Sabtu, 29 September 2012

Luar Biasa, Pria ini mampu membelah Gunung

Inilah satu-satunya pria yang telah membuat sejarah, setelah ia menghabiskan lebih dari 20 tahun untuk membelah gunung dengan cara memahat menggunakan alat yang begitu sederhana. Hal yang cukup mustahil dilakukan, namun pria tersebut telah mengorbankan tenaga hampir sepanjang hidupnya untuk menciptakan akses jalan bagi masyarakat.
Hampir lima dekade lalu, seorang petani asal India bernama Dasrath Manjhi, memutuskan untuk mengakhiri kesulitan desa dengan menggorok sebuah bukit setinggi 300 kaki, guna membuat jalan pintas sejauh 1 kilometer, menghubungkan desa Atri dan Wazirganj, pinggiran kota Gaya, India.






Sejak tahun 1959, pria legendaris ini berhasil membuat jalan sepanjang 360 kaki dan lebar 30 kaki dengan hanya menggunakan palu, pahat dan sekop. Luar biasanya lagi, ia bekerja seorang diri tanpa bantuan orang lain.
Sudah bertahun-tahun penduduk desa meminta pemerintah untuk membuka akses jalan pintas. Namun, pemerintah sama sekali tak menghiraukannya. Bukit berbatu ini membuat desa daerah berada dalam isolasi, memaksa penduduknya untuk melakukan perjalanan melalui daerah berbahaya selama berjam-jam, hanya untuk mencapai tanah mereka atau kota pasar terdekat. Anak-anak harus berjalan 8 kilometer untuk mencapai sekolah, namun berkat jalan handmade Dasrath Manjhi itu, jarak telah dikurangi menjadi 3 kilometer, dan setiap hari orang-orang dari lebih dari 60 desa kini menggunakan akses jalan yang masih berbatu tersebut.
Beberapa saat sebelum menyerah pada kanker yang mengusiknya pada 2007 lalu, Manjhi sempat mengatakan, “Bukit ini telah memberi kami kesulitan dan kesedihan selama berabad-abad. Orang-orang telah meminta pemerintah berkali-kali untuk membuat jalan tepat melalui bukit, tapi mereka tidak juga memberi perhatian. Jadi aku hanya memutuskan bahwa saya akan melakukan semuanya sendiri.” (**)






sumber