Jumat, 31 Agustus 2012

Nimrod, Ikan Berhidung Mancung Yang Mirip Tokoh Petruk

Seekor ikan menjadi pusat perhatian di Sealife Center di Weymouht, Dorset. Hal ini tidak lepas dari bentuk hidungnya yang mancung mirip manusia. Bahkan jika dilihat dari samping, seluruh wajahnya bisa dibilang hampir sama dengan wajah manusia.

Ikan aneh ini diberinama 'unicorn fish' atau juga 'Nimrod'. Menurut supervisor Sealife Center, Matthew Fuller, tonjolan berbentuk hidung yang ada pada ikan tersebut sebetulnya merupakan tanduk yang bisa muncul di tempat yang berbeda di setiap jenis hewan lainnya.

Selain tanduk yang menyerupai hidung, ikan ini juga memiliki keistimewaan lainnya, yakni kemampuan mengubah warna kulitnya.

"Tidak ada yang tahu mengapa mereka bisa memiliki tanduk di depan kepala mereka. Tanduk ini tidak digunakan sebagai senjata atau untuk berenang. Jadi mungkin itu dipakai untuk menarik lawan jenis," ujar Matthew Fuller seperti yang dikutip Daily Mail.

"Mereka biasanya berukuran sangat kecil saat lahir, tapi sekarang Nimrod panjangnya 7 inci dan tanduknya 2 inci," lanjutnya.


Jika disamakan, ikan ini mirip dengan Petruk.


Ukuran tanduk yang dimiliki oleh ikan Nimrod bisa berbeda-beda.

Lebih jauh lagi, Fuller mengatakan bahwa meski bisa berubah warna namun Nimrod lebih sering berwarna abu-abu. Ia akan berwarna semakin gelap saat merasa diserang atau terjadi perubahan di lingkungannya, misal saat air perlu diganti.

Makanya kini tim peneliti menggunakan kemampuan ikan tersebut untuk memantau kualitas air akuariumnya.

Menurut laman Wiki, ikan unicorn fish biasanya hanya ditemukan di laut India dan Pasifik. Ketika tumbuh, tubuh mereka bisa membesar hingga sepanjang 25 inchi dan hanya memakan ganggang dan plankton.

Jika melihat kemancungan hidungnya, ikan ini tentu mengingatkan kita pada tokoh lucu Petruk, setuju?