Rabu, 01 Agustus 2012

Fosil misterius di Jebal Barez


Fosil makhluk hidup ultra raksasa yang belum teridentifikasi jenisnya ditemukan gan di Jebal Barez, sebuah wilayah perbukitan tandus di pinggiran Iran .Sebuah fosil makhluk hidup berukuran raksasa (atau bahkan mungkin ultra) yang ditemukan di kawasan Jebal Barez ini sangatlah mengagumkan. Menurut para peneliti mungkin inilah hewan purba terbesar yang pernah eksis di dunia pada masa lalu. Ukuran kepalanya saja bisa mencapai panjang 26 meter dengan ketinggian 8 meter!!! Bayangkan betapa besarnya makhluk itu.

Diperkirakan fosil tersebut mungkin muncul akibat adanya gempa bumi yang melanda Iran pada 26 Desember 2003 lalu. Reruntuhan batuan akibat gempa bumi di Jebal Barez telah membuka fosil tersebut, yang selama berjuta-juta tahun terkubur di dalam bukit-bukit tandus berbatu.

Tim Satuan Kepurbakalaan Iran yang bertanggung jawab penuh atas penggalian sepakat mereka menegaskan bahwa ini merupakan kerangka hewan raksasa tunggal. Mungkin salah satu hewan purba berjalan melata. Ukurannya pun lebih besar daripada jenis-jenis Dinosaurus yang pernah ada sebelumnya. Tapi apakah hewan ini termasuk dalam jajaran Dinosaurus atau bukan, itulah yang belum bisa diterangkan.
Mereka tidak mau berspekulasi bahwa hewan ini merupakan salah satu jajaran species Dinosaurus. Sebab dari hasil penelitian yang telah ada, umur tulang dari makhluk tersebut berusia lebih muda dari pada era Cretaceous (Beberapa fase era-era/jaman di mana para Dinosaurus pernah eksis di bumi).
Bahkan jika seandainya mereka mau berspekulasi, mungkin hewan ini bahkan hidup pada saat manusia-manusia purba telah menapakkan kaki-kaki mereka di bumi.

Mungkin makhluk tersebut termasuk dalam jajaran hewan yang berjalan melata, dan sejenis hewan amfibi.
Setidaknya, kira-kira perlu bertahun-tahun bagi para ahli arkeologi dan paleontologi untuk mengetahui secara pasti mengenai identitas makhluk misterius tersebut. Mengenai kapan periode hidupnya, mungkin inilah pertanyaan yang harus dijawab terlebih dahulu. Karena dengan mengetahui kapan masa periode makhluk ini eksis, pengidentifikasian selanjutnya mungkin akan jauh lebih mudah dilakukan