Sabtu, 15 Juni 2013

Tips dan Cara Menyetrika Hemat dan Mudah

Para pembaca tau ga? teknik atau pun trik ternyata bukan hanya untuk pekerjaan-pekerjaan khusus atau pekerjaan yang istimewa, akan tetapi pekerjaan yang kita anggap sepele juga ternyata butuh trik-trik khusus. Seperti artikel saya kali ini yaitu trik atau teknik menyetrika yang hemat. Apalagi untuk para anak kost yang memang harus eksttra hemat dan cepat. Karena para anak-anak kost cenderung malas bila mengerjakan sesuatu terutama bagi para pria (pengalaman sendiri). Nah untuk para teman-teman yang rada malas menyetrika berikut ini saya uraikan beberapa trik agar menyetrika sedikit hemat. Berikut trik-trik ala hemat & malas:

1. Sebelum menyetrika, siapkan sebotol air minum karena setrikaan mengeluarkan hawa panas yang bisa membuat tubuh dehidrasi. Sehingga kita harus sering minum pas lg setrika.

2. Sambil manasin setrikaan, pisahkan pakaian ke dalam tiga kategori (tumpukan)

  • tumpukan yang butuh penanganan lebih hati-hati (baju kerja dll) & suhu panas setrika yang lebih tinggi
  • tumpukan pakaian rumah & yang membutuhkan suhu setrika panas yang lebih rendah
  • tumpukan pakaian yang ukuran kecil & tipis spt pakaian dalam dll

Pemisahan tumpukan baju berguna untuk penghematan & motivasi (liat no. 3)

3. Untuk menghemat juga, mulailah menyetrika tumpukan B terlebih dahulu, baru tumpukan A dan setelah semua selesai, cabut colokan listrik dan mulai menyetrika tumpukan C (hemat listrik kan?). Selain hemat, metode ini juga memberikan motivasi lebih untuk menyelesaikan tumpukan pakaian. 

Kenapa tumpukan B lebih dulu, karena seperti ajaran guru atau dosen pas kita lagi ujian, "Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu". Tumpukan B merupakan pakaian yang bisa di setrika lebih cepat (lebih ngasal ) karena baju rumahan & pakaian yang mudah rapi hanya dengan sekali setrika. setelah tumpukan B selesai & sisa 2 tumpukan, ini akan memotivasi diri "asik, satu bagian sudah selesai, sisa dikit lagi"

4. Sebelum dicolok, pastikan pengatur suhu panas setrika ada di suhu terendah karena kalau di set dipanas yang tinggi, akan mengkonsumsi listrik lebih besar. Setting suhu dari paling rendah dan pelan-pelan dinaikkan. ini akan menghemat penggunaan listrik.

5. Sambil membagi kedalam masing-masing tumpukan, pakaian dikibas-kibas/kebet-kebet untuk melepaskan sisa debu atau benang pakaian yang masih menempel setelah di cuci

6. Khusus Celana kerja apalagi warna hitam, setrikalah dari bagian dalam untuk mencegah terbentuknya noda/garis putih membekas akibat suhu panas setrika. Selain itu, pastikan resleting celana & kancing sudah terkait supaya kain celana tidak lari kemana-mana pas di setrika

7. Menyetrika merupakan kegiatan yang cukup matematis juga sepertinya. Untuk memastikan pakaian rapi dengan cepat bukan dengan menggerakan setrikaan bolak balik dengan cepat. Berikut hal yang mempengaruhi kerapian pakaian dalam waktu cepat :


  • Bentangkan pakaian dengan rapi dimulai dari ujung kanan&kiri jahitan & pastikan bagian bawah pakaian juga rapi tidak terlipat sehingga ketika bagian atas di setrika, bagian bawah tidak akan terlipat (lecek). hal ini malah akan membuat nyetrika jadi lebih lama
  • Untuk mempercepat pakaian menjadi rapi, ada 4 hal yang berpengaruh : Suhu yang digunakan (disesuaikan dengan jenis kain), lama waktu setrikaan berada disatu area, tekanan (pressure) pada setrikaan, Tarikan kain memastikan area yang dilewati setrika tidak ada yang terlipat.
  • Lama watu setrikaan berada di satu area sekitar 2-3 detik baru digeser kearea berikutnya
  • Berikan tekanan pada setrikaan diatas pakaian dengan tenaga seperti pas kita mau buka tutup botol aqua

8. Untuk pakaian kaos rumah, bentangkan kaos tersebut dengan bagian belakang menghadap keatas. pastikan kain terbentang dengan rapi sisi atas & bawah. Mulailah menyetrika bagian lengan dan area punggung. Setelah itu, lipatlah mulai dari bagian yang berdekatan dengan badan kita & setrikalah bagian depan yang menghadap keatas (karena sudah dilipat), lanjutkan dengan bagian yang jauh dari badan kita. Ini merupakan metode malas karena proses melipat & menyetrika khususnya bagian atas disatukan 

9. Penggunaan pelembut seperti Rapika sepertinya bisa digantikan dengan air dengan cara di spray ke baju, karena kebetulan rapika ane habis & belum beli yang baru, sehingga ane ganti dengan air & tetap aja bisa rapi.

10. Kalau sudah merasa bosan/malas nyetrika lagi, silahkan berhenti saja & lanjutkan lain kali, karena kalau dipakasain yang ada karena pengen cepat-cepat selesai, jadinya ngasal & tidak rapi sehingga pas mau dipakai eh mesti di setrika lagi.

11. Proses menyetrika bisa menjadi lebih mudah dimulai dari proses menjemur. Pastikan ketika menjemur, pakaian terbentang dengan rapi tanpa lipatan, sehingga pas kering, pakaian tidak terlalu lecek

12. ketika pakaian sudah kering, tapi belum sempat setrika, simpan pakaian dan dilipat dengan rapi untuk meminimalisir pakaian menjadi lebih lecek lagi.

13. kalo sudah mahir jangan seperti ini ya :D