Rabu, 30 Januari 2013

Manfaat Luar Biasa Daun Mint Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan [ www.BlogApaAja.com ]

 
Tentu kita tahu daun mint

atau (Mentha Cordifolia) yang mempunyai aroma wangi dan cita rasa yang menyegarkan. Aroma wangi dan menyegarkan daun mint tersebut disebabkan oleh kandungan minyak asiri berupa minyak menthol. Daun mint juga mengandung vitamin C, provitamin A, fosfor, besi, kalsium dan potasium.

Daun mint

dapat dipercaya dapat memulihkan stamina tubuh, meredakan sakit kepala, mencegah demam, mempunyai sifat antioksidan pencegah kanker dan menjaga kesehatan mata.

Aroma daun mint atau peppermint yang segar ternyata tak hanya dipakai untuk menambah cita rasa pada permen atau minuman. Dengan mencium aroma mint ternyata juga bisa menjadi cara jitu mengurangi nafsu makan.

Sebuah studi di Wheeling Jesuit University in West Virginia mengungkapkan bahwa aroma mint bisa membuat keinginan makan menurun.

Manfaat lain mint

untuk kesehatan memang sudah lama diketahui. Sejak sebelum Masehi, daun mint

banyak dipakai untuk pengobatan tradisional. Mint juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai perawatan tubuh. selain itu manfaat daunt mint antara lain:

Menyegarkan kulit kepala

Daun mint

juga dapat mengatasi dan menyegarkan kulit kepala yang iritasi yaitu dengan cara : Ambil beberapa lembar daun mint

, lumatkan hingga halus. Lalu oleskan pada kulit kepala sambil dipijat-pijat.

Kandungan mentol dalam daun mint

akan membuat kulit kepala terasa lebih segar. Diamkan selama 20 menit, biarkan mentol meresap. Kemudian berkeramaslah seperti biasa.

Scrub kaki

Relakskan kaki Anda dengan scrub daun mint

atau minyak esensial mint. Balurkan pada telapak kaki, tumit, dan juga betis. Otot-otot yang pegal akan terasa mengendur.

Pereda sakit perut

Dapat menyembuhkan perut kembung dan masuk angin yaitu dengan cara : Coba oleskan minyak esensial mint. Kandungan minyak atsiri dan mentolnya meredakan kram dan kejang otot di daerah perut, sehingga perut terasa lebih relaks dan nyaman.