Kamis, 06 September 2012

Cantik! Korea selatan Punya Jembatan dengan Air Mancur Pelangi



Ibarat manusia, Jembatan Banpo sudah tidak muda lagi. Jembatan yang rampung pada 1982 ini menghubungkan Distrik Seocho dan Yongsan di Kota Seoul. Banpo dibangun di atas Jembatan Jamsu, membuatnya seperti jembatan dua tingkat. Pada 2009, jembatan ini dipugar dan dijadikan tempat wisata yang ciamik.


img


Suguhan utamanya adalah Moonlight Rainbow Fountain. Mengutip situs resmi pariwisata Korea, Kamis (6/9/2012), ini adalah pertunjukan air mancur jembatan paling panjang yang dicatat Guiness World Record. Saat mentari mulai terbenam, 200 lampu aneka warna menyinari air mancur yang terjun langsung ke Sungai Han di bawah jembatan tersebut.

Air mancur ini mengalir dari sisi kiri dan kanan jembatan, yang panjangnya 1.140 m. Debit air yang dikeluarkan sekitar 190 ton per menit. Air mancur itu jatuh di jarak 43 meter dari jembatan. Diiringi alunan musik, air mancur pelangi ini seakan menari. Cantik!


img

Melihat air mancur pelangi dari bagian bawah jembatan



Untuk melihat langsung pertunjukan Moonlight Rainbow Fountain, wisatawan bisa mengunjungi Seoul pada bulan April-Oktober. Jam pertunjukan berbeda-beda tiap bulan, namun biasanya selalu ada pukul 12.00, 20.00, dan 21.00 waktu setempat. Moonlight Rainbow Fountain berdurasi 15 menit.

Ada beberapa opsi transportasi menuju Jembatan Banpo. Kalau Anda pilih kereta bawah tanah, naiklah Seoul Subway Line 4 dan turun di Stasiun Dongjak. Wisatawan juga bisa naik bus nomor 405 atau 8304 dan turun di Banpo Hangang Park. Anda bisa mengagumi Moonlight Rainbow Fountain dari kejauhan, atau berjalan di Jembatan Jamsu yang terletak di bawah Jembatan Banpo.



img
Air terjun pelangi di Jembatan Banpo



sumber