Sabtu, 01 September 2012

Google Map Indonesia Versi Lokal


Layanan perpetaan Google saat ini mungkin sangat lengkap. Namun Indonesia pun tak mau kalah untuk pula menghadirkan layanan serupa versi lokalnya. Badan Informasi Geospasial lah yang menghadirkannya.

Badan Informasi Geospasial yang dulunya bernama Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) kini menghadirkan layanan perpetaan geospasial menyerupai Google, melalui situs bernama Tanah Air.

"Kami dari Kemenristek saat mendukung situs ini karena Tanah Air juga mendukung daya saing industri lokal, mendukung ketahanan hankam pangan dan lain-lain, serta memperkuat layanan pemerintah ke publik," ujar Sekertaris Menristek Dr Mulyanto, di acara talkshow Geospasial, yang merupakan salah satu rangkaian acara perayaan Hakteknas ke-17, di Sabuga, Bandung.

Situs Ina-Geoportal Badan Informasi Geospasial (BIG) menyediakan peta dasar meliputi jalan, gunung, ketinggian daratan, batas wilayah, garis pantai dan sebagainya. Situs dengan nama domain Tanah Air ini pun baru akan diluncurkan secara resmi pada tahun 2013 nanti.

Di keterangan resminya pun dijelaskan bahwa situs situs Ina Geoportal akan membantu dalam mencapai good-governance di Indonesia, mendukung efisiensi administrasi, dan juga mencegah duplikasi data, dan yang terpenting agar data geospasial Indonesia menjadi lebih mudah untuk didapatkan.

Lalu ditambahkan pula bahwa situs Ina Geoportal akan membantu penataan ruang, pengelolaan ruang, pengelolaan SDA, mitigasi bencana, dan masih banyak lagi.

Tertarik untuk melihat situs Ina Geoportal (Tanah Air)? Klik ke sini.