Rabu, 01 Mei 2013

Ternyata Kulit Kentang Kaya Akan Nutrisi

Hampir semua manusia menyukai buah tanaman ini. Kentang memang terkenal diseluruh pelosok dunia ini. Kentang juga masuk dalam daftar makanan internasional, selaian rasanya yang enak kentang ini juga kaya akan vitamin. Kentang ini sangat baik untuk pertumbuhan anak kecil. Namun tahukah anda  bahwa kulit kentang mengandung begitu banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 
Bahkan, bila dibandingkan, kulit kentang memiliki lebih banyak nutrisi daripada daging kentangnya sendiri. Waw... sayang sekali ya selama ini kita tidak tahu dan menganggap kulit kentang ini hanya sampah.
Kulit kentang mengandung vitamin B, vitamin C, zat besi, kalsium, kalium dan nutrisi lainnya. Kulit kentang juga merupakan sumber serat yang cukup tinggi yaitu sekitar 2 gram per ons.
Jika Anda mengonsumsi satu buah kentang yang dipanggang lengkap dengan kulitnya, maka Anda akan mendapatkan hampir 4 gram serat, 2 miligram zat besi dan 926 gram potassium.
Bahkan di Eropa, kulit kentang sering dijadikan sebagai camilan atau hidangan pembuka. Dan biasanya dihidangkan bersama daging, keju panggang atau saus salsa. Semantara dinegara kita kulit kentang ini dibuang bahkan kucing juga tidak suka memakannya, Hahahahaha,,,,
Jadi tunggu apalagi, jangan buang kulit kentang Anda. Dan jangan lupa mencuci bersih kentang sebelum diolah. 
Makanan memang sering disalahkan atas timbulnya maag. Padahal, jika Anda bisa membatasi beberapa makanan yang mengiritasi lambung, maag tak kan pernah muncul.
Iritasi lambung memang bisa diobati dengan obat-obatan untuk mengurangi jumlah asam. Sayangnya, obat-obatan dapat mengganggu penyerapan zat besi dan folat.


Untuk mengatasi masalah maag, coba atasi dengan makanan lain yang lebih sehat. Kentang diyakini memberikan nutrisi yang dapat membantu meredakan asam lambung.
Ilmuwan dari Manchester University, Inggris, menemukan kentang mengandung molekul antibakteri, yang dikenal dengan 'jus kentang'.
Uniknya, tidak seperti antibiotik, bakteri tidak dapat memberikan perlawan terhadap 'jus kentang' dan tidak menimbulkan efek samping.
"Kami melihat 'jus kentang' sebagai produk yang dapat mencegah dan menghentikan sakit maag yang bisa semakin parah, dan setiap orang menggunakannya sebagai bagian dari gaya hidup mereka," jelas profesor mikrobiologi dari Faculty of Life Science, Ian Roberts, yang dilansir melalui Dailymail (9/8).
Umumnya, manfaat kesehatan nasi selalu dibandingkan dengan gandum, jelai, atau beberapa sereal lainnya. Selain itu, kentang juga dianggap sehat dalam jumlah yang terbatas. Namun bila dipilih, mana yang paling sehat? 
Nasi banyak dikonsumsi di kawasan Asia Selatan. Sementara itu, kentang banyak dikonsumsi di Eropa dan Amerika. Jadi, bila ingin mengetahui nasi atau kentang yang paling sehat, kita perlu membedah manfaat kesehatannya secara satu persatu seperti dikutip dari Boldsky.com berikut ini!
Mengapa nasi sehat?
- Nasi, terutama nasi beras coklat lebih sehat karena memiliki protein lebih banyak ketimbang kentang. Kentang mengandung banyak karbohidrat yang sehat, tapi proteinnya sangat kecil.
- Nasi dan kentang keduanya mengandung pati. Tapi, pati pada nasi bisa dikurangi dengan merendamnya dalam air saat dimasak. Kentang sendiri tetap mengandung pati bahkan setelah direbus.
- Nasi mengandung nutrisi penting seperti tiamin dan niacin, yang bisa meningkatkan level metabolisme dan berkontribusi menjaga jantung tetap sehat.
- Nasi itu lebih sehat karena mengandung vitamin B12 yang sangat penting untuk fungsi sistem saraf.
- Indeks glikemik nasi lebih rendah daripada kentang.
- Nasi mengandung mineral mangaan yang berfungsi sebagai kofaktor yang membantu beragam fungsi tubuh.
Mengapa kentang sehat?
- Kentang memiliki lebih banyak variasi nutrisi dibandingkan nasi.
- Kulit kentang sangat sehat dan tidak mengandung lemak atau pati sama sekali.
- Kentang memiliki serat lebih banyak daripada nasi putih terutama kulit kentang yang penuh dengan karbohidrat yang sehat.
- Kentang juga mengandung sejumlah vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
- Kentang kaya akan vitamin B6 yang sangat baik membantu metabolisme tubuh.
- Kalium hadir dalam kentang yang bermanfaat membuat sel-sel tubuh dan jantung bekerja dengan baik.
- Kentang memiliki kalori lebih sedikit daripada nasi.
Kentang atau nasi?
- Baik nasi dan kentang membuat Anda merasa kenyang karena bisa dicerna dengan mudah.
- Kentang maupun nasi, masing-masing memiliki kandungan vitamin dan mineral sendiri-sendiri yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
- Jika memilih kentang, pilihlah ubi rambat atau ubi jalar (sweet potato) yang lebih bernutrisi daripada kentang biasa.
- Jika memilih nasi, pilihlah nasi beras coklat atau beras merah yang lebih bernutrisi daripada nasi beras putih.
Well, mana yang Anda pilih, nasi atau kentang?
Cukup banyak makanan yang menggunakan kentang sebagai bahan dasarnya.
Baik itu kari, roti ringan atau sekadar gorengan. Apakah Anda tahu kentang juga memiliki kegunaan yang lain?
Cukup mengejutkan, ternyata kentang bisa menjadi alat membersihkan. Berikut 5 penggunaan kentang untuk membersihkan peralatan yang dikutip dari boldsky.
Menghapus karat
Pajangan yang terbuat dari besi atau pisau dangat mudah karat. Kentang dapat membersihkan pelaratan dari besi tanpa merusaknya, karena kentang mengandung asam oksalat yang larut karat. Potong kentang (memanjang atau melintang) dengan pisau dan gosokkan pasa benda yang berkarat.
Bersihkan kaca

Kaca sangat mudah kotor. Anda mungkin sudah mencoba koran basah, sepotong kain dan larutan sabun tapi tidak berhasil baik. Tapi coba dengan cara ini, gosokkan sepotong kentang mentah, lalu bersihkan dengan sepotong kain bersih. lihat perbedaannya.
Mengambil pecahan kaca
Ketika kaca pecah akan berkeping-keping. Jika pecah di atas karpet akan sulit memungutnya. Dengan sepotong kentang, usapkan di tempat serpihan kaca, maka kaca akan tertanam dalam kentang dan Anda mudah membuangnya keluar.
Pemegang bunga
Ingin bunga dalam vas Anda berdiri lurus tanpa menggunakan busa bunga? Cukup Anda buat beberapa lubang dalam kentang mentah dan tancapkan tangkai bunga disana, maka bunga Anda akan bertahan tegak lurus.
Membersihkan perak
Noda dapat merusak barang-barang perak di rumah Anda. Dengan menggosok kentang, peralatan perak Anda kembali bersinar. Anda juga dapat menggunakan air hasil rebusan kentang. Rendam perak dalam air yang digunakan merebus kentang selama 20 menit dan lihat nodanya memudar.

Ingin mencoba, silahkan buktikan sendiri.. 
Wanita yang tinggal di iklim tropis sering ingin kulitnya tampil lebih putih atau cerah. Polusi, paparan sinar matari, dan berbagai faktor lainnya memang bisa membuat warna kulit menjadi lebih gelap. Untuk membuatnya cerah kembali, beberapa bahan alami ini bisa dijadikan pilihan. Apa saja?

Kentang
Kentang bukan bahan alami yang asing untuk kulit. Parutlah kentang, lalu remas atau haluskan. Setelah itu, oleskan pada wajah hingga kering. Setelah kering, ulangi lagi prosesnya hingga mencapai tiga lapisan. Diamkan sampai 15 menit lalu bilas dengan air dingin. Cara kedua: Kupas kentang lalu iris tipis-tipis, lalu tempelkan ke wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu cuci bersih wajah. Kentang mengandung enzim catecholase yang bisa membantu mencerahkan kulit.

Pepaya
Enzim papain yang terkandung dalam pepaya sangat bermanfaat untuk kulit. Enzim ini bisa membantu mempercepat proses pergantian sel dan kulit. Selain bisa mencerahkan wajah, enzim ini juga dipercaya dapat menyamarkan noda hitam. Campurkan pepaya yang sudah dihaluskan dengan madu. Gunakan kain bersih dan rendam dalam air hangat. Peras kain bersih lalu sebarkan campuran pepaya di atas kain. Letakkan kain di atas wajah yang sudah dicuci bersih. Diamkan selama 20 menit lalu cuci dengan air hangat. Terakhir, bilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori. Gunakan seminggu sekali untuk mendapatkan kulit yang cerah.

Ketimun
Sayuran hijau ini kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral. Selain untuk mencerahkan kulit wajah, ketimun juga bisa digunakan untuk mencerahkan kulit ketiak yang menghitam. Tempelkan jus parutan ketimun pada wajah dan leher. Untuk efek lebih segar, simpan ketimun dalam kulkas satu malam sebelumnya. Kantung mata yang menghitam juga bisa dengan mudah diatasi dengan irisan ketimun yang dingin dan segar. Iris menyilang ketimun lalu tutupi mata Anda dengan potongan ketimun. Diamkan selama 15-20 menit sambil bersantai.

Beras
Beras sejak lama dikenal sebagai rahasia kecantikan wanita Asia. Dikombinasikan dengan susu, beras bisa menjadi ramuan pencerah wajah yang alami. Tumbuk beras hingga berbentuk bubuk lalu campurkan dengan susu atau air bersih secukupnya hingga kental. Tempelkan ke wajah seperti menggunakan masker. Diamkan 15-20 menit lalu cuci dengan air dingin. Beras memiliki kandungan PABA (para aminobenzoic acid) yang tinggi. PABA bisa berfungsi sebagai tabir surya yang baik. Selain itu, beras juga mengandung asam ferulis yang berfungsi sebagai antioksidan dan allantonin yang bisa mempercepat proses perbaikan kulit.

Tomat
Kandungan lycopene dalam tomat berfungsi sebagai pencerah kulit alami. Mengonsumsi tomat juga bisa mengurangsi sensitivitas kulit terhadap sinar UV yang bisa merusak kulit. Kandungan lycopene dalam buah tomat bisa membuat kulit cerah, terlindung dari radikal bebas, dan meningkatkan produksi tabir surya alami pada kulit. Untuk mencerahkan kulit ketiak yang menghitam, potong tomat menjadi dua lalu tempelkan dengan gerakan melingkar pada ketiak. Lakukan ini selama 15 menit lalu cuci bersih. Ritual ini bisa dilakukan setiap hari.

Sedangkan untuk wajah, parut tomat hingga bisa digunakan sebagai masker. Biarkan mengering lalu tempelkan ulang hingga membentuk tiga lapisan. Diamkan selama 20 menit lalu cuci dengan air dingin. Lakukan perawatan ini secara teratur untuk hasil yang maksimal.  
Donat kentang memiliki kelebihan tersendiri dari donat terigu, yakni, terasa lebih empuk. Selain sudah banyak yang menjualnya, membuat sendiri ternyata tak terlalu sulit.
Yuk, lihat langsung resepnya:
Bahan:
- 500 g tepung terigu protein tinggi
- 50 g susu bubuk fullcream
- 1 bungkus (11 g) ragi instant
- 250 g kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
- 100 g gula halus
- 75 g mentega
- 1/2 sdt garam
- 4 butir kuning telur
- 100 ml air dingin
Pelengkap:
- Gula donat (gula bubuk khusus untuk donat)
- Cokelat leleh
Cara Membuat:
1. Campur jadi satu tepung terigu, gula, susu bubuk, dan ragi instant, aduk rata.
2. Masukkan kentang halus aduk rata.
3. Tambahkan kuning telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.
4. Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit.
5. Bagi-bagi adonan menjadi 12 buah, bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
6. Lubangi tengahnya dengan dua jari telunjuk.
7. Goreng dalam minyak panas dan banyak dengan api sedang hingga kuning keemasan.
8. Angkat, tiriskan.
9. Taburi gula donat, atau hiasi dengan cokelat.

Sekarang anda sudah mengerti bukan? kalau kilit kentan itu sangat bermanfaat dan kaya akan vitamin. Bahkan lebih bagus dari daging kentangnya sendiri. Demikian sedikit informasi dari saya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.


Sumber : http://pirdot.blogspot.com/2013/04/ternyata-kulit-kentang-kaya-akan-nutrisi_4663.html#ixzz2S3irOA9N