Senin, 03 September 2012

TextGenie, Aplikasi Penerjemah Bahasa Alay



Quote:

Terkadang sangat menjengkelkan apabila menerima pesan SMS dari seseorang yang menggunakan bahasa alay. Namun, hal tersebut akan teratasi apabila pengguna handset menggunakan aplikasi tambahan bernama TextGenie ini dalam handset mereka.

Sekarang ini bahasa-bahasa alay dan bahasa singkatan memang sering digunakan oleh banyak orang. Memang tidak menyalahkan sang pengirim, kebanyakan mereka menggunakan bahasa singkatan untuk mengirimkan pesan pendek namun mencakup segala informasi dan tidak terhalang oleh batasan maksimal karakter sebuah handset.

Seperti contohnya, banyak orang akan menuliskan aq untuk sebagai kependekan dari kata aku, B4 untuk menuliskan kata before atau lainnya. Mungkin bagi sebagian orang akan langsung mengerti apa yang dimaksud oleh sang pengirim, namun bagi orang lainnya, khususnya orang tua, kata-kata singkatan tersebut akan membuat bingung dan mispersepsi.

Oleh karenanya, pengembang yang menamakan dirinya DCML membuat satu aplikasi khusus untuk Android bernama TextGenie. Aplikasi ini dikembangkan dengan mencakup 1.500 bahasa di dunia termasuk frase, bahasa slang dan akronim di dalamnya. Selain berpatokan pada sumber yang ada, penggunanya juga dapat menambahkan kata-kata sendiri di dalam databasenya.

Seperti yang dilansir dalam Ubergizmo (20/08), aplikasi ini sangat mudah digunakan dan akan terdapat notifikasi apabila sang pemilik handset mendapatkan pesan dari seseorang. Dengan mengaktifkan aplikasi ini, semua bahasa 'aneh' akan secara otomatis diterjemahkan ke dalam bahasa formal.

Sayangnya, TextGenie bukanlah aplikasi gratisan, bagi yang ingin menggunakan aplikasi ini harus membayar sebesar USD 1,16. Sekarang ini, TextGenie sudah tersedia di Google Play. 53L4M4T M3NC0B4.




sumber