Jumat, 17 Agustus 2012

Konsumsi Minyak Zaitun Bisa Cegah Osteoporosis



fashingnet.com-Olive oil atau minyak zaitun kini populer sebagai minyak nabati yang sehat. Masyarakat Mediterania pun mengonsumsi minyak zaitun bersama buah, sayur dan seafood mendapatkan efek positif karena khasiat minyak ini.

Menurut sebuah penelitian di Spanyol, kekuatan tulang yang menurun akan menyebabkan kerugian bagi perempuan ataupun laki-laki. Hal ini juga tak menutup kemingkinan terjadinya resiko osteoporosis dan patah tulang.

Hasil penelitian yang telah dilakukan ini menunjukkan bahwa kejadian osteoporosis di Mediterania lebih rendah dibandingkan di Eropa. Hal ini bisa dimungkinkan, karena banyaknya konsumsi buah dan sayuran serta minyak zaitun sebagi faktor pendukung.. Tradisional Mediternia Diet ini juga telah tercatat dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism reports.

“Asupan minyak zaitun berhubungan dengan pencegahan osteoporosis pada percobaan di laboratorium.” ungkap Jose Manuel Fernandez-Real, seorang pemimpin penelitian dari Hospital Dr. Josep Trueta in Girona, Spanyol.

Sebanyak 127 responden pria yang terlibat usianya sekitar 55 tahun - 80 tahun. Mereka dipilih secara acak dan dipantau konsumsi dietnya selama dua tahun. Pengontrolan ini juga bertujuan untuk menilai efek dari diet Mediterania pada pencegahan penyakit kardiovaskular.

“Studi acak yang pertama ini telah menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat melindungi tulang,” tambah Fernandez-Real.


sumber