1.GOOGLE
Fitur Khusus Google
Pencarian Gambar (BETA)
Pencarian Gambar Google merupakan mesin pencari gambar yang paling luas
di Web, dengan lebih dari 250 juta gambar terindex dan tersedia untuk
dilihat. Untuk menggunakan pencarian gambar, kunjungi halaman pencarian
tingkat lanjut atau http://www.google.com/imghp?hl=id dan masukkan kata
dalam kotak pencarian gambar, kemudian klik tombol "Cari". Pada halaman
hasil pencarian, klik saja thmbnail untuk melihat versi yag lebih besar
dari gambar itu, juga halaman tempat gamabr itu berada. (Catatan: untuk
mengaksesnya, tampilan bahasa Anda harus disetting dalam bahasa Inggris
dalam pilihan halaaman).
Gambar-gambar yang ditengarai oleh Pencarian Gambar Google mungkin
dilindungi oleh hak cipta. Meskipun Anda dapat menentukan lokasi dan
mengakses gambar itu lewat layanan kami, Google tidak bisa menjamin Anda
untuk menggunakan gambar-gambar itu untuk tujuan apapun selain
melihatnya di web. Dengan demikian, jika Anda ingin menggunakan gambar
manapun yang Anda temukan lewat layanan ini, kami menyarankan Anda untuk
menghubungi pemilik situs untuk memperoleh ijin yang dibutuhkan.
PERHATIAN: Hasil yang Anda lihat dalam fitur ini mungkin berisi muatan
untuk orang dewasa. Google mempertimbangkan beberapa faktor ketika
menentukan sebuah gambar relavan dengan permintaan pencarian Anda.
Karena metode ini belum seluruhnya terbukti dapat digunakan oleh orang
dungu sekalipun, sangat dimungkinkan beberapa gambar yang tidak
semestinya terangkum dalam gambar-gambar yang Anda lihat.
Terjemahan Halaman Web
Google memecah halangan bahasa dengan fitur baru terjemahan (BETA).
Dengan menggunakan teknologi mesin penerjemahan, Google sekarang
memungkinkan orang berbahasa Inggris untuk mengakses sejumlah halaman
web non-Inggris.
Jika hasil pencarian Anda menampilkan hasil yang non-Inggris, akan ada
sebuah link ke halaman versi terjemahan itu dalam bahasa Inggris.
Juga jika Anda menginginkan jdul-judul dan rangkuman hasil pencarian
Anda diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, memungkinkan opsi terjemahan
pada halaman preferensi. Jika fitur ini diaktifkan, Google secara
otomatis akan menerjemahkan hasil pencarian Anda ke dalam bahasa
Inggris.
Cari file PDF
Hasil pencarian Google sekarang termasuk file Format Adobe Portable
Document (PDF). Meskipun file PDF jumlahnya tidak sebanyak file HTML,
seringkali format file ini memuat informasi yang bermutu tinggi yang
tidak tersedia di tempat lain.
Untuk menandai bahwa suatu hasil pencarian tertentu merupakan file PDF
dan bukan suatu halaman web, tanda [PDF] muncul dalam teks warna biru di
depan judul file. Hal ini membebaskan Anda untuk mengetahui bahwa
proram itu, Acrobat Reader, akan terbuka untuk melihat file ini. Klik
pada link judul di sebelah kanan tanda [PDF] untuk mengakses dokumen pdf
itu. (Jika Anda tidak memiliki program Adobe Acrobat di komputer, maka
Anda akan diarahkan ke halaman tempat Anda bisa mendownload program itu
dengan gratis.)
Untuk file-file DPF, link halaman "Tersimpan" digantikan dengan "Versi
Teks". Versi teks ini adalah salinan dari dokumen PDF yang semua
perintah formatnya sudah dihilangkan.
Jika Anda lebih memilih untuk melihat sekelompok hasil pencarian tanpa
links PDF, ketik saja -filetype:pdf dalam kotak pencarian bersama dengan
kata(-kata) yang Anda cari.
Link-link Tersimpan
Google mengambil snapshot dari tiap halaman yang diuji ketika menjaring
web dan menyimpannya sebagai cadangan jika halaman aslinya tidak
tersedia. Jika Anda mengklik link "Tersimpan", Anda akan melihat halaman
seperti ketika kami mengindexnya. Muatan tersimpan itu merupakan muatan
yang digunakan Google apakah halaman itu cocok dengan pencarian yang
Anda lakukan.
Ketika halaman tersimpan ditampilkan, maka akan tampak header pada sisi
atas sebagai penanda bahwa halaman itu merupakan versi tersimpan dan
bukan halaman itu sendiri. Istilah yang sesuai dengan pencarian Anda
disorot dalam versi tersimpan sehingga memudahkan Anda untuk mengetahui
mengapa halaman iu relevan bagi Anda.
Link "Salinan" tidak akan muncul untuk situs-situs yang belum kami
indeks, juga bagi situs-situs yang pemiliknya telah meminta kami untuk
menghapus isi hasil salinan.
Halaman Mirip
Jika Anda mengklik link "Halaman mirip" untuk mendapatkan hasil
pencarian, Google secara otomatis membimbing ke halaman-halaman web yang
berhubungan dengan hasil ini.
Link "Halaman Serupa" punya banyak kegunaan. Jika Anda menyukai isi
suatu situs, tapi berharap agar lebih banyak lagi yang dipaparkan, link
ini dapat menemukan situs-situs dengan isi yang serupa yang mungkin
tidak Anda ketahui. Jika Anda mencari informasi produk, "Halaman Serupa"
dapat menemukan informasi yang bersaing untuk Anda, sehingga Anda dapat
menemukan tawaran yang terbaik. Jika Anda tertarik pada penelitian di
suatu bidang, ia dapat menolong Anda menemukan sejumlah besar bahan
referensi dengan cepat, tanpa menghabiskan waktu untuk memikirkan kata
kunci apa yang mungkin digunakan dalam situs-situs tersebut.
Google menemukan halaman yang mirip bagi jutaan halaman web. Meski
demikian, semakin khusus suatu halaman web, semakin sedikit hasil yang
bisa kami temukan untuk Anda. Contohnya, Google mungkin tidak mampu
menemukan halaman-halaman yang berhubungan dengan homepage pribadi Anda,
jika homepage itu tidak mempunyai cukup informasi yang bisa dihubungkan
dengan halaman-halaman lain. Juga, jika perusahaan menggunakan begitu
banyak URL untuk halaman-halaman mereka (seperti google.com dan
www.google.com), mungkin hanya sedikit informasi pada satu URL tetapi
lebih banyak pada URL lain. Secara umum "Halaman Mirip" berhasil dengan
baik pada sebagian besar halaman web.
Temukan siapa yang terhubung dengan Anda
Beberapa kata, jika diikuti oleh sebuah titik-dua, mempunyai arti khusus
bagi Google. Satu kata itu bagi Google contohnya adalah kata link:
operator. Pencarian link: akan menampilkan semua halaman yang menunjuk
pada URL itu. Sebagai contoh, link:www.google.com akan menampilkan semua
halaman yang menunjuk ke homepage Google. Anda tidak bisa menggabungkan
pencarian link: dengan satu kata kunci pencarian.
Pembatasan Domain
Beberapa kata, jika diikuti oleh sebuah titik-dua, mempunyai arti khusus
bagi Google. Salah satu contohnya adalah kata "site:". Untuk mencari
sebuah domain atau situs khusus, gunakan sintaks "site:sampledomain.com"
pada kotak pencarian Google.
Saya Merasa Beruntung
Tombol "Saya sedang Beruntung™" secara otomatis membawa Anda langsung ke
halaman pertama hasil pencarian. Anda tidak akan melihat hasil
pencarian yang lain. Pencarian "Saya Sedang Beruntung" artinya
membutuhkan waktu lebih sedikit untuk mencari halaman web dan lebih
banyak waktu untuk memperhatikannya.
Sebagai contoh, untuk menemukan homepage Universitas Stanford,masukkan
saja Stanford ke dalam kotak pencarian dan klik tombol "Saya Sedang
Beruntung". Google secara langsung akan membawa Anda ke
"www.stanford.edu", homepage resmi Universitas Stanford.
Ternyata google bisa dibuka 4 page dalam 1 page
.
elgoog:
google yg ini akan tulisanya terbalik, dan kata yg akan di search pun jg terbalik. tapi hasil searghing seperti tampilan biasa
KELEBIHAN dan KEKURANGAN GOOGLE
Saking disukai semua orang, Google memperoleh Webby Awards tiga kali
berturut-turut, terakhir untuk kategori Best Practices. Apa saja praktik
Google yang layak ditiru?
Pertama, Google menjadi favoritas massa karena sederhana dan jalan.
Sayang sekali, banyak sekali situs yang tidak jalan. Desain minimalis
Google perlu diteladani. Dalam menyusun halaman depan, pertimbangkan
seberapa banyak informasi yang Anda miliki, dan juga seberapa banyak
informasi yang cukup penting dan layak disajikan. Hanya tonjolkan
sedikit saja yang penting, lalu sembunyikan, kecilkan, redupkan yang
lain. Bantu pemakai mencari informasi di situs Anda, jangan malah
membuat mereka bingung dengan menyodorkan semua yang Anda punyai
sekaligus.
Kedua, Google tidak terjerumus dalam usaha-usaha komersialisasi yang
mengganggu pemakai. Katakanlah banner, atau “lelang keyword” seperti
Goto.com, atau pengotoran dengan link-link dari afiliasi, partner,
“fitur-fitur” tambahan, dsb. Semuanya hanya memperberat halaman, dan itu
dihindari Google.
Kelebihan dan kekurangan search engine Google
Kelebihan
• Search engine memudahkan pencarian data relevan. Jika kita mengetikkan
kata kunci tertentu, search engine akan berusaha mencari data paling
cocok sesuai dengan APInya masing-masing.
• Mendukung web-service. Fitur ini untuk pengembang software. Dengan
mengetahui web-service suatu search engine, kita tidak perlu membuat
search engine sendiri untuk membuat aplikasi yang support pencarian di
web. Contohnya adalah browser firefox, Yahoo Messenger atau flock.
Aplikasi-aplikasi tersebut support pencarian.
• Search engine mengindex suatu halaman secara berkala. Jadi, bila suatu website diupdate search engine akan mengetahuinya.
• Saat ini search engine juga support localized search. Yaitu pencarian
berdasarkan lokasi pengunjung. Contohnya adalah google, jika anda
mengetik google.com di indonesia, maka akan redirect ke google.co.id.
• Cepat diakses. Search engine biasanya didesain simpel agar cepat
diakses. Hasil pencarian pun juga cepat muncul karena memakai caching.
Kekurangan
• Kecepatan index dan kecepatan berkembangnya web yang tak sebanding.
Saat ini berbagai website banyak bermunculan, jika kecepatan index
search engine tidak ditingkatkan maka tak mungkin search engine bisa
mengindex semuanya.
• Kadangkala search engine tidak menampilkan hasil yang diinginkan.
Search engine selalu berusaha menampillkan hasil yang relevan. Tetapi
kadang kala tetap memperlihatkan hasil yang tidak relevan.
• Munculnya orang-orang yang melakukan link-spamming. Yaitu melakukan
spamming link untuk meningkatkan posisi mereka di search engine.
• Tidak bisa mengindeks halaman tertentu. Beberapa website yang memakai
konten dinamis tidak bisa diindex. Biasanya website seperti ini
dihalangi oleh form yang mengharuskan inputan.
sumber