Sabtu, 28 Juli 2012

Anak Lebih Memilih Google daripada bertanya dengan orang tua

Survei: Anak Pilih Google Ketimbang Orang TuaSebuah survei internasional menyebutkan saat ini anak-anak lebih suka memilih Google untuk mencari tahu jawaban dari pertanyaan mereka ketimbang dari orang tua mereka sendiri.


Tergelitik dengan hasil survei tersebut, sebagaimana dikutip dari Times of India, laman ini juga melakukan survei terhadap anak-anak di India. Hasilnya, cukup mengejutkan, karena sebanyak 54 persen anak-anak dalam kelompok usia 6-15 tahun, lebih memilih "Google" untuk menjawab pertanyaan mereka ketimbang dari orang tua mereka.

Tentu saja kondisi ini mencerminkan terjadinya perubahan pola sosial, psikologis dan sifat hubungan antara anak dan orang tua mereka.

Sosiolog Gaurang Jani menyalahkan kurangnya komunikasi antara anak dan orang tua. "Harusnya orang tua sadar bahwa kemudahan mengakses informasi lewat lewat internet, tidak bisa mengimbangi jawaban dan bimbingan dari orang terdekat dan keluarga yang jauh lebih baik lagi," ujarnya.

Psikolog Kamayani Mathur mengatakan perkembangan teknologi memang mempengaruhi perubahan perilaku manusia. "Di India berbicara satu dengan lainnya dan menjadi komunikasi langsung masih lebih baik. Tapi di negara-negara barat sana hal ini sudah tidak efektif," kata Kamayani.

Pendidik Nilam Boradia mengatakan di usia anak-anak yang beranjak dewasa memang makin banyak pertanyaan dan hal yang perlu didiskusikan di dalam keluarga. "Tapi pengalaman saya secara pribadi, di negara kita India, orang tua dan guru masih menjadi panutan utama bagi anak-anak," tukasnya



sumber