Senin, 17 September 2012

Imigran Gelap Masuk Lewat Ribuan "Jalur Tikus" di Pantai Indonesia

-
Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau mencatat ada ribuan jalur tidak resmi yang digunakan para imigran gelap untuk masuk ke Indonesia. Kebanyakan dari mereka berasal dari Malaysia.

"Jalur tikus ini ada, karena luasnya wilayah Indonesia," kata Kabid Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kanwilkumham Riau, Icon Siregar di Pekanbaru, Senin (17/9/2012).

Dia mengatakan, jalur tak resmi atau yang biasa disebut jalur tikus itu berada di pelabuhan rakyat yang berjejer di perairan Riau. Menurutnya, Polair Polda Riau dan KPP sudah cukup gencar melakukan pengawasan. Namun lantaran banyaknya titik yang mencapai ribuan, membuat tidak semua terjaga.

"Sesuai pengalaman waktu saya di Dumai. Sepanjang pantai dan jalan berjejer pelabuhan rakyat, yang memang ada sejak lama," tambahnya.

Dia berharap, pemerintah pusat serius menanggapi ramainya imigran masuk ke Indonesia dengan menerjunkan perangkat yang lebih banyak.

Di kesempatan yang sama, Humas Ditjen Imigrasi mengaku telah menganggarkan atas lima speedboat. Nantinya, speedboat itu akan ditempatkan di Kepulauan Riau atau Batam.




sumber