Rabu, 10 Oktober 2012

Pasukan Terjun Payung Austria Pecahkan Rekor Terjun Bebas dari Ketinggian 36 Km


Felix Baumgartner, pilot helikopter dan mantan anggota Pasukan Terjun Payung Austria, berencana mencetak rekor dunia untuk tiga kategori sekaligus. Selain berambisi mencetak rekor manusia pertama yang menembus dinding suara secara langsung tanpa bantuan kendaraan apapun, juga rekor kecepatan tertinggi terjun bebas, dan rekor titik terjun tertinggi.

Pencetakan tiga rekor itu akan dilakukan Felix dalam misinya terjun bebas  bebas dari ketinggian 37 kilometer dari atas permukaan laut.  Lokasi penerjunan di gurun dekat kota Roswell, negara bagian New Mexico, Amerika Serikat. Sedianya aksi Felix ini dilangsungkan Selasa kemarin. Namun ditunda karena cuaca tak mendukung untuk penerjunan.

Aksi ekstrem felix akan diawali dengan naik balon udara hingga ketinggan hampir 37 kilometer. Setelah mencapai ketinggian itu, Felix baru akan terjun bebas ke tanah dengan kecepatan melebihi kecepatan suara.

Balon udara yang akan membawa Felix ini terbuat dari plastik khusus yang sangat tipis, yaitu setebal 0,002 centimeter. Balon ini dirancang hanya mampu menahan terjangan angin berkecepatan maksimum 9,7 kilometer perjam. Balon berukuran volume 850 ribu meter kubik itu diisi gas helium, dan akan menarik semacam kapsul ruang angkasa, di mana Felix akan duduk di dalamnya selama 3 jam menuju lapisan stratosfer.

Felix akan terjun bebas selama kurang-lebih 5 menit sebelum membuka parasutnya di ketinggian 2,896 meter di atas permukaan laut.(DSY)



sumber