Senin, 15 Oktober 2012

10 Bekas Bom Angkasa Di Bumi

10 Bekas Bom Angkasa Di Bumi [ www.BlogApaAja.com ]

Coba agan bayangkan bayangkan, ketika agan menatap ke angkasa dan melihat ada sebuah titik kuning kecil, yang lambat laun mulai mendekat. Titik itu berubah ukuran menjadi 2 kali lebih besar setiap detiknya, sampai kemudian dengan perlahan mulai menutup langit menjadi gelap. Kemudian kau menyadari kalau titik kecil itu ternyata berukuran sebesar jakarta dan menembus atmosfer dengan kecepatan yang melebihi kecepatan suara dan menuju ke arah agan .


disini ane menceritakan tentang 10 kawah meteor terbesar didunia gan cekidot


Spoiler for #10:

Kawah Barringer, Arizona, Amerika


ekitar 49.000 tahun yang lalu sebuah nickel-iron meteorite dengan ukuran panjang sekitar 45,72 meter, dengan berat sekitar beberapa ratus ribu ton (diperkirakan 300.000) dan menjelajah dengan kecepatan 40.000 mil/jam, menghantam bumi. Hasil dari hantaman itu terdapat di 55 kilometer sebelah timur dari Flagstaff, Arizona, dan dinamai kawah Barringer. Kawah tabrakan yang masih terawat dengan baik.

Ukurannya membentang sejauh 1,2 kilometer, dalamnya sedalam 175 meter dan memiliki pinggiran yang terangkat setinggi 45 meter lebih tinggi dari dataran disekitar lokasi tabrakan. Ditemukan pada tahun 1902, Diberikan nama kawah Barringer mengikuti nama Daniel Barringer, seorang ahli penambang sukses. Saat ini lokasi tersebut masih dimiliki oleh keluarganya dan juga dikenal dengan nama Meteor Crater, Coon Butte, dan Canyon Diablo.


10 Bekas Bom Angkasa Di Bumi [ www.BlogApaAja.com ]


Spoiler for #9:

Bosumtwi, Ghana


Sekitar 30 km sebelah tenggara Kumasi, Ghana, terdapat danau Bosumtwi (satu-satunya danau alam negara Ghana). Tabrakan dari meteorit sekitar 1,3 juta tahun yang lalu membuat lubang terbuka di tanah dengan diameter sepanjang 10,5 kilometer. Kawah tersebut lambat laun terisi dengan air dan menjadi danau seperti foto di atas. Dikelilingi dengan hutan hujan yang lebat, orang Ashanti (suku setempat.red) memperlakukan danau itu sebagai tempat keramat. Mereka beranggapan kalau tempat itu adalah tempat para arwah bertemu dengan dewa Twi.


Spoiler for #8:

Deep Bay Canada


Terletak di Saskatchewan, Canada, Deep Bay memiliki kawah selebar 13 kilometer, terbentuk sekitar 100 juta tahun lalu (ada yang mengatakan 140 juta tahun), ketika sebuah meteor menghantam area itu.


10 Bekas Bom Angkasa Di Bumi [ www.BlogApaAja.com ]


Spoiler for #7:

Aorounga impact crater, Chad


Kawah Aorounga terbentuk sekitar 200 - 300 juta tahun lalu terletak di gurun sahara, ketika sebuah komet atau asteroid yang berdiameter sepanjang 1,6 kilometer menghantam kulit bumi. Tabrakan seperti itu terjadi diperkirakan 1 kali dalam setiap jutaan tahun.

Kawah Aorounga terbentang sekitar 17 kilometer dan ditemani oleh 2 lingkaran yang terungkap oleh radar peswat ulang alik SIR-C, setelah mengambilan foto area itu sekitar 36 kilometer cakupannya. Jika asumsi dan hipotesis bahwa bagian yang gelap pada bagian sudut kanan atas adalah kemungkinan kawah tabrakan kedua, maka Aorounga mungkin merupakan bagian dari tabrakan berantai dari meteor.


10 Bekas Bom Angkasa Di Bumi [ www.BlogApaAja.com ]


Spoiler for #6:

Gosses Bluff, Australia


Sekitar 142 juta tahun yang lalu, sebuah asteroid atau komet (berdiameter 22 km) menghantan dengan kecepatan 40 km/detik di bagian selatan Northern Territory, dekat dari bagian tengah Australia, dan melepaskan energi yang begitu dahsyat yang sama dengan ledakan dari 22.000 megaton TNT. Inilah mengapa Gosses Bluff menjadi salah satu struktur tabrakan yang signifikan di bumi. Dimensinya juga mencengangkan, karena berdiameter 24 kilometer dan memiliki kedalaman sampai 5000 meter.

10 Bekas Bom Angkasa Di Bumi [ www.BlogApaAja.com ]



Spoiler for #5:

Danau Mistastin, Canada


Terletak di Labrador, Canado, Kawah Mistastin adalah hasil tabrakan meteor, yang mengakibatkan terciptanya sebuah lubang raksasa sebesar 28 kilometer di tanah, pada 38 juta tahun yang lalu.

10 Bekas Bom Angkasa Di Bumi [ www.BlogApaAja.com ]



Spoiler for #4:

Danau Clearwater, Canada


Dua danau kawah yang berbentuk linkaran yang berada di Canadian Shield di Quebec terbentuk secara simultan karena tabrakan dari pasangan asteroid yang menghantam bumi sekitar 290 juta tahun yang lalu. Kawah terbesar dari 2 kawah itu adalah danau Clearwater sebelah barat dengan diameter 32 kilometer, sedangkan yang kedua, danau Clearwater sebelah timur berdiameter 22 kilometer.


10 Bekas Bom Angkasa Di Bumi [ www.BlogApaAja.com ]


Spoiler for #3:

Kara-Kul, Tajikistan


Berada di ketinggian 3.900 meter di atas permukaan laut, terdapat Kara-Kul, juga dikenal dengan nama Qarokul, sebuah danau dengan lebar 25 kilometer di pegunungan Pamir di Tajikistan, dekat dengan perbatasan dengan China. Kara-kul tercipta karena hantaman meteor sekitar 5 juta tahun lalu, dan baru diketemukan melalui pencitraan satelit.


10 Bekas Bom Angkasa Di Bumi [ www.BlogApaAja.com ]


Spoiler for #2:

Manicouagan, Canada


Waduk Manicouagan atau danau Manicouagan kuga dikenal sebagai "eye of Quebec," adalah danau yang berbentuk cincin yang berada di tengar-tengah Quebec, Canada, yang terletak bersama puing-puing kuno. Sekitar 212 juta tahun yang lalu, asteroid selebar 5 kilometer menghantam bumi, dan mengakibatkan lubang raksasa selebar 100 kilometer.


10 Bekas Bom Angkasa Di Bumi [ www.BlogApaAja.com ]sumber