PAGI itu Udin hendak menemui
kliennya di tempat yang sudah disepakati. Sial, Udin bangun agak telat.
Segera dia bergegas memacu mobilnya. Udin terpaksa ambil jalan pintas,
memasuki gang-gang sempit dan melalui ‘jalan-jalan tikus’ agar cepat
tiba di tujuan. Walau sempat mengabaikan beberapa rambu lalu lintas
akhirnya dia sampai juga menemui klien tepat waktu. Nah, jika saja
sekitar seabad yang lalu Karl Benz maupun Gottlieb Daimler tidak
menemukan mobil, mungkin si Udin tak akan seberuntung ini. Sudah pasti
Udin (dan juga kita!) patut berterima kasih kepada Benz, Daimler dan
beberapa orang/institusi di bawah ini yang telah menjadi pionir dalam
dunia otomotif.
1. Mobil berbahan bakar minyak pertama
Motorwagen 1885 |
Tahun 1885, Karl Benz membangun Motorwagen,
sebuah mobil bermesin empat langkah dengan bahan bakar bensin. Benz
juga merupakan penemu dari komponen mobil seperti pengapian mobil, busi,
sistem transmisi mobil, radiator air dan karburator. Walaupun pada saat
yang bersamaan Gottlieb Daimler yang berpasangan dengan Wilhelm Maybach
juga telah berhasil membuat mobil berbahan bakar bensin tapi Benz
terlebih dahulu menyelesaikan penemuan bersejarah ini dan mematenkan
mobil karyanya pada 1886.
2. Mobil produksi masal pertama
Curved Dash 1901 |
Produksi mobil secara masal pertama kali terjadi di Amerika Serikat (AS). Mobil yang diproduksi masal itu adalah Curved Dash dari perusahaan Oldsmobile.
Sebanyak 10 atau lebih mobil diproduksi dalam waktu seminggu sejak
April 1901. Di akhir tahun tersebut jumlah mobil yang diproduksi
mencapai 403 unit dan meningkat jadi 5.508 unit di tiga tahun
selanjutnya. Mobil produksi masal tersebut saat itu dibanderol 650
dolar AS per unit.
3. Sepeda motor pertama
Motor komersil pertama (kiri) dan motor Reitwagen (kanan) |
Sepeda motor pertama
dibuat pada tahun 1885, oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach, dua
pakar mesin empat langkah Jerman. Mereka menyebut kendaraan penemuannya
ini dengan nama “Reitwagen” (mobil tunggangan). Sayangnya motor ini
tidak dijual untuk umum. Tahun 1893, Henry dan Wilhelm Hildebrand
mengembangkan sepeda motor mereka bekerja sama dengan Alois Wolfmuller
dan mekaniknya, Hans Geisenhof. Sepeda motor ini adalah yang pertama
dijual untuk umum. Motor ini sudah mengusung teknologi yang sampai saat
ini masih dipakai seperti mesin silinder ganda kembar (twin cylinders)
berpendingin air, empat langkah dengan kapasitas 1.488cc. Walau bermesin
besar, ternyata tenaga kuda yang dihasilkan hanya 2,5 horse power (hp)
saja pada 240 rpm. Kecepatan maksimal yang bisa diraih adalah 30 mil/jam
atau sekitar 48 km/jam.
4. Sarana hiburan mobil pertama
Radio pertama dipasang di mobil Ford Model-T 1922. |
Saat ini sarana
hiburan yang bisa dipasang di mobil sudah bermacam-macam jenisnya. Ada
TV, pemutar music, konsol game, bahkan lemari es! Namun di masa-masa
awal sarana yang tersedia hanya terbatas. Mei 1922, pelajar George
Frost, ketua perkumpulan pecinta radio sebuah SMA di AS pada masa itu,
memasang radio transistor di mobil Ford Model-T miliknya. Inilah sarana
hiburan pertama
yang terpasang di mobil. Pada November tahun itu juga, sebuah radio
transistor dipasang di mobil limusin Daimler oleh perusahaan radio
Marconi yang menjadikannya mobil kedua di dunia yang memiliki sarana
hiburan.
5. Pelat nomor kendaraan pertama
Plat nomor kendaraan pertama kali
diperkenalkan di Perancis oleh Kepolisian Kota Paris pada 14 Agustus
1893 dalam sebuah peraturan yang berbunyi: “Setiap kendaraan bermotor
harus memasang sebuah plat besi yang mencantumkan nama dan alamat
pemilik kendaraan, serta nomor khusus. Plat besi ini dipasang di sisi
kiri mobil dan harus jelas terlihat.” Pada 30 September 1901, peraturan
bersejarah ini diterapkan di seluruh Perancis.
6. Mobil pertama yang dicuri
Model mobil Peugeot 1896 yang dicuri. |
Kasus pencurian kendaraan bermotor pertama kali terjadi di Paris, Perancis pada Juni 1896. Ketika itu, mobil Peugeot
milik Baron de Zuylen dicuri oleh montir di bengkel tempat servis
kendaraan langganannya. Karena saat itu jumlah mobil mungkin masih bisa
dihitung dengan jari, maka tak lama kemudian mobil beserta pencurinya
berhasil dibekuk.
7. Kecelakaan maut pertama
Mobil model Benz 1896 yang merenggut nyawa orang pertama kali. |
Entah sudah berapa
banyak nyawa melayang akibat kecelakaan kendaraan bermotor. Pada 17
Agustus 1896, Bridget Driscoll of Croydon sedang menyeberangi jalan di
Crystal Palace, London. Tak disangka, muncul mobil Roger-Benz
berkecepatan 6,4 km/jam yang dikendarai Arthur Edsell. Malang bagi
Briscoll, karena panik dia hanya terpaku diam di tengah jalan dan brakkk…!!! nyawa Driscoll melayang dan ini tercatat sebagai kecelakaan maut kendaraan bermotor pertama di dunia.
8. Lampu dan rambu lalu lintas pertama
- Lampu lalu lintas (traffic light)
pertama kali diperkenalkan di Inggris pada 10 Desember 1868 yang
dipasang Kepolisian Kota London di dekat gedung parlemen Inggris. Tujuan
pemasangan dimaksudkan untuk memudahkan para anggota parlemen yang akan
memasuki gedung kantornya. Lampu lalu lintas ini berbentuk serupa
lentera yang terdiri dari dua tanda warna: merah dan hijau. Sayang
penggunaan lampu lalu lintas ini tidak begitu populer dan banyak dicibir
masyarakat Inggris. Lampu tersebut adalah lampu lalu lintas
satu-satunya di Inggris sampai tahun 1872. Sejak itu, traffic light ditiadakan dan baru diperkenalkan kembali di Inggris 50 tahun kemudian.
Model rambu lalu lintas pertama yang masih digunakan hingga saat ini. |
- Rambu lalu lintas
pertama dipasang di Inggris pada Desember 1879. Rambu yang dipasang oleh
Komunitas Sepeda Inggris ini berbentuk plat besi yang dipancang di
tiang kayu ditulisi peringatan: “Kepada para pengendara sepeda: Bukit
ini berbahaya”. Tahun 1901, rambu lalu lintas khusus untuk pengendara
mobil dipasang di Gloucester, Inggris. Rambu lalu lintas pertama
berstandar internasional berbentuk plat besi segitiga dibuat di Perancis
pada 1909.
9. Balapan mobil pertama
Mobil Peugeot 3 tenaga kuda yang jadi juara balap mobil pertama di dunia. |
Tahun 1894, majalah Le Petit Journal menyelenggarakan Competition for Horeseless Carriages
(lomba kendaraan yang tidak ditarik kuda). Lomba ini adalah lomba
balapan mobil pertama di dunia. Para peserta lomba terlebih dulu
mengikuti kualifikasi awal sejauh 50 km, setelah itu dilanjutkan lomba
utama yang berjarak 127 km. Bendera start dikibarkan di kota Paris dan finish di Kota Rouen di Perancis. Para kontestan berasal dari produsen mobil yang serius seperti Peugeot, Panhard atau De Dion hingga amatiran dan hanya 25 mobil yang lolos kualifikasi. Jules-Albert de Dion menjadi yang pertama finish
di Rouen dengan catatan waktu 6 jam 48 menit dengan kecepatan rata-rata
19 km/jam. Dia finish 3 menit 30 detik di depan Georges Lemaître
(Peugeot), diikuti Doriot (Peugeot) dengan waktu lebih 16 menit 30
detik, René Panhard (Panhard) 33 menit 30 detik lebih lambat dan Émile
Levassor (Panhard) 55 menit 30 detik lebih lambat. Namun yang diakui
sebagai pemenang resmi adalah Peugeot dan Panhard yang dinilai
berdasarkan karakteristik mereka dalam kecepatan, handling dan
keselamatan.
10. SPBU pertama
SPBU pertama di dunia. |
SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Untuk Umum) pertama di dunia didirikan oleh perusahaan Automobile Gasoline Co.,
di St Louis, AS. pada 1905. Namun bentuk SPBU ini masih sederhana.
Sedangkan SPBU yang fisik bangunannya banyak diadopsi oleh SPBU zaman
sekarang (berkanopi) dioperasikan pertama kali oleh perusahaan Standard Oil of California di kota Seattle, AS pada 1907.
+ Mobil pertama di Indonesia
Orang Indonesia pertama yang tercatat
sebagai pemilik mobil adalah Pakubuwono ke X (PB X) dari Solo, pada
tahun 1894. Mobilnya bermerk Benz, tipe Carl Benz tetapi di dapurpacu.com disebut sebagai Benz Phaeton, beroda empat. Ternyata waktu itupun untuk memiliki sebuah mobil harus indent,
karena diperlukan waktu satu tahun persiapan pembuatannya. Tipe mobil
yang dipesan ini memiliki banyak variasi dan dibuat sesuai dengan
pesanan PB X. Adalah John.C.Potter seorang penjual mobil alias sales
pertama di Indonesia mendapat kepercayaan untuk mengurusi pengirimannya
dari Eropa.
Hebatnya, kehadiran ini berarti hanya
berselang delapan tahun setelah Karl Benz membuat mobilnya yang pertama,
yang diakui sebagai mobil pertama di dunia. Mobil Benz Phaeton yang
dipesan dari Eropa seharga 10.000 gulden itu menyandang mesin
1-silinder, 2,0 liter, bertenaga 5 hp, menggunakan roda kayu dan ban
mati (ban tanpa udara), serta dapat memuat delapan orang. Masuknya mobil
pertama ke Surakarta pada 1894, membuat Indonesia berada dua tahun di
depan sang penjajah Belanda, yang baru menerima mobil pertamanya di Den
Haag pada 1896. Indonesia memiliki mobil juga jauh lebih awal dari
Thailand yang menerima mobil dengan merk Benz yang pertama, pada tanggal
19 Desember 1904, mobil Benz bagi Raja Thailand Chulalongkorn (Rama V).
Mobil itu dipesan Duta Besar Thailand untuk Prancis dari
Automobile-Union Paris milik Emil Jellinek yang terletak di 39 Avenue
des Champs Elysees, Paris.
Mobil Benz phaeton milik PB X terakhir
terlihat di muka umum pada 1924, sewaktu mobil itu akan dikapalkan ke
Belanda melalui pelabuhan Semarang untuk diikutsertakan dalam pameran
mobil RAI. Tidak diketahui di mana keberadaan mobil tersebut sekarang,
tapi mobil serupa bisa ditemukan di Museum Mobil Leidschendam, Belanda
bagian selatan.
Model sepeda motor pertama yang hadir di Indonesia. |
Probolinggo, sebuah kota pesisir di Jawa Timur, ternyata merupakan tempat hadirnya sepeda motor pertama di Indonesia. Sepeda motor
telah hadir di Indonesia sejak tahun 1893 –atau 117 tahun yang lalu.
Uniknya, walaupun pada saat itu Indonesia masih dibawah pendudukan
Belanda, orang pertama yang memiliki sepeda motor di Indonesia bukanlah
orang Belanda, melainkan orang Inggris. Adalah John C. Potter yang
sehari-hari bekerja sebagai masinis pertama di Pabrik Gula Oemboel,
Probolinggo, Jawa Timur-lah yang memiliki sepeda motor pertama itu.
Dalam buku Krèta Sètan (De Duivelswagen) dikisahkan bagaimana John C. Potter memesan sendiri sepeda motor tersebut dari pabriknya Hildebrand und Wolfműller
di Muenchen, Jerman. Sepeda motor pesanan Potter itu tiba pada tahun
1893, satu tahun sebelum mobil pertama tiba di Indonesa. Dan hal
tersebutlah yang membuat Potter menjadi orang pertama di Indonesia yang
menggunakan kendaraan bermotor.
[sumber]