Senin, 15 Oktober 2012

Cara Menghafal Dengan Cepat

Cara Menghafal Dengan Cepat [ www.BlogApaAja.com ]

Duh.. Gimana sih cara menghafal pelajaran supaya cepet ngerti? Saya sudah berkali-kali membaca dan mencoba mengerti tapi kok gak hafal-hafal ya?

Mungkin diantara kalian pernah mengalami hal diatas. Tau tidak? Cara kerja memori otak kita adalah dengan cara menyimpan tiap-tiap memori ditempat masing-masing yang satu dengan lainnya saling dihubungkan. Jadi jika ketika kita membaca atau mencoba memahami sesuatu, otak kita sebenarnya sudah menyimpannya hanya saja tinggal bagaimana mencari dan mengolahnya.

Roger Wolcott Sperry adalah seorang neuropsikolog yang menemukan bahwa akal manusia terdiri atas 2 bagian. Ia menemukan bahwa otak terbagi menjadi 2 bagian sisi yaitu sisi kiri dan sisi kanan.

Otak sisi kiri lebih cenderung memiliki kemampuan analisis, logis, urutan, objektif dan rasional. Dengan kata lain, otak kiri lebih dominan berhubungan dengan angka, kata-kata dan simbol.

Otak sisi kanan lebih cenderung memiliki kemampunya intuitif, subjektif, holistik (secara menyeluruh) dan sintesis. Dengan kata lain otak kanan inilah yang membantu seseorang cenderung lebih kreatif ketimbang orang yang dominan memiliki kemampuan otak kiri.

Berdasarkan sifat, otak kiri cenderung bersifat short term memory (ingatan jangka pendek) dan otak kanan bersifat long term memory (ingatan jangka panjang)

Teknik Menghapal Cepat :

1. Memory Sport

Otak manusia sama seperti otot. Apabila tidak berolahraga, maka otot akan semakin lemah. Tapi jika semakin giat diolahragakan, maka otot akan semakin kuat. Begitu juga halnya dengan otak. Otak akan semakin lemah bila tidak "diolahragakan" dan akan semakin kuat bila "diolahragakan". Maka untuk itu kita perlu "mengolahragakan" otak kita.


Salah satu cara untuk mengolahragakan otak kita adalah dengan cara memory sport. Salah satu cara yang paling gampang adalah sering-seringlah mengisi teka teki. Secara tidak langsung otak anda akan berlatih mengingat dan mengolah kata-kata


2. Relation Sistem


Merupakan salah satu teknik untuk mengingat informasi dengan cara menghubungkan informasi yang satu dengan lainnya secara aksi. Relation sistem ini seringkali dipakai untuk menghapal suatu kalimat yang berpasangan seperti vocabulary, nama negara dan ibu kotanya, nama sungai dan provinsinya, dan lainnya.

Contoh:

Kucing menabrak ember

Doni makan rujak

Menabrak dan makan adalah relation sistem aksi. Aksi tersebut adalah sebagai kalimat utama pemicu untuk menarik dan memperjelas informasi yang ada didepannya sehingga informasi yang ada didepannya tidak lupa.

3. Story Sistem

Adalah teknik untuk dapat mengingat sebuah informasi dengan cara menghubungkan informasi yang satu dengan lainnya menjadi sebuah cerita

Contoh:

Terdapat beberapa kata yaitu burung - baju - awan - coca cola - gunung - kelinci - pistol - buaya - pohon - kawah

Cara menghafal dengan story sistem ini adalah dengan membayangkannya :

Burung memakai baju, terbang ke awan minum coca cola, terbang lagi ke gunung dan bertemu kelinci yang membawa pistol untuk menembak buaya yang tidur dibawah pohon di dekat kawah.

4. Memonic

Adalah cara menghapal yang bersifat abstrak. Yaitu dengan cara mengubah kata abstrak menjadi benda nyata yang bisa dibayangkan.

Mnemonic dibagi menjadi 2 tipe sistem, yaitu:

1. Sistem gambaran.

Teknik menghapal informasi yang abstrak dengan cara menggambarkan kata abstrak tersebut menjadi sesuatu yang nyata.

Contoh:

Gembira dapat digantikan dengan menggambarkan orang yang sedang bergembira.

Yogyakarta dapat digambarkan dengan Borobudur.

Jakarta dapat mudah diingat dengan digambarkan menjadi monas.

2. Sistem persamaan bunyi.

Teknik menghapal informasi berdasarkan bentuk persamaan bunyinya.

Contoh :

Singapura dapat lebih mudah diingat dengan mengingat kata singa

Irak dapat lebih mudah diingat dengan kata rak



sumber