Kayak dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera, atau jawa ke bali, atau bahkan dari kalimantan ke bali, mungkin kalo beberapa tahun kebelakang itu masih mustahil dibikin. Tapi sekarang itu mungkin aja bisa, soalnya di Inggris sana udah dibikin yang nama nya Chunnel atau channel tunnel.
Bayangin aja...
Mereka
ngebuat terowongan bawah laut buat jalur kereta yang bisa ngebawa
macem-macem dari inggris ke prancis atau sebalik nya. Terowongan ini
Menjadi terowongan terpanjang kedua di dunia dengan panjang keseluruhan
nya 50.45 KM (39 km nya ada di bawah laut Gan...)Ide menghubungkan
Perancis dengan Inggris dimulai sejak 2 abad yang lalu. Namun, baru pada
tahun 1987dibuat rencana pembangunan terowongan bawah laut terpanjang
di dunia yang akan menghubungkan
Calais di Perancis ke Folkestone di Inggris.
Penggalian terowongan mempekerjakan 15.000 orang selama tujuh tahun yang dilakukan secara simultan dari kedua ujung.
Begini nih Struktur dari terowongan nya Bener-bener ada di bawah laut...
Coba kita cek teknologi nya..
Calais di Perancis ke Folkestone di Inggris.
Penggalian terowongan mempekerjakan 15.000 orang selama tujuh tahun yang dilakukan secara simultan dari kedua ujung.
Begini nih Struktur dari terowongan nya Bener-bener ada di bawah laut...
Coba kita cek teknologi nya..
Jadi menurut gambar di atas...Eastbound Tunnel
Ini terowongan buat kereta yang mengangkut penumpang dan kendaraan..
Wesbound Tunnel
Nahh klo yang ini buat kereta barang...
Piston Reliefs Ducts
Klo ini berfungsi sebagai saluran udara gan Supaya tekanan udaranya tetep bisa di kontrol...
wajar yahh di bawah laut pasti tekanan nya tinggi banget.
Service Tunnel
klo yang ini fungsinya untuk lalu lalang petugas mengontrol jalur kereta nya sekaligus jd jalur darurat buat para penumpang klo terjadi apa-apa sama kereta atau jalur nya.
Ini dia pic-pic saat saat pembangunan nya. silahkan disimak !!Ini terowongan buat kereta yang mengangkut penumpang dan kendaraan..
Wesbound Tunnel
Nahh klo yang ini buat kereta barang...
Piston Reliefs Ducts
Klo ini berfungsi sebagai saluran udara gan Supaya tekanan udaranya tetep bisa di kontrol...
wajar yahh di bawah laut pasti tekanan nya tinggi banget.
Service Tunnel
klo yang ini fungsinya untuk lalu lalang petugas mengontrol jalur kereta nya sekaligus jd jalur darurat buat para penumpang klo terjadi apa-apa sama kereta atau jalur nya.
Ini dia alat bor nya.. Dahsyat ya? gede banget !!
Mesin
yang digunakan untuk membuat terowongan adalah Tunnel Boring Machine
(TBM) yang sangat besar, memiliki kemampuan bor 76,2 m per hari dan
memiliki kombinasi fungsi alat-alat berat antara lain seperti mesin bor
& mesin pengeruk.
Hampir 4 juta m³ kapur yang digali di daerah Inggris & secara keseluruhan tanah yang dikeruk sejumlah 8 juta m³ dengan kecepatan rata-rata 2400ton per jam . Keuntungan lain menggunakan mesin ini adalah tidak mengganggu kondisi sekitarnya dan dapat menghasilkan dinding terowongan yang halus.
Hampir 4 juta m³ kapur yang digali di daerah Inggris & secara keseluruhan tanah yang dikeruk sejumlah 8 juta m³ dengan kecepatan rata-rata 2400ton per jam . Keuntungan lain menggunakan mesin ini adalah tidak mengganggu kondisi sekitarnya dan dapat menghasilkan dinding terowongan yang halus.
Jarak
tempuh yang bisa di tempuh kereta ini dari inggris ke perancis cuma
dalam 39 Menit. Kereta ini juga ngak cuma bisa ngangkut orang tp juga
kendaraan bermotor.Nah dari informasi yang gue dapet untuk bikin yang
kaya beginian ngabisin dana $ 15 milyar, nahh klo di rupiahin sekitar
14 Triliun rupiah...!!!
Kira-Kira kapan yahh Indonesia bisa bikin yang beginian??
Suramadu ajah baru di bangun langsung pada di colongin baut jembatan nya, gimana kalo ini...!?!?
Kira-Kira kapan yahh Indonesia bisa bikin yang beginian??
Suramadu ajah baru di bangun langsung pada di colongin baut jembatan nya, gimana kalo ini...!?!?
sumber