Senin, 15 Oktober 2012

Trik Agar Luka Tak Menimbulkan Bekas

Trik Agar Luka Tak Menimbulkan Bekas [ www.BlogApaAja.com ]

Berbagai kecelakaan baik ringan atau beratbisa menimbulkan goresan dan bekas luka di kulit. Untuk itu ketahui langkah apasaja yang perlu dilakukan untuk mencegah timbulnya bekas luka.



Tersandung trotoar, teriris pisau dapur atauterkena benda tajam lain akan menimbulkan luka, jika tidak ditangani denganbenar maka luka ini akan menimbulkan bekas di kulit yang bisa mengurangikepercayan diri seseorang.

Ahli kulit atau dermatologis memberikan tipscepat dalam merawat luka ringan dan goresan agar tidak menimbulkan bekas luka,seperti dikutip dari WebMD, yaitu:

1. Membersihkan luka dan sekitarnya





Usahakan untuk membersihkan luka dengan airdingin kemudian mensterilkan dari pecahan atau kotoran yang menempelmenggunakan pinset yang sudah disterilkan dengan alkohol.

Lalu bersihkan dengan lembut daerah sekitarluka dengan saun dan kain lap. Hindari penggunaan sabun keras, hidrogenperoksida dan yodium karena tidak baik untuk bersihkan luka dan menundapenyembuhan.

2. Usahakan untuk tetap tertutup




Menutup luka bisa membantu mencegah masuknyabakteri, kotoran dan iritasi lainnya serta menjaga kelembaban luka untukmempercepat penyembuhan. Menjaag luka tertutup dan lembab membantu mengurangimunculnya bekas luka.

3. Jangan mengorek-orek atau menggaruk lukadan koreng





Ketika terjadi luka maka sel darah putih akanmenyerang bakteri penyebab infeksi dan sel darah merah, fibrin serta plateletmembuat gumpalan di atas luka. Dalam waktu singkat akan terbentuk koreng.

Jika digaruk atau dicabut maka tidak hanyamembuka luka kembali dan memberi kesempatan bakteri untuk masuk, tapimenciptakan bekas luka yang lebih besar.

Meski begitu beberapa orang ada yang lebihrentan terhadap jaringan parut dan bagian tubuh tertentu (dada, bahu, punggung)lebih rentan terhadap luka. Bekas luka cenderung berkembang di daerah kulityang berada dibawa ketegangan atau tertarik.

Bekas luka yang terbentuk umumnya berwarnapucat dan datar. Tapi jika bekas luka yang muncul menonjol biasa disebut denganhipertrofik atau keloid bekas luka yang terjadi ketika tubuh memproduksikolegan terlalu banyak.

Namun dalam beberapa kasus, luka yang terjadi kadangbutuh bantuan medis untuk mencegah atau mengurangi jaringan parut terutamajika:

  • Perdarahan berat dan tidak berhenti setelah5-10 menit dari pemberian tekanan langsung
  • Luka yang muncul dalam atau lebih dari 0,5-1cm
  • Luka terletak di dekat mata atau di wajah
  • Lukanya kotor atau disebabkan oleh benda kotordan berkarat
  • Luka berasal dari gigitan binatang ataumanusia
  • Sangat menyakitkan atau menunjukkantanda-tanda infeksi seperti kemerahan, keluar cairan kuning atau hijau,bengkak, demam, menggigil, nyeri tubuh dan pembengkakan kelenjar getah bening.

sumber