Sabtu, 01 September 2012

Tes Dominasi OTAK Kiri dan OTAK Kanan

Setiap manusia memiliki dominasi otak. Entah itu otak kiri atau otak kanan yang lebih mendominasi. Yang menarik adalah setiap dominasi otak memiliki pengaruh yang besar dalam karakter, perilaku, menarik kesimpulan, sampai membuat keputusan. Dalam garis besar orang yang didominasi otak kiri akan bersikap verbal, logis, linear, konkrit,
terorientasi dengan waktu. Sedangkan orang dengan dominasi otak kanan akan visual, intuitif, abstrak, global, terorientasi pada ide utama.
Bagaimana dengan anda? Otak manakah yang lebih mendominasi anda? Coba kita tes dengan kuesioner dibawah ini. Caranya mudah. Cukup jawab atau baca pernyataannya. Lalu lingkari jawaban yang menurut anda benar-benar mewakili anda.
1. Bagaimana cara anda membuat keputusan
a. Secara logis
b. Secara intuitif/perasaan
2. Yang mana yang lebih mudah diingat
a. Nama
b. Wajah
3. Ketika seseorang berbicara mana yang lebih anda perhatikan
a. Apa yang mereka katakan
b. Bahasa tubuh dan gerak-gerik mereka
4. Apakah anda sadar berapa jam waktu yang terlewat dan jam berapa sekarang
a. Ya
b. Tidak
5. Ketika mendengarkan musik, yang mana yang lebih mudah anda hafalkan
a. Lirik
b. Nada
6. Apakah anda seorang pengingat yang baik
a. Ya
b. Tidak
7. Saya tidak menyukai soal pilihan ganda
a. Ya
b. Tidak
8. Ketika harus mempelajari sebuah mata pelajaran atau bekerja maka saya akan
a. Duduk dan mengerjakannya sampai selesai
b. Mencari topik lain dan mengerjakannya secara acak
9. Mana yang lebih anda suka
a. Sesuatu yang detail dan spesifik tentang cara kerja sesuatu
b. Gambar yang besar, konsep dan teori
10. Saya sering bertanya tentang fakta apa yang harus saya ketahui
a. Ya
b. Tidak
11. Saya bisa mengerjakan banyak hal sekaligus
a. Tidak
b. Ya
12. Bagaimana cara anda mempersiapkan ujian
a. Dengan rencana belajar yang jelas dan terorganisir
b. Dengan belajar mata pelajaran secara acak dengan waktu yang berbeda-beda
13. Ketika membuat sesuatu, saya suka
a. Mengikuti instruksi dan cara yang telah tersedia
b. Membual model tersebut sesuai dengan keinginan dan kreasi saya
14. Saya tidak suka sesuatu yang dianggap umum
a. Ya
b. Tidak
15. Saya selalu memberikan jawaban langsung
a. Ya
b. Tidak
16. Ketika menulis laporan, maka saya akan
a. Mencari dan meneliti fakta-fakta, membuat panduan, dan menulisnya secara terorganisir
b. Membuat laporan tersebut sesui dengan yang saya ingingkan
17. Saya suka rutinitas
a. Ya
b. Tidak
18. Saya bisa melihat banyak alternatif dalam memecahkan sebuah permasalahan
a. Ya
b. Tidak
19. Saya tidak suka bekerja dalam kelompok
a. Ya
b. Tidak
20. Saya tidak suka jika tidak mengetahui tujuan atau arti jika mengerjakan sesuatu
a. Tidak
b. Ya
21. Saya bisa menerima berbagai macam orang
a. Tidak
b. Ya
22. Saya tidak suka jika opini disampaikan sebagai fakta
a. Ya
b. Tidak
23. Saya suka sesuatu tentang grafik, peta, garis waktu, yang menggunakan warna dan gambar
a. Tidak
b. Ya
24. Saya verbal, logis, konkrit, dan berorientasi pada waktu
a. Ya
b. Tidak
25. Saya visual, mengandalkan intuisi atau perasaan, abstrak dan berorientasi pada ide utama
a. Tidak
b. Ya
26. Saya suka bekerja dengan sesuatu yang bisa dirasakan atau disentuh
a. Ya
b. Tidak
27. Saya menyukai seni
a. Tidak
b. Ya
28. Saya kreatif
a. Tidak
b. Ya
29. Ruangan dan rumah saya akan seperti
a. Semua terorganisir dan tersusun rapi, dan saya berusaha agar semua tampak terlihat rapi
b. Saya suka semua tampak seperti aslinya, dan saya akan merapikannya jika saya ingin dan memiliki waktu
30. Saya bisa melihat detail
a. Ya
b. Tidak
31. Saya suka tampak berbeda dengan orang lain
a. Tidak
b. Ya
32. Saya bisa mengendalikan keadaan dengan mudah
a. Tidak
b. Ya
33. Saya suka berpikiran abstrak
a. Tidak
b. Ya
34. Saya tidak bisa mengerjakan karya seni (semua jenis seni)
a. Ya
b. Tidak
35. Pertanyaan yang sering saya tanyakan adalah
a. “Bagaimana seharusnya ini dikerjakan?” dan “Fakta apa yang harus saya ketahui?”
b. “Seberapa penting ini harus dikerjakan?” dan “Apa tujuan ini dikerjakan?”
Hitung jawaban anda :
Jika lebih banyak jawaban A, maka anda didominasi otak kiri. Semakin banyak jawaban A, maka semakin dominan otak kiri anda. Begitu juga sebaliknya. Semakin jawab jawaban B, maka semakin dominan otak kanan anda. Jika jumlahnya seimbang, maka dominasi otak anda seimbang antara otak kiri dan otak kanan.