Rabu, 06 Maret 2013

Rajin Bercinta Bisa Mencerdaskan OTAK

 

Bercinta tidak hanya berguna bagi kesehatan, tapi ini meningkatkan kecerdasan otak.

Tes darah pada orang yang baru jatuh cinta menunjukkan mereka mengalami peningkatan pertumbuhan saraf penting bagi kewaspadaan, kesejahteraan dan mental.

Tim ilmuwan dari Universitas Pavia, Italia melakukan pemeriksaan terhadap darah dari tiga kelompok yang berbeda, yaitu kelompok yang baru saja jatuh cinta, mereka yang sudah lama menjalin hubungan dan lajang.

Hasilnya kelompok pertama menunjukkan tingginya tingkat pertumbuhan saraf dibandingkan pasangan lama atau lajang.

Penelitian juga menyebutkan bahwa sering melakukan hubungan seks tidak hanya mengurangi stres, tetapi meningkatkan kekuatan otak.

Temuan ini dikuatkan oleh sebuah studi terpisah di Universitas Princeton di Amerika dengan melihat kesehatan mental tikus percobaan.

Tikus jantan dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama hanya diberikan kesempatan berhubungan seks sekali selama periode dua minggu, sedangkan kelompok kedua berhubungan seks hampir setiap hari selama dua minggu.

Pada akhir penelitian, para peneliti menemukan bahwa tikus yang lebih aktif secara seksual tidak hanya mengalami pertumbuhan sel saraf yang lebih, tetapi juga memiliki tingkat lebih rendah dari hormon stres dalam sistem tubuh mereka.

Seks juga melindungi sel-sel otak kita terhadap penurunan. Ini karena meningkatnya aliran darah ke otak yang meningkatkan kadar oksigen ketika bercinta.

"Scan MRI menunjukkan bahwa selama orgasme, neuron di otak lebih aktif dan menggunakan lebih banyak oksigen," jelas Barry Komisaruk, profesor psikologi di Rutgers University dan otoritas terkemuka pada seks dan neuroscience.

"Tampaknya bahwa neuron yang lebih aktif , semakin banyak oksigen yang mereka tarik diri dari darah - sehingga lebih banyak oksigen yang dipasok ke otak memberikan pasokan segar akan nutrisi," katanya seperti dikutip dari dailymail.co.uk.(*)