Rabu, 17 Oktober 2012

Ini Yang Bikin Orang Gemuk Gampang Ngorok

Ini Yang Bikin Orang Gemuk Gampang Ngorok [ www.BlogApaAja.com ]




Mengorok
saat sedangtidur bisa dialami oleh siapa saja. Tapi umumnya orang yang bertubuh gemuklebih rentan mengalami ngorok atau mendengkur ketika tidur. Kenapa bisabegitu?



Ada banyak penyebab orang mendengkur saat tidur, bisa akibat masalahsepele tapi kadang juga menjadi indikasi masalah kesehatan yang serius. Diperkirakanhampir setengah dari orang dewasa mendengkur.

Mendengkur atau ngorok
ini disebabkanoleh bagian tenggorokan yang menyempit dan udara yang akan lewat atau masukberlebihan, seperti dikutip dari Mayoclinic.

Salah satu penyebab paling sering orang mengorok adalah akibat obesitasdan kegemukan. Pada orang gemuk jaringan yang berlebihan bisa menyempitkanbagian tenggorokan sehingga ngorok lebih mungkin terjadi.

Selain itu orang gemuk cenderung memiliki lemak tubuh yangterlalu banyak, dan beberapa lemak ini terkumpul di bagian tubuh tertentuseperti di leher dan juga daerah tenggorokan.

Lemak yang ada di leher dan tenggorokan akan menyempitkan saluranudara sehingga sulit untuk mengatur napas. Ketika seseorang berbaring,posisi tubuhnya akan makin mempersempit saluran udara, sehingga mendengkur jadibagian dari tubuh karena berusaha mengambil oksigen.

Serta peningkatan lemak juga mempengaruhi jaringan otot yang baikmenjadi kehilangan massa otot dan jaringan di tenggorokan menjadi kendursehingga lebih mudah untuk mendengkur.

Jika murni akibat kegemukan biasanya dengan menurunkan berat badanseringkali bisa memperbaiki masalah. Tapi jika obesitas sudah dikombinasikandengan penyebab lain, maka diperlukan penanganan lebih lanjut.

Terkadang orang yang mendengkur juga bisa menderita sleep apneayang mengacu pada terganggunya pernapasan selama 10 detik atau lebih. Sleepapnea bisa terjadi beberapa kali dalam waktu semalam serta mengganggu kualitastidur normal.

Beberapa hal bisa menjadi petunjuk bahwa mendengkur yang dialami lebihdari sekedar gangguan tidur biasa yaitu merasa mengantuk sepanjang siang hari,sering buang air kecil ketika malam hari atau sakit kepala saat pagi hari.




sumber