Rabu, 17 Oktober 2012

Heboh Ikan Oarfish (Ikan Langka) Muncul Di laut Meksiko


Ini sepertinya sesuatu yang keluar dari mitos laut dalam. Seekor oarfish, makhluk raksasa dari laut yang jarang sekali keluar tiba-tiba muncul dan terdampar di pantai.

Oarfish adalah ikan raksasa yang diketahui hidup di dasar samudra, pada pekan lalu, Jumat 12 Oktober 2012, terdampar dalam keadaan mati di dekat Hacienda Beach di Cabo San Lucas, Meksiko

Oarfish yang juga dikenal sebagai ikan pita, adalah ikan bertulang terpanjang di laut. Ciri-cirinya, tubuh perak mengkilap dan sirip punggung merah atau oranye.

Salah satu yang muncul pada Jumat itu diperkirakan memiliki panjang sekitar 20 kaki (6 meter) dan menarik kerumunan orang di pantai gtersebut.

Karena ukurannya, banyak yang percaya bahwa cerita rakyat tentang ular laut raksasa dan cerita dari makhluk laut mitologi seperti Rakasa Loch Ness berasal dengan oarfish tersebut.

Pisces Fleet blog Fishing Sport melaporkan bahwa beberapa penduduk setempat melompat untuk membantu ikan itu menjauh dari pantai, tapi ikan itu terus sempoyongan kembali ke pasir.

Blog itu mengatakan bahwa dengan cepat pengawas pantai mengambil ikan itu keluar dari air, dan membuangnya kembali ke laut sekitar dua kilometer sebelum para ilmuwan bisa sampai di sana untuk mengambil sampel.

Oarfish yang biasanya berada di kedalaman sekitar 3.000 meter di bawah permukaan. Ikan itu muncul ke permukaan laut jika mereka sakit atau terluka.

Oarfish dapat tumbuh hingga 50 meter panjangnya, tetapi tidak berbahaya, karena mereka tidak memiliki gigi.

Ikan itu pernah dilihat beberapa kali oleh segelintir manusia. Video yang dikenal pertama dari oarfish hidup direkam oleh penyelam di Bahama pada tahun 2001.