini sekarang yang tertingggi kelima di Perancis dan paling tinggi di
Paris, dengan struktur tertinggi kedua Tour Montparnasse (210 m — 689
kaki), meskipun akan dikalahkan oleh Tour AXA (225.11 m — 738.36 kaki).
Struktur besi Menara Eiffel berbobot 7.300 ton sementara keseluruhan
struktur termasuk komponen non-besi berbobot 10.000 ton. Tergantung
temperatur, puncak menara dapat menjauhi matahari 18 cm (7 inci) karena
pemuaian besi pada bagian yang menghadap matahari. Menara ini juga
berayun 6-7 cm (2-3 inci) dalam suasana berangin. Sebagai demonstrasi
terhadap ekonomisnya bangunan, bila 7300 ton struktur besi dicairkan,
maka akan memenuhi 125 meter persegi dengan kedalaman 6 cm (2.36 inci),
yang berarti kepadatan besi 7.8 ton per meter kubik. Menara ini memiliki
massa yang kurang dari massa udara di dalam silinder dengan dimensi
yang sama, setinggi 324 meter dan 88.3 jari-jarinya. Berat menara 10.100
ton bila dibandingkan dengan 10.265 ton udara.
Tingkat pertama dan kedua dapat diakses dengan tangga dan lift. Sebuah
loket tiket di menara selatan menjual tiket ke anak tangga yang dimulai
di tempat itu. Di platform pertama tangga menaik dari menara timur dan
pertemuan tingkat ketika hanya dapat diakses dengan lift. Dari platform
pertama atau kedua tangga dibuka bagi semua orang yang naik dan turun
tergantung apabila mereka telah membeli tiket lift atau tiket tangga.
Jumlah anak tangga 9 ke loket tiket di dasar, 328 ke tingkat pertama,
340 ke tingkat kedua dan 18 ke platform lift di tingkat kedua. Ketika
keluar lift di tingkat ketiga terdapat 15 anak tangga naik menuju
platform pengamatan atas. Jumlah anak tangga dituliskan secara bertahap
di sisi tangga untuk memberikan tanda tangga naik. Kebanyakan tangga
naik memberikan pemandangan langsung ke bawah atau sekitar menara
meskipun beebrapa anak tangga pendek tertutup.
Perawatan menara terdiri dari pengadaan 50 hingga 60 ton cat setiap
tujuh tahun untuk menjaganya dari karatan. Untuk menjaga penampilannya
terhadap pengunjung di bawah, tiga warna berbeda digunakan pada menara
ini, dengan warna gelap di bawah dan warna terang di atas. Warna cat
diubah; menara ini dicat coklat-kelabu. Di tingkat pertama terdapat
konsol interaktif yang memberitahukan warna pada pengecatan selanjutnya.
Arsitek Menara Eiffel adalah Emile Nouguier, Maurice Koechlin dan
Stephen Sauvestre.
SEJARAH
Struktur ini dibangun antara 1887 dan 1889 sebagai pintu masuk
Exposition Universelle, Pameran Dunia yang merayakan seabad Revolusi
Perancis. Eiffel sebenarnya berencana membangun menara di Barcelona,
untuk Pameran Universal 1888, tapi para pihak yang bertanggung jawab di
balai kota Barcelona menganggapnya aneh dan mahal, dan tidak cocok
dengan kota itu. Setelah penolakan Rencana Barcelona, Eiffel mengirim
drafnya kepada pihak yang bertanggung jawab untuk Pameran Universal di
Paris, dimana ia membangun menaranya setahun kemudian, yaitu 1889.
Menara ini diresmikan tanggal 31 Maret 1889, dan dibuka tanggal 6 Mei.
Tiga ratus pekerja menggabungkan bersama 18.083 bagian besi benam
(bentuk murni dari besi struktural), menggunakan dua setengah juta paku,
dalam bentuk struktural oleh Maurice Koechlin. Resiko kecelakaan sangat
besar, untuk pencakar langit modern yang tak biasa menara ini terbuka
tanpa tingkat tengah kecuali dua platform. Tetapi, karena Eiffel
mengambil sikap hati-hati, termasuk penggunaan takal bergerak, rel bantu
dan layar, hanya satu orang yang meninggal.
Menara ini mendapat berbagai kritik dari masyarakat ketika dibangun,
menyebutnya mengganggu mata. Surat kabar harian dipenuhi dengan surat
kritik dari komunitas seni di Paris. Salah satunya dimasukkan dalam
penerbitan Kantor Penerbitan Pemerintah AS William Watson mengenai
Pameran Universal Paris: Teknik Sipil, Pekerjaan Umum, dan Arsitektur
1892. "Dan selama dua puluh tahun kita melihat, membentang ke seluruh
kota, masih dijalani oleh orang-orang jenius berabad-abad, kita melihat
bentangan seperti bayangan hitam dari kolom hitam yang dibangun dari
lempengan besi berpaku.” Penandatangan surat ini meliputi Messonier,
Gounod, Garnier, Gerome, Bougeureau, dan Dumas.
Pengarang novel [{Guy de Maupassant]] — yang membenci menara itu — makan
siang di restoran Menara setiap hari. Ketika ditanyai mengapa, ia
menjawab bahwa itu adalah satu-satunya tempat di Paris dimana kita tidak
bisa melihat Menara. Hari ini, masih saja dianggap sebagai bagian seni
bangunan mencolok.
Salah satu cliché film Hollywood menampilkan pemandangan dari jendela
Paris yang selalu menampakkan menara. Kenyataannya, sejak pembatasan
tinggi bangunan di Paris menjadi 7 tingkat, hanya beberapa bangunan
tinggi yang memiliki pemandangan jelas terhadap menara.
Eiffel memiliki izin berdiri menara selama 20 tahun, yang berarti harus
dibongkar tahun 1909, ketika kepemilikannya diserahkan kepada Kota
Paris. Kota telah berencana meruntuhkannya (bagian dari peraturan kontes
asli untuk merancang menara yang mudah diruntuhkan) tapi setelah menara
ini terbukti mendatangkan untung dari segi komunikasi, menara ini
dibiarkan berdiri setelah izin tersebut kadaluwarsa. Militer
menggunakannya untuk mengatur taksi Paris di garis depan selama
Pertempuran Marne Pertama, dan menjadi monumen kemenangan pertempuran
itu.
BENTUK MENARA
Ketika menara dibangun banyak orang dikejutkan dengan bentuknya yang
menantang. Eiffel dikritik untuk desain ini dan dipaksa mencoba
merancang sesuatu yang berseni, atau tak berseni dari sisi pandang,
tanpa keinginan membangun. Eiffel dan insinyurnya, dikenal sebagai
pembangun jembatan, mengerti kepentingan kekuatan angin dan tahu bahwa
mereka akan membangun struktur tertinggi di dunia mereka harus
mencocokannya dengan tiupan angin. Dalam wawancara yang dilaporkan surat
kabar Le Temps, Eiffel mengatakan:
“ Sekarang untuk apa saya memberikan alasan utama perancangannya?
Menara ini tahan angin. Baiklah! Saya menyatakan bahwa lengkungan empat
sisi luar menara, sebagaimana perhitungan matematika (...) akan
memberikan pemandangan bagus terhadap kekuatan dan keindahan, dan
memberikan kesan kepada siapapun yang melihatnya kecanggihan desain
secara keseluruhan. ”
—diterjemahkan dari surat kabar Perancis Le Temps tanggal 14 Februari 1887
Bentuk menara sebelumnya telah dinyatakan dengan perhitungan matematika
yang tahan angin. Beberapa teori perhitungan ini telah direncanakan
bertahun-tahun, yang terbaru adalah persamaan berbeda integral nonlinear
didasarkan pada pengimbangan tekanan angin dari sisi apapun pada menara
dengan ketegangan antara elemen konstruksi pada waktu itu. Bentuknya
eksponensial. Plot berbahaya pada lengkungan menara, menampilkan dua
eksponen yang berbeda, bagian bawah memiliki pertahanan kuat melawan
angin.
PEMASANGAN
Sejak awal abad ke-20, menara ini telah digunakan untuk transmisi radio.
Hingga 1950-an, sebuah kumpulan kabel menara membentang dari
pertemuannya hingga berakhir di Avenue de Suffren dan Champ de Mars.
Mereka terhubung dengan transmitter gelombang panjang di bunker kecil;
tahun 1909, sebuah pusat radio bawah tanah permanen dibangun dekat pilar
selatan dan masih ada hingga sekarang. Tanggal 20 November 1913, Paris
Observatory, menggunakan Menara Eiffel sebagai antena, mengirim sinyal
tanpa kabel dengan Pusat Observasi Angkatan Laut Amerika Serikat yang
menggunakan antena di Arlington, Virginia. Obyek transmisi untuk
mengukur perbedaan garis bujur antara Paris dan Washington, D.C.
Menara ini memiliki dua restoran: Altitude 95, di tingkat pertama (95 m,
311 kaki, di atas permukaan laut); dan Jules Verne, sebuah restoran
gastronomis mahal di tingkat kedua, dengan lift khusus. Restoran ini
memiliki bintang satu di Michelin Red Guide. Bulan Januari 2007, seorang
koki dengan banyak bintang Michelin Alain Ducasse dibawa ke Menara
untuk menjalankan Jules Verne.
Dek pengamatan teratas, dengan ketinggian 275 meter, merupakan wilayah
tertinggi struktur arsitektur di Uni Eropa yang dibuka untuk umum.
Lift penumpang dari tingkat dasar ke tingkat pertama dioperasikan oleh
kabel dan penarik yang dijalankan oleh piston besar berkekuatan air.
Ketika menaiki lengkungan, kabin elevator naik sedikit, tapi dengan
kejutan naik setiap beberapa detik, untuk menjaga tingkatnya sejajar.
Pembangunan elevator diperlihatkan dan dibuka untuk umum dalam sebuah
museum di satu dari empat pilar menara.Sejak awal abad ke-20, menara ini
telah digunakan untuk transmisi radio. Hingga 1950-an, sebuah kumpulan
kabel menara membentang dari pertemuannya hingga berakhir di Avenue de
Suffren dan Champ de Mars. Mereka terhubung dengan transmitter gelombang
panjang di bunker kecil; tahun 1909, sebuah pusat radio bawah tanah
permanen dibangun dekat pilar selatan dan masih ada hingga sekarang.
Tanggal 20 November 1913, Paris Observatory, menggunakan Menara Eiffel
sebagai antena, mengirim sinyal tanpa kabel dengan Pusat Observasi
Angkatan Laut Amerika Serikat yang menggunakan antena di Arlington,
Virginia. Obyek transmisi untuk mengukur perbedaan garis bujur antara
Paris dan Washington, D.C.
Menara ini memiliki dua restoran: Altitude 95, di tingkat pertama (95 m,
311 kaki, di atas permukaan laut); dan Jules Verne, sebuah restoran
gastronomis mahal di tingkat kedua, dengan lift khusus. Restoran ini
memiliki bintang satu di Michelin Red Guide. Bulan Januari 2007, seorang
koki dengan banyak bintang Michelin Alain Ducasse dibawa ke Menara
untuk menjalankan Jules Verne.
Dek pengamatan teratas, dengan ketinggian 275 meter, merupakan wilayah
tertinggi struktur arsitektur di Uni Eropa yang dibuka untuk umum.
Lift penumpang dari tingkat dasar ke tingkat pertama dioperasikan oleh
kabel dan penarik yang dijalankan oleh piston besar berkekuatan air.
Ketika menaiki lengkungan, kabin elevator naik sedikit, tapi dengan
kejutan naik setiap beberapa detik, untuk menjaga tingkatnya sejajar.
Pembangunan elevator diperlihatkan dan dibuka untuk umum dalam sebuah
museum di satu dari empat pilar menara.