Senin, 17 Desember 2012

Cara Kilat Deteksi HIV, Hanya 30 Menit

Sebuah temuan baru oleh sejumlah peneliti di Australia dapat mendeteksi penderita HIV secara cepat. Hanya dibutuhkan waktu 30 menit. 

Perawat melakukan perawatan terhadap pasien penderita HIV di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. FOTO: AFP PHOTO / ROMEO GACAD Penemuan yang disebut dengan the Alere Determine Combo HIV ½Ag/Ab tes ini diharapkan akan meningkatkan jumlah orang yang diperiksa untukHIV serta mengurangi resiko penularan. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Kesehatan Australia,Tanya Plibersek.
Plibersek, mengumumkan temuan itu, telah disetujui oleh theTherapeutic Goods Admnistrasi (TGA). Dengan cara ini, seseorang akan dinyatakan menderita HIV atau tidak hanya dalam waktu setengah jam.
“Test ini tidak berarti menggantikan pentingnya menerapkan seks aman dan metode lain untuk mencegah penularan HIV di Australia,” katanya  dalam jumpa pers, Senin(17/12).
Ia mengatakan, semakin dini seseorang didiagnosa HIV,semakin cepat mendapatkan perawatan.
“Penting untuk mengetahui apakah Anda menderita HIV karenaitu akan mengurangi resiko penularan,” katanya.
Ia menambahkan tes cepat ini akan tersedia terutama diklinik-klinik kesehatan seksual, tetapi beberapa dokter umum yang telah dilatih untuk melakukan tes juga dapat menyediakan jasa tersebut.
Sejak tahun 1985, tercatat lebih dari 30.000 penduduk Australia terinfeksi HIV, 11.000 diantaranya menderita AIDS dan hampir 7.000orang meninggal karena HIV/AIDS.
Direktur Eksekutif Organisasi AIDS Australia, Rob Lake menyambut baik temuan ini. Ia menyatakan tes yang sederhan dan cepat akan membuat orang untuk lebih sering memeriksakan dirinya.
“Tes cepat deteksi HIV ini akan memudahkan seseorang untuk mengetahui dirinya terkena HIV dengan cepat. Ini kabar yang baik,” katanya.