Rabu, 10 Oktober 2012

Uakari Si Monyet Bermuka Merah


Monyet aneh ini adalah salah satu monyet dunia baru dan ditemukan di Amazon barat Peru dan Brasil. Ia memiliki ekor pendek dan bulu panjang keemasan, namun fitur yang paling menakjubkan adalah kepalanya, yang tidak hanya merah botak tapi terang. Mewarnai merah bukan pigmen seperti yang terlihat pada babon tetapi sebenarnya kurangnya pigmen. Uakari mempunyai sedikit lemak di bawah kulit dan begitu penuh darah kapiler yang menunjukkan hingga membuatnya berwajah merah.
Pewarnaan ini juga berguna selama musim kawin pada saat itu adalah tanda kesehatan bagi mereka yang mencari pasangan. Semua perjalanan Uakaris dalam kelompok keluarga yang bertubuh kecil antara 5 sampai 50 anggota, tetapi sudah ada kelompok sama besar dengan 100 di habitat hutan dekat dengan air.Omnivora, mereka akan memakan serangga tetapi memilih untuk tetap pada buah, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Meskipun Uakari terdaftar sebagai hewan rentan, ini sebenarnya status yang lebih baik daripada yang pada tahun 1994 ketika mereka terdaftar sebagai hewan yang terancam punah. perusakan habitat merupakan masalah besar karena penebangan serta berburu.




sumber