Selasa, 05 Maret 2013

Tips Cara Bangun Rumah Dengan Biaya dan Modal Murah

bangun rumah murah

Siapa yang tidak ingin memiliki rumah yang ideal dengan biaya bangun rumah yang murah. Namun dalam kondisi perekonomian global yang belum stabil seperti sekarang ini, nampaknya membangun rumah ideal dengan biaya bangun rumah murah hanyalah sebuah impian.

Tetapi ternyata membangun rumah dengan biaya murah bukanlah sesuatu yang mustahil, setidaknya di mata Yu Sing, seorang arsitek sekaligus penulis buku “MIMPI RUMAH INDAH”.

Yu Sing berbagi tips dan panduan untuk mewujudkan sebuah rumah ideal dengan biaya bangun rumah yang murah, yang semuanya merupakan hasil pengalamannya dalam mendesain beberapa rumah murah, baik yang sudah terbangun, sedang dibangun, maupun yang masih dalam proses desain.

Menyertai tips-tipsnya, Yu Sing mengungkapkan “Tentunya pengalaman mendesain rumah murah ini tidak dapat menjadi acuan akhir, tapi sebagai pemberi dorongan semangat bagi mereka yang ingin membangun rumah dengan biaya terbatas.”
Mari sama-sama kita simak seperti apa tips dan panduan untuk mewujudkan sebuah rumah yang ideal dengan biaya bangun rumah yang murah;

Menurut Yu Sing, setidaknya ada tiga hal penting yang harus dipenuhi untuk mewujudkan rumah murah yakni :

Penggunaan tenaga arsitek.
Perencanaan struktur rumah.
Penggunaan material yang tepat.
Penggunaan Tenaga Arsitek Hal penting pertama, yaitu penggunaan tenaga arsitek, Yu Sing mengakui bahwa masih banyak masyarakat umum yang terjebak pada anggapan yang keliru soal “arsitek”. Umumnya masyarakat menilai jasa arsitek itu selalu mahal sehingga pembangunan rumah diyakini akan lebih murah tanpa adanya jasa arsitek.

“Padahal itu tidak sepenuhnya benar, memang arsitek masih terkesan eksklusif, tetapi ada juga yang tidak menetapkan tarif mahal,” ujar Yu Sing, yang juga menegaskan, tidak semua arsitek menetapkan tarif yang tinggi. Tak sedikit arsitek yang siap memberikan jasanya dengan tarif yang sesuai dengan kantong.

Dengan menggunakan jasa arsitek, lanjut Yu Sing, masyarakat sebenarnya dapat menghemat biaya bangun rumah karena arsitek bisa membantu dalam membuat dan merancang desain struktur, ruangan, sekaligus pemilihan material yang efisien dan efektif. Menggunakan jasa arsitek juga membantu Anda dalam membuat desain rumah yang baik.

“Rumah yang didesain dengan baik, dapat mempengaruhi hidup seseorang menjadi lebih positif dan berkualitas. Begitu juga dalam konteks sebaliknya. Kalau ruang hidup sehari-hari sumpek, sikap hidup juga dapat terpengaruh menjadi sumpek,” ujar Yu Sing.

Perencanaan Struktur Bangun Rumah Hal penting kedua yang harus dipenuhi adalah perencanaan struktur bangun rumah. Dalam hal perencanaan struktur rumah murah agak berbeda dengan desain rumah yang memiliki anggaran dana longgar, desain rumah murah justru dimulai dengan desain sistem strukturnya terlebih dahulu, bukan dimulai dari desain arsitekturnya.

“Sistem struktur yang efisien sangat menentukan anggaran konstruksi rumah, karena biasanya biaya struktur rumah sekitar 40-50 persen dari biaya keselururuhan,” ungkap Yu Sing.

Salah satu contohnya adalah merencanakan struktur atap. Pada bagian ini, penggunaan atap fiber semen (tanpa kandungan asbestos) misalnya akan jauh lebih murah bila dibandingkan dengan atap genteng, karena tidak diperlukan kaso dan reng.

Selain itu, jika lebar rumah tidak melebihi dari 400 cm, maka tidak diperlukan struktur kuda-kuda. Jarak antara lantai satu dengan dua sebenarnya cukup 250 cm, dengan syarat memiliki bukaan dan ventilasi cukup untuk ukuran ruangnya. Hal seperti ini akan dapat menghemat biaya dinding, struktur kolom, dan tangga.

Struktur lantai dua untuk bangun rumah berlantai dua juga dapat menggunakan struktur rangka multipleks yang dilapisi cor semen tipis dengan pelapis keramik. Struktur lantai seperti ini akan lebih ringan dibandingkan lantai beton sehingga kolom dan balok penyangganya bisa jauh lebih kecil.

Penggunaan Material Yang Tepat Hal terakhir yang tak kalah penting dalam menekan biaya bangun rumah adalah pemilihan dan penggunaan material atau bahan bangunan. Cukup banyak material bahan bangunan murah yang dapat dieksplorasi baik pemakaiannya atau cara pemasangannya untuk membentuk suatu kombinasi unik dan menimbulkan sensasi ruang yang menarik.

Sebagai contoh, bata merah, material yang umumnya dipakai sebagai pembentuk dinding ini dapat memiliki banyak sekali kemungkinan dan variasi cara penyusunannya. Dapat dipasang seperti biasa, atau diberi jarak antara bata merahnya sehingga membentuk area dinding yang berlubang-lubang, atau dipasang dengan variasi susunan satu bata dan setengah bata, dan lain-lain.

Contoh lainnya dari material murah adalah bambu. Bambu yang biasanya hanya dianggap dan digunakan sebagai material sekunder, ternyata saat ini bambu sedang menjadi material yang digemari karena kekuatan seratnya yang dapat menggantikan baja tulangan. Lagipula dengan sistem pengawetan yang baik, bambu dapat menjadi material primer bangun rumah yang mampu bertahan puluhan tahun