Berdasarkan studi dari firma riset konsumen Nielsen, para remaja masa kini ternyata lebih senang mendengarkan musik lewat YouTube daripada lewat radio.
Penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat ini menunjukkan bahwa 64% remaja memilih YouTube untuk mendengarkan musik dan 48% memilih radio.
David Bakula, wakil presiden senior bidang pengembangan klien, menyatakan bahwa cara mengakses musik sudah sangat berubah.
Para remaja yang berusia lebih muda menyukai teknologi maju, namun metode tradisional seperti radio dan berita dari mulut ke mulut masih tetap ada.
Studi yang diberi nama “Music 360” ini melaporkan bahwa sekitar 50% remaja masih membeli CD, mendengarkan radio dan menggunakan iTunes.
Beberapa temuan menarik lainnya adalah sebagai berikut:
- Rekomendasi teman ternyata sangat memengaruhi para remaja untuk membeli album atau lagu.
- Aplikasi pemutar musik di handphone sangat digemari.
- Digital music lebih disukai dari CD.
- Remaja laki-laki lebih suka membeli lagu rock, sementara remaja perempuan menyukai musik Top 40.
- Responden berusia 18 – 24 tahun lebih sering nonton konser musik dibanding remaja.
- Responden lebih menyukai lagu soundtrack film dibandingkan lagu-lagu dari TV show atau video games.
Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga menggunakan YouTube sebagai media utama untuk mendengarkan musik?