Kamis, 13 Desember 2012

Spesies Ikan Lele Baru di India


Spesies ikan lele buta (blind catfish) baru saja ditemukan oleh para ilmuwan di India selatan. Ikan air tawar ini ditemukan dalam sebuah sumur tua yang dalam di negara bagian India selatan, Kerala.

Ikan lele buta yang ditemukan ini berwarna merah darah dengan tubuh memanjang berukuran sekitar 3,8 sentimeter. Spesies baru ini diberi nama Horaglanis abdulkalami, yang diambil untuk menghormati mantan Presiden India, Dr A.P.J. Abdul Kalam, karena kontribusinya terhadap sains dan ilmu pengetahuan.

Karakter unik dari H. abdulkalami ini adalah tubuh berwarna merah darah. Para ilmuwan mengatakan, ikan tersebut dapat memakan bahan organik yang terdapat dalam tanah. Spesies baru ikan lele ini sebelumnya ditemukan di Jerman.

Lahan basah di Kerala menyediakan habitat ideal bagi hewan tersebut. Spesies seperti ikan lele merupakan kunci untuk menjaga ekosistem ini. Pasalnya, kotoran mereka menyediakan makanan untuk spesies lain. Namun, mereka juga rentan terkena wabah.

Tim yang sama juga menemukan spesies belut buta baru di Distrik Trissur. Belut baru ini bernama Monopterus trichurensis. Para ilmuwan mengatakan bahwa distribusi endemik dan kelangkaan kedua spesies itu masuk dalam daftar terancam IUCN.

"Pengamatan kami dalam berbagai penelitian menunjukkan mereka bisa hidup selama beberapa tahun," kata Dr Bijoy Nandan dari Universitas Cochin Science dan Technology. Namun, penelitian lebih lanjut tetap akan dilakukan untuk menentukan dengan pasti berapa lama hewan ini dapat hidup.

sumber artikel : Spesies Ikan Lele Baru di India