Sabtu, 17 November 2012

Teknik membuat tokoh animasi di film Hollywood

Pernahkah kalian terpikir bagaiamana ya kok makhluk animasi di Film-film Hollywood bisa terlihat sangat nyata?, beda sekali dengan tokoh animasi di film indonesia. Jawabanay tentu saja karena film-film Hollywood menggunakan teknik membuat film yang sangat canggih dan modern.


http://1.bp.blogspot.com/-rl07T24-Zkk/TWRgn2iuLNI/AAAAAAAACKw/CA1SVSzRg10/s1600/davy+jones.jpg

Salah satu teknik yang sering digunakan oleh film-maker Hollywood dalam membuat makhluk animasi adalah teknik filter lens flare, teknik dimana pembuat film menggunakan rekaan tokoh animasi dengan menggunakan tokoh asli namun kemudian diberi efek saturasi dan kemudian menghaluskanya, sehingga akan terbentuk tokoh animasi yang terlihat sangat nyata (saya yakin, anda sangat-sangat kurang jelas dengan penjelasan saya)

Oke, sebagai contoh, akan saya berikan contoh teknik pembuatan tokoh Davy Jones yang main di film Pirates of Caribbean. Banyak yang belum tahu, kalo sebenarnya tokoh ini ada pemeran aslinya, yaitu Bill Nighly.

Davy Jones terkenal sebagai makhluk yang mempunyai tentakel-tentakel yang terlihat menjijikan. Banyak yang mengira kalau tentakel tersebut hanya make-up, padahal keseluruhan karakter Davy Jones dibuat dengan komputer alias CGI. Tentakel-tentakel hidup yang di film nampak basah berlendir ternyata cuma poligon-poligon yang dibuat oleh tim film maker.

http://3.bp.blogspot.com/-zBUwrEff2cw/TlV8BDkbKbI/AAAAAAAAE0w/lP7ScmS-W5U/s400/1.jpg http://1.bp.blogspot.com/-kpkmcwMPtvE/TlV8Ba-8rwI/AAAAAAAAE04/ExclZ8aPf60/s1600/2.jpg

Ketika syuting, Davy Jones, Bill Nighly mengenakan jubah motion-capture. Jubah khusus ini diberi marker yang agar dapat merekam gerakan Bill Nighly ke dalam komputer. Untuk merender karakter ini, dugaan saya para kru ILM menggunakan HDR image dan ambient occlusion. Agar tentakel-tentakel tersebut nampak realisits, digunakan shader subsurface scattering.