Jumat, 17 Agustus 2012

Ini Dia, Pemegang Sabuk Hitam Cacat Pertama di Dunia


Melihat fisiknya, tentu Anda mengira pria yang lumpuh dari pinggang hingga ke kaki ini lemah dan tidak bisa melakukan apa-apa. Tapi tunggu dulu, jangan pernah Anda mencoba-coba berbuat ulah dengannya karena bisa-bisa Anda dibuat terluka.

Meski lumpuh, Carl Hodgetts bukanlah sekedar orang biasa. Pria berusia 36 tahun ini merupakan orang lumpuh pertama yang mampu mendapatkan sabuk hitam dalam dunia bela diri kick boxing. Tidak tanggung-tanggung, sabuk hitam tersebut diberikan secara langsung oleh Federasi Persatuan Seni Beladiri Dunia (WUMAF).

Oleh WUMAF, tehnik bertarung unik Carl yang menggunakan tangan diakui sebagai sesuatu yang sangat istimewa, terlebih lagi melihat kondisinya yang cacat. Tehnik yang dibuat oleh Carl dimasukkan dalam kategori 'Freestyle Martial Arts'.

Selain kick boxing, Carl juga sangat jago dalam seni bela diri Wing Chun. Seni beladiri jarak dekat yang diciptakan oleh legenda kungfu dunia, Bruce Lee.

"Berada di atas kursi roda sebetulnya memiliki keunggulan," kata Carl seperti yang dikutip Daily Mail. "Ketika orang lain menendang, aku melakukan blokingan yang berbeda dengan tehnik yang berbeda. Aku berlatih tiga kali lipat dengan tangan ku."

Carl pertama kali ikut klub kick boxing tahun 2003.

Carl pertama kali berlatih beladiri kick boxing pada tahun 2003. Hal itu tidak lepas dari peran kakanya, Sarah, yang mendorongnya ikut dalam klub beladiri. Selama periode itu, pria asal Monks Kirby, dekt Rugby, Waskshire, Inggris itu berlatih keras untuk menyempurnakan kekuatan tangannya. 

Kerja keras Carl terbayar dengan skill dan kemampuannya yang semakin meningkat. Setidaknya ia telah membuktikan kemampuannya dalam beberapa kesempatan, termasuk saat membantu seorang wanita dari serangan seorang pemabuk di Coventry, tiga tahun lalu.


Carl kecil bersama dengan adiknya Emma.

"Aku sedang berbincang dengan seorang wanita yang sedang mendorong kursi rodaku, dan tiba-tiba ada seorang pemabuk yang dayang. Dia melihat kami berbincang-bincang dan kemudian mencoba menyerang wanita itu, secara insting aku langsung menghadang sang pria mabuk itu," ceritanya. 

"Ketika dia mencoba mendorongku, aku menangkapnya dan memutar tubuhku untuk kemudian membantingnya hingga jatuh ke atas lantai," lanjutnya. "Teman-teman ku dan sang gadis itu terkesima melihat itu. Sang pria mabuk itupun sepertinya malu dan langsung pergi."

Apapun pengalaman yang pernah didapat, Carl mengaku tidak ingin jumawa dengan apa yang telah dicapainya. sang pemegang sabuk hitam yang kini resmi menjadi pelatih bertekad akan terus mengembangkan skillnya dalam dunia kick boxing ke level yang lebih tinggi lagi sehingga ia bisa melatih orang lain untuk mendapatkan sabuk hitam. 



sumber