Selasa, 16 Oktober 2012

Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Cengkih Bagi Kesehatan Tubuh [ www.BlogApaAja.com ] 
CENGKIH merupakan jenis rempah yang jamak ditemukan pada beragam masakan. Tidak heran jika rempah yang satu ini menjadi bahan rebutan pada masa penjajahan. Bukan hanya mengeluarkan aroma yang khas, tamaman dengan nama latin Syzygium

aromaticum ini juga memiliki manfaat beragam bagi kesehatan. Berikut di antaranya.

1. Sakit gigi:

Selain mengurangi rasa sakit pada gigi dan gusi, cengkih juga bisa mengurangi infeksi karena sifat antiseptik. Selain itu, minyak cengkih juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit pada gigi berlubang. Rebus segelas air, kemudian tambahkan beberapa butir cengkih. Setelah ramuan tersebut dingin, berkumurlah secara perlahan.

2. Gangguan pencernaan:

cengkih membantu sistem kerja aliran enzimatik dan meningkatkan fungsi pencernaan. Mereka digunakan dalam berbagai bentuk iritabilitas lambung dan dispepsia.

3. Obat Muntah :

Mengonsumsi bubuk cengkih goreng dicampur dengan madu dapat secara efektif mengendalikan muntah. Tindakan anestesi cengkih membantu dalam menangani nyeri perut dan juga menghentikan muntah.

4. Batuk:

gejala batuk berdahak juga bisa ditangani dengan mengonsumsi cengkih. Anda bisa mencoba resep berikut. Ambil beberapa butir cengkih dan sejumput garam dapur. Kemudian kunyahlah keduanya secara bersamaan. Resep tersebut dapat memudahkan Anda untuk mengeluarkan dahak dan juga mengurangi iritasi pada tenggorokan. Resep lainnya, Anda bisa mencoba mengunyah beberapa butir cengkih yang dibakar sebelumnya.

5.Stress :

Jika Anda merasa stres, didihkan air dengan daun kemangi, daun mint dan cengkih. Kemudian Anda dapat menggunakan air ini untuk minum teh hitam dengan menambahkannya sedikit madu



sumber