Jumat, 07 Desember 2012

10 Cara Gampang Berhenti Merokok


Seperti yang kita tahu merokok sangat berbahaya bagi kesehatan tidak hanya bagi pelaku namun juga bagi orang disekitar orang yang merokok. Bahkan dampak yang ditimbulkan dapat lebih buruk lagi. Tidak ada kata terlambat untuk menghentikan kebiasaan buruk merokok. Berikut ini 10 cara atau tips dalam menghentikan kebiasaan merokok.

10. Berilah jarak waktu
Bila anda merasa tidak bisa berhenti merokok secara langsung, teknik ini bisa dicoba. Setelah Anda menghabiskan sebatang rokok tundalah waktu untuk merokok yang kedua dan seturusnya. Mungkin untuk hari pertama anda bisa memberi jarak tiap 30 menit, tapi hari kemudian ditambah lagi jangka waktunya, sampai Anda benar-benar merasa nyaman untuk tidak merokok dalam waktu yang lama. Memang jalan terbaik untuk berhenti merokok adalah berhenti total, tapi hampir sebagian besar perokok akan gagal karena berbagai faktor. Tak ada salahnya Anda mencoba untuk mengaturnya dengan berhenti sedikit demi sedikit, tentunya dengan catatan Anda harus konsisten.

9. Hindari Pemicu
Sebagian besar keinginan merokok dipengaruhi oleh faktor pemicu. faktor pemicu bisa datang dari berbagai hal, misal dari lingkungan dan pergaulan, keadaan psikologis, dan berbagai alasan lainya. Usahakan Anda mengenali faktor pemicu tersebut, dan usahakan pula untuk mengindarinya. Kadang kita tanpa sadar mempunyai kebiasaan merokok pada kondisi tertentu, cobalah untuk mengenali pemicu yang membuat Anda sangat ingin untuk merokok, dan cobalah untuk mengindarinya.

8. Lakukan kegiatan fisik atau olahraga
Aktifitas fisik bisa mengalihkan perhatian anda dari ketagihan tembakau, dan secara langsung akan mengurangi intensitas merokok Anda. Sempatkan waktu untuk beraktivitas fisik barang sejenak. Lakukan olah raga ringan, seperti jogging, sit up, push up, maupun sekedar berjalan santai. Selain bisa mengalihkan Anda dari ketagihan merokok, aktivitas fisik juga sangat berguna untuk meningkatkan kebugaran tubuh Anda, meningkatkan vitalitas dan juga memudahkan anda melepas stress psikologis, selain itu juga dapat meningkatkan kualitas waktu istirahat Anda.

7. Ketahui Betul Manfaat Hidup tanpa rokok
Saat ini sangat mudah untuk mencari artikel tentang berhenti merokok, mudah juga bagi Anda untuk mencari informasi tentang kerugian merokok bagi tubuh Anda. Dengan membaca berbagai referensi dan mungkin berbagi artikel medis yang menjelaskan dampak buruk rokok bagi kesehatan, anda akan banyak menemukan alasan mengapa anda harus segera berhenti merokok. Dan dengan akal sehat tentunya lebih mudah bagi Anda untuk mengambil keputusan untuk berhenti merokok.

6. Mengunyah atau mengecap sesuatu
Tak bisa dipungkiri bahwa rasa tembakau menimbulkan sensasi tersendiri bagi mulut perokok, dan sensasi merokok hampir tak bisa tergantikan dengan rasa lain. Kunyahlah atau kecaplah sesuatu, misal permen atau gula2, atau cemilan ringan, atau makanan lain yang paling Anda sukai. Namun perlu diperhatikan, cara ini perlu dilakukan dengan hati-hati, jangan sampai dengan banyak makan permen atau makanan lain menjadikan Anda terkena masalah kesehatan lain.

5. Bergabung dengan program berhenti merokok
Saat ini banyak program yang khusus mengatasi masalah kecanduan merokok, baik online melalui internet maupun di sekitar kota Anda. Biasanya program program tersebut menawarkan langkah-langkah yang sudah disusun para ahli, sehingga efektif untuk diikuti. Selain itu anda bisa juga belajar dari pengalaman orang lain, atau berbagai pengalaman dengan sesama perokok yang mencoba untuk berhenti.

4. Pengganti Nikotin
Ada banyak produk di pasaran yang di klaim bisa membantu Anda untuk berhenti merokok. Ada yang berupa permen, obat, plester, suntikan, rokok elektronik ataupun model lain. Dari berbagai produk tersebut ada yang efektif ada pula yang tak berpengaruh sama sekali atau bahkan merugikan. Sebagian besar produk tetap memasukkan nikotin ke tubuh Anda, tetapi dengan cara yang berbeda. perlu diketahui juga bagamanapun nikotin tetap merugikan bagi tubuh Anda, jadi jangan jadikan cara ini permanen. Sebelum memilih suatu produk, usahakan untuk mencari informasi terlebih dahulu tentang produk tersebut, bisa dari internet maupun dari orang lain yang sudah pernah menggunakannya. Pastikan pula produk aman untuk digunakan, bila perlu konsultasikan ke dokter Anda terlebih dahulu.

3. Relaksasi
Sejak lama teknik relaksasi bisa digunakan untuk tujuan kesehatan, demikian pula untuk masalah merokok. Ada banyak macam teknik relaksasi, diantaranya latihan pernafasan, relaksasi otot, yoga, visualisasi, hipnosis dan pijat. Pilihlah teknik yang sesuai dengan Anda, yang mudah Anda lakukan dan tidak menjadi beban. Relaksasi sendiri sangat bermanfaat bagi tubuh Anda maupun pikiran Anda, sehingga tidak ada salahnya untuk dicoba.

2. Gunakan untuk hal lain
Perokok menghabiskan uang yang tidak sedikit untuk membeli rokok setiap tahunnya. Anda bisa mengkalkulasi dengan mudah, berapa uang yang telah Anda habiskan untuk membeli rokok setiap bulan atau tahun. Alihkan dana untuk membeli rokok untuk keperluan lain yang lebih bermanfaat. Apabila Anda mempunyai penghasilan yang cukup besar, tentunya bukan masalah untuk memenuhi kebutuhan lain Anda, tetapi coba bayangkan, bagi sebagian orang, uang untuk membeli sebungkus rokok bisa untuk membeli makan bagi mereka dalam satu hari.

1. Jadikan sebagai tantangan
Melawan diri sendiri merupakan hal yang paling berat untuk dilakukan. Jadikanlah berhenti merokok menjadi target besar Anda, dan pastikan Anda melakukan segala cara untuk mecapai target tersebut. Seperti yang telah kita ketahui, merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang paling sulit untuk ditinggalkan, karena melibatkan semua aspek kehidupan kita, baik secara fisik maupun psikologis, dan itu tentunya akan menjadi bahan pelajaran bagi Anda. Dengan keyakinan penuh tentunya Anda akan berhasil untuk memenangkan pertarungan, dan dengan keberhasilan Anda untuk menaklukkan diri sendiri, Anda akan mempunyai rasa percaya diri yang lebih baik, dan akan dengan mudah melewati tantangan hidup lainnya, dan akan mudah menjadi manusia sukses.