Rabu, 17 Oktober 2012

Ritual Pernikahan Unik, Pengantin Tidak Boleh Buang Air Selama 3 Hari

Ritual Pernikahan Unik, Pengantin Tidak Boleh Buang Air Selama 3 Hari [ www.BlogApaAja.com ]

Tradisi pernikahan di Tidong, Malaysia cukupunik dan menyentuh perasaan. Salah satu bagian yang adalah saat pengantin priatidak boleh melihat calon pengantinnya hingga ia menyanyikan beberapa lagucinta saat pesta pernikahan dimulai.



Saat tirai yang memisahkan kedua calonpengantin tersebut dibuka dan alat musik mulai berbunyi, mereka baru bisamelihat satu sama lain. Namun di balik segala prosesi yang terkesan manis ini,ternyata ada pula beberapa pengorbanan yang harus dilakukan oleh kedua calonpengantin.

Selama masa pertunangan berlangsung, calonpengantin wanita tidak diperkenankan keluar rumah, dan calon pengantin priayang datang terlambat menghadiri acara harus membayar denda dengan perhiasan.Hal ini belum seberapa, karena masih ada hal aneh lainnya yang harus dilakukan.

Ternyata kedua mempelai tidak boleh buang airapapun bentuknya selama 3 hari pasca pesta pernikahan. Tidak boleh keluar rumahdan menahan buang air besar dan kecil selama 3 hari rasanya terdengar sepertihukuman, bukan?

Hal ini sudah menjadi tradisi dan dianggapoleh suku Tidong yang kini menetap di kota Sandakan, Sabah, Malaysia. Jikatradisi ini tidak dilakukan, dipercaya rumah tangga dari pengantin barutersebut tidak awet dan jika sudah punya anak kelak, si anak tidak berumurpanjang.

Mereka berduapun diawasi oleh warga setempatselama prosesi 3 hari ini, dan hanya diperbolehkan makan dan minum dalam jumlahsangat sedikit. Setelah tiga hari berlalu, mereka bisa kembali menjalankanhidup secara normal.




sumber