Sabtu, 11 Agustus 2012

Susu Rendah Lemak Turunkan Tekanan Darah


Menderita tekanan darah tinggi? Untuk menurunkan tekanan darah tinggi tidak harus dengan menggunakan obat-obatan. Dengan minum teh herbal atau jus buah cranberry secara teratur, tekanan darah bisa dikendalikan.

Darah tinggi adalah salah satu gangguan aliran darah yang banyak diderita orang. Pola makan yang tidak teratur dan makan sembarangan bisa menjadi salah satu penyebabnya. Meskipun demikian, bukan berarti tekanan darah tinggi tidak bisa diatasi. Dengan meminum beberapa jenis minuman berikut ini, tekanan darah tinggi bisa dikendalikan dengan baik.

Penelitian yang dilakukan di Institute of Medicine Februari lalu,memberikan hasil yang baik. Dengan mengkonsumsi sayuran, buah-buahan tekanan darah tinggi bisa dikendalikansekaligus mengkontrolnya. Dan di dalam jurnal tersebut, disebutkanlah 3 jenis minuman yang bisa menurunkan darah tinggi, diantaranya:

Susu Rendah Lemak
Potasium dan Kalsium adalah dua jenis nutrisi yang berkaitan dengan tekanan darah tinggi. Kebutuhan potasium dan kalsium yang terpenuhi dengan baik adalah salah satu syarat mendapatkan tekanan darah yang normal. Kebutuhan potasium dan klasium sekaligus bisa didapat dari susu. Pilihlah susu yang rendah lemak atau bahkan bebas lemak, karena lemak pada produk susu mengandung asam palmitat yang dapat menghambat pembuluh darah untuk rileks dan fleksibel. Seperti yang dikatakan Estefania Toledo, MD, Ph.D., dari University of Navarra, Spanyol.

Teh Herbal
Di pasaran banyak yang menjual teh herbal yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, salah satunya adalah hibiscus tea. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Diane L. McKay, Ph.D. yang telah ditulis di Journal of Nutrition 2010 silam, hibiscus tea mengandung antioksidan serta anthocyanins yang bekerja bersama menjaga tekanan darah tetap dalam keadaan normal. Hibiscus tea ini menjaga pembuluh darah agar tidak mengalami penyempitan sehingga aliran darah tetap lancar.

Jus Cranberry

Salah satu buah yang termasuk ke dalam jenis berry-berry-an ini tidak kalah dengan buah lainnya. Manfaat jus buah cranberry serupa seperti red wine, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di the Journal of Agricultural and Food Chemistry tahun lalu. Jus cranberry memompa antioksidan proanthocyanidins yang dapat menghambat sintesis dari senyawa ET-1 yang dapat mengikis pembuluh darah.[kumpulberita.com]