Jumat, 31 Agustus 2012

Cara Merawat Ikan Mas Koki Agar Cepat Besar


Ikan mas koki merupakan ikan hias air tawar yang populer di tengah masyarakat. Sebagai hobi ataupun sebagai sebuah usaha keduanya perlu dilakukan secara serius dengan perawatan yang baik.

Sebagai ikan hias, ikan mas koki berkualitas baik harus dipelihara dalam lingkungan yang baik dan makanan yang mengandung nutrisi cukup.

Nutrisi makanan baik akan mendukung warna, kesehatan dan kualitas anakan yang baik. Dengan perawatan baik dan serius beberapa pehobi mampu mendulang 'emas' dari usaha ikan mas koki.

Tak hanya itu, kita juga harus mengetahui cara perawatan ikan mas koki yang baik dan benar. Selain harus memperhatikan ukuran dan tingkat kepadatan akuarium, volume dan mutu air, anda juga tidak bisa mengabaikan suhu, tingkat keasaman dan kandungan lumut dalam akuarium, serta penempatan akuarium dan penyinaran akuarium.

Agar kondisi ikan mas koki sehat dan terjaga. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

Suhu

Ikan mas koki adalah makhluk air yang suhu tubuhnya bisa berubah-ubah, menyesuaikan dengan lingkungan tempat tinggalnya (poikilotermik) atau biasa disebut dengan makhluk berdarah dingin, sama seperti hewan reptilia. Meskipun demikian ikan mas koki tidak dapat hidup dengan sehat pada suhu air yang berubah-ubah secara drastis.

Tingkat keasaman di dalam akuarium
Berdasarkan pengalaman dan pengamatan para pembiak ikan mas koki, tingkat keasaman yang dibutuhkan oleh ikan mas koki adalah pH normal, dan biasanya pH normal tersebut dilambangkan dengan pH 7.

Bersihkan kandungan lumut di dalam akuarium
Lumut termasuk sejenis gulma yang kehadirannya diharamkan di akuarium, karena merusak pemandangan, penampilan ikan menjadi kurang jelas. Adanya lumut yang berlebihan juga menganggu pernafasan ikan, karena bisa tersedot kedalam insang. So, anda harus rajin membersihkan lumut dalam akuarium.

Penempatan dan penyinaran akuarium

Penempatan akuarium di rumah tidak bisa di sembarang tempat. Ada ketentuan yang harus dipatuhi agar fungsi dan keindahan akuarium tetap terjaga dan juga mudah dalam perawatannya. Akuarium pada umumnya ditaruh dalam ruang keluarga, ruang santai, dan ruang tamu yang memiliki cahaya yang cukup.




sumber